Mengenal dan Memilih Jenis-jenis Kartu SP Smartfren

Bagi pengguna baru Smartfren mungkin anda belum begitu tahu tentang kartu Smartfren, maksudnya sebenarnya kartu Smartfren itu tidak hanya satu jenis saja. Untuk saat ini kartu Smartfren yang mudah dikenal atau yang sudah umum dijual di konter-konter adalah Kartu Kwik alias Kartu I Hate Slow. Kartu Smartfren Kwik I Hate Slow adalah kartu yang berjalan di dual band yaitu 800 Mhz dan 1900 Mhz. Kartu ini termasuk murah karena dengan hrga 5000 rupiah anda sudah bisa mendapatkan Kartu Kwik I Hate Slow. Sama halnya jika anda membeli modem baru bundling Smartfren maka kartu yang anda dapatkan juga bekerja di dual band.

Sebenarnya selain Kartu Kwik I Hate Slow masih ada beberapa jenis kartu Smartfren. Kartu Kwik I Hate Slow adalah keluaran terbaru setelah Smart bergabung dengan Fren. Sedangkan kartu terdahulunya seperti Lokal Plus, Mobi, Hepi, dan lain-lain itu juga masih satu rumah dengan Smartfren dan bisa anda gunakan di modem Smartfren anda.

Lantas adakah kelebihan dan kekurangan dari beberapa kartu Smartfren tersebut? Sebelumnya akan saya jelaskan sedikit tentang beberapa kartu Smartfren yang beredar saat ini. Beberapa kartu Smartfren ada yang bekerja di single band dan juga dual band, berikut adalah penjelasannya.

  • Kartu Smartfren yang bekerja di frekuensi single band 800 Mhz =>> Fren (Extra, Joss, Duo, Sobat), Mobi, Hepi, Lokalplus
  • Kartu Smartfren yang bekerja di frekuensi single band 1900mhz =>> Smart Extra
  • Kartu Smartfren yang bekerja di dual frekuensi (800 Mhz/1900 Mhz) =>> Smartfren Kwik I Hate Slow, Social

Nah, dengan adanya berbagai jenis kartu Smartfren yang bekerja di single band maupun dual band anda harus bisa memilah dan memilih kartu apa yang tepat untuk anda. Di bawah ini ada sedikit tips.

1. Kartu Smartfren Dual Band sebaiknya dipakai jika modem anda juga bekerja di dual band

2. Kartu Smartfren Single Band sebaiknya anda gunakan jika modem anda bekerja di single band

Nah, berhubung saat ini modem keluaran terbaru Smartfren kebanyakan bekerja di dual band sebaiknya anda menggunakan modem keluaran terbaru tersebut, modem dual band dengan kartu dual band pula. Sedangkan modem lama (jadul) kebanyakan masih berjalan di single band, ini sebenarnya kurang maksimal dipakai untuk Smartfren saat ini. Sebab ada kalanya frekuensi 800 Mhz lebih baik daripada frekuensi 1900 Mhz begitu pula sebalikanya.

Tips di atas dilakukan untuk mengurangi dampak dari load balance yang saat ini sedang dilakukan oleh pihak Smartfren. Apa itu load balance? Intinya adalah pemerataan kualitas koneksi internet.

Dengan adanya berbagai pilihan kartu Smartfren di atas sekaligus juga bisa menjawab pertanyaan, bagaimana cara agar modem bisa bekerja di frekuensi 800 Mhz saja atau 1900 Mhz saja? Caranya adalah dengan menggunakan salah satu kartu Smartfren single band di atas. Maka modem anda akan force ke frekuensi 800 Mhz atau 1900 Mhz saja. Walau sebenarnya juga ada cara tersendiri untuk force PRL selain mengganti kartu, nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya. Oh ya untuk pengguna Modem Pantech PX-500sudah saya posting cara force frekuensi jaringan, lihat lagi DI SINI.

Akan tetapi menurut pengalaman pengguna, beberapa kartu Smartfren di atas ada yang tidak cocok dengan beberapa modem. Bila kartu tidak cocok dengan modem mengakibatkan sinyal (EVDO) tidak akan muncul (dormant). Misalnya saja.

  • Modem CE210, CE100, dan EC1260 (yang belum diupdate firmwarenya) tidak cocok dengan Kartu Kwik I Hate Slow
  • Modem AC2726 hanya cocok dengan Kartu Kwik I Hate Slow yang prefixnya 0881…/0882… atau bisa dicoba dengan Kartu Smart Extra
  • Modem AC682 tidak cocok dengan Kartu Lokalplus chip orang

Info di atas adalah laporan dari beberapa pengguna yang telah mencoba kartu tersebut.

Kemudian ada juga Kartu 32K dan 64K, apa bedanya? Lebih bagus mana? Kalau yang ini memang agak remang-remang. Kartu 32K dengan 64K yang mebedakan di sini adalah kapasitas penyimpanan memori saja. 32K berarti kartu tersebut memilik kapasitas penyimpanan memori sebesar 32 KB, begitu pula yang 64K berarti memiliki kapasitas memori 64 KB. Memori di sini untuk apa? Ya, untuk menyimpan kontak ataupun pesan teks.

Banyak yang bilang kartu 64K lebih kenceng daripada 32K. Ini ada benarnya juga, sebab dari 3 kali saya replace kartu ke 64K kecepatan internet terlihat tambah kenceng, bahkan kadang bisa jebol. Kenceng di sini bukan hanya di awal tetapi berlanjut ke hari-hari berikutnya sampai masa paket internet habis. Ini pengalaman saya sendiri loh. Sekali lagi semua tergantung beberapa faktor termasuk kondisi jaringan pada saat itu dan juga keberuntungan anda.

Tapi jika saya pahami sendiri, kartu 32K adalah termasuk kartu murahan yang banyak dijual di konter-konter. Cukup sedia uang 5000 saja sudah dapat nih kartu. Sedangkan kartu 64K untuk mendapatkannya anda harus datang ke Galeri Smartfren untuk replace kartu sebab kartu 64K ini tidak dijual di umum. Sedangkan biaya replace saja bisa mencapai 15000. Jadi antara kartu 32K dengan 64K berarti lebih mahal kartu 64K, wajar jika saja lebih kenceng. Sedangkan menurut informasi pengguna, kartu 32K itu lebih cepet panas daripada 64K.

Yang terakhir ada trik dari saya bagaimana memilih kartu Smartfren yang tepat agar kecepatan internet anda bisa kenceng. Saran saya anda cari atau beli kartu Smartfren lepasan modem, entah itu modem EC1261-2 atau EC1260-2. Kartu lepasan kan pasti dapat gratis internet minimal 1 bulan gratis bahkan ada yang 2 bulan gratis internet. Daripada anda beli paket internet kan.

Memang saat ini agak susah mencari kartu lepasan modem Smartfren tapi anda bisa cari di forum-forum besar seperti FJB Kaskus. Setelah anda membeli jangan lupa suruh aktifkan kartu tersebut sebelum sampai ke tangan anda. Nah setelah kartu sampai ke tangan anda pastinya tidak bisa dipakai di modem anda, kebanyakan sekarang kartu bundling modem Smartfren dilock dengan modemnya. Bawa kartu ke Galeri Smartfren untuk direplace, minta yang kartu 64K.

Itu sedikit tips dari saya karena selama 3 kali menggunakan kartu lepasan modem Smartfren, kecepatan internet yang saya rasakan lebih kenceng jika dibandingkan anda membeli paket internet Smartfren sekelas paket Volume based yang notabene speed sama-sama up to 3,1 Mbps tapi masih lebih kenceng kartu lepasan modem.

Selamat berburu Kartu lepasan modem Smartfren!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
31 Comments
  1. m.zainuddin
    December 11, 2013 | Reply
  2. kuntiL
    January 31, 2014 | Reply
  3. dimas
    June 27, 2014 | Reply
  4. henky
    August 31, 2014 | Reply

Add a comment. Please do not leave link on comment form!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *