Review Modem Smartfren Huawei EC306-2 EVDO Rev.B

Akhirnya kesampaian juga beli modem keluaran terbaru dari Smartfren yaitu modem Smartfren EC306-2. Modem ini sudah mendukung jaringan EVDO Rev.B dengan kecepatan download up to 14,7 Mbps dan kecepatan upload 5,4 Mbps. Modem Smartfren EC306-2 adalah produk dari Huawei bukan dari Haier, sebab saya pernah juga dengar ada yang bilang modem Smartfren EC306-2 adalah produk Haier, ini salah, yang benar Huawei EC306-2. Tapi ini tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti Haier juga akan meluncurkan modem yang serupa EC306-2, layaknya modem Haier CE682, siapa tahu kan.

Seperti yang telah kita ketahui, pada Oktober 2011 lalu Smartfren secara resmi telah meluncurkan teknlogi baru EVDO Rev.B fase 2, yang menawarkan internet super cepat dengan kecepatan download up to 14,7 Mbps dan upload 5,4 Mbps. Bersamaan dengan itu pula Smartfren juga meluncurkan 2 modem yang mendukung EVDO Rev.B Fase 2 yaitu modem Smartfren EC306-2 produk Huawei dan modem Smartfren AC2791 produk ZTE. Dan sejak saat itu saya ngebet ingin merasakan kecepatan modem EVDO Rev.B ini. Akhirnya baru hari ini kesampaian juga.

Sebenarnya untuk mendapatkan modem Smartfren EC306-2 ini saya agak kesusahan, kenapa? Karena di kota saya (Semarang) modem EC306-2 belum dipasarkan bahkan di Galeri Smartfren sekali pun. Saya sebenarnya juga masih ragu apakah di kota Semarang sudah terjangkau jaringan EVDO Rev.B apa belum. Sayang kan kalau sudah beli modem Smartfren EC306-2 tapi ternyata lokasi saya belum manjangkau EVDO Rev.B. Akhirnya saya mencoba menghubungi pihak Smartfren melalui websitenya dengan mengisi formulir kontak.

Saya menduga pihak Smartfren akan menjawab melalui email, tapi dugaan saya lain. Ternyata besoknya saya ditelepon langsung oleh pihak Smartfren dan menjelaskan pertanyaan saya. ‘Mbak’ yang nelepon itu menjelaskan bahwasanya kota Semarang sudah menjangkau EVDO Rev.B akan tetapi masih fase 1, yang berarti mendukung kecepatan download up to 9,3 Mbps saja. Mengenai modem yang mendukung EVDO Rev.B memang belum dipasarkan secara umum, hanya sebatas kota Jabodetabek saja. Tentang kapan EVDO Rev.B Fase 2 akan diluncurkan dan modem akan dipasarkan di kota-kota lain dia mengatakan belum ada kepastian.

Mendengar langsung dari pihak Smartfren bahwa di kota Semarang sudah menjangkau EVDO Rev.B, ya walaupun masih fase 1 tapi niat saya untuk mendapatkan modem Smartfren EC306-2 semakin besar. Maka hari itu juga (tepatnya hari Sabtu lalu) saya langsung meluncur ke kota Jogja karena saya tahu kota terdekat yang menyediakan modem Smartfren EC306-2 hanya kota Jogja. Dengan penuh pengorbanan (karena kehujanan di tengah jalan, lupa bawa jas hujan karena terlalu semangat), akhirnya dapat juga nih modem Smartfren EC306-2.

Box EC306-2

Oke, setelah sedikit curhat kini saatnya saya akan mereview atau memberi gambaran tentang modem Smartfren EC306-2. Mungkin review yang saya lakukan ini terlambat banget karena modem ini sudah keluar lebih dari sebulan yang lalu, tapi tidak masalah kan sekedar berbagi pengetahuan. Oke, Modem Smartfren Huawei EC306-2 memiliki fitur dan spesifikasi sebagai berikut.

– Dimensi: 89×28×13,5 mm
– Berat: 35 gram
– Warna: hitam tapi lebih dominan putihnya
– Chipset: Qualcomm MDM6600
– Jaringan: CDMA2000 1x, EVDO Rev.A/B 800/1900 MHz
– Unlock modem (bisa untuk semua kartu CDMA)
– Ada slot antena eksternal
– Ada internal signal booster
– Mendukung SMS dan panggilan telepon melalui GUI
– Support Micro SD up to 32 GB
– Support OS: Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Mac OS X 10.5 ke atas
– Bonus internet gratis 1 bulan up to 14,7 Mbps

Sekarang saya akan mejelaskan satu per satu tentang modem Smartfren EC306-2. Dimulai dari bungkus modem. Karena sama-sama produk Huawai jadi box modem Smartfren EC306-2 sama dengan modem Smartfren EC1261-2. Di dalamnya berisi modem Smartfren EC306-2, buku manual, kartu garansi, buku petunjuk registrasi kartu, buku syarat dan ketentuan. Dan satu lagi nih yang kadang ada yang tidak tahu. Di dalam box modem tertempel kode aktivasi (activation code) yang akan digunakan saat anda registrasi kartu secara online.

Isi Box Modem EC306-2

Kemudian secara fisik, modem Smartfren EC306-2 agak lebih besar daripada modem Smartfren EC1261-2. Jika di gambar atau di iklan terlihat warna modem adalah hitam tapi sebenarnya cenderung lebih dominan warna putih. Warna hitam sebenarnya adalah penutup/cover kartu sim dan micro SD.

Perbandingan Modem Smartfren EC306-2 dengan EC1261-2

Modem Smartfren EC306-2 Tampak Depan dan Belakang

Jika penutup modem dibuka maka di dalamnya akan terlihat slot untuk sim card, slot Micro SD dan juga modem Smartfren EC306-2 ini memiliki Internal Signal Booster, jadi memunginkan penangkapan sinyal yang lebih kuat.

Slot Kartu SIM, Micro SD, Internal Signal Booster EC306-2

Berbeda dengan modem Smartfren EC1261-2, pada modem Smartfren EC306-2 ini terdapat slot antena eksternal yang terdapat di luar modem. Jadi jika anda berniat menggunakan antena eksternal anda tidak perlu membongkar modem. Untuk pigtail yang cocok sebenarnya ada pigtail tersendiri untuk modem Smartfren EC306-2 ini, akan tetapi saya mencoba menggunakan pigtail untuk modem Smartfren EC1261-2 ternyata cocok juga.

Slot Antena Eksternal EC306-2

Tapi jangan senang dulu, slot antena eksternal modem ini sepertinya gampang rusak, slotnya sangat lemah. Saya pertama kali mencoba pigtail modem ini, memang untuk memasukkannya agak susah, dan setelah pigtail dicabut ternyata slot antena agak sedikit bengkok, memang tidak terlihat jelas tapi saya yakin jika anda sering pasang lepas pigtail dijamin slot antena akan cepat rusak. Jadi saya menyarankan anda untuk menggunakan pigtail induksi saja. Kalaupun pakai pigtail colok sebaiknya jangan sering pasang lepas pigtail.

Modem Smartfren EC306-2 sudah unlock, artinya sudah bisa ganti kartu lain selain provider Smartfren. Tapi walaupun bisa ganti kartu, provider mana yang sudah mendukung EVDO Rev.B selain Smartfren? Untuk saat ini memang belum ada, mudah-mudahan provider lain akan segera menyusul Smartfren yang sudah memiliki teknologi EVDO Rev.B. Jadi jika suatu saat Smartfren mulai bertingkah dan koneksi EVDO Rev.B tidak stabil lagi kan bisa pindah provider.

Untuk tampilan UI modem Smartfren EC306-2 tidak beda jauh dengan tampilan UI modem Smartfren EC1261-2.

UI Modem Smartfren EC306-2

Setelah berjam-jam dipakai untuk internetan modem Smartfren EC306-2 ini tidak terlalu panas, ya hangat-hangat sedikit lah untuk sinyal 4 bar 5 bar EVDO Rev.B. Belum tahu juga sih kalau sinyal di bawah 4 bar, kemungkinan lebih panas pastinya.

Terus apalagi ya? Kayaknya cukup sampai segini dulu deh reviewnya, capek juga nilis banyak-banyak. Lalu bagaimana dengan kecepatan modem Smartfren EC306-2 ini? Akan saya bahas di artikel selanjutnya saja ya…

Tags: EVDO Rev.B Semarang Fitur dan Spesifikasi Modem Smartfren EC306-2 Jaringan EVDO Rev.B di Kota Semarang Kelebihan dan Kekurangan Modem Smartfren EC306-2 Modem Huawei EC306-2 Modem Mendukung EVDO Rev.B Fase 2 Modem Smartfren EC306-2 Modem Smartfren EVDO Rev.B

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Review Modem Smartfren Huawei EC306-2 EVDO Rev.B"

Tips Cara Mempercepat Loading Dashboard UI Smartfren EC1261-2
Bagi pengguna modem Smartfren EC1261-2 pastinya anda
Driver Modem Smartfren AC682, EC1261-2, EC1260-2, Dll
Sekedar sharing saja nih, mungkin ada di
Cara Mengubah PRL 1900 Menjadi 800 Modem Pantech PX-500
Setelah kemarin saya membahas masalah frekuensi jaringan
Review Hasil Speedtest (Kecepatan) Modem Smartfren Pantech PX-500
Dengan sangat terpaksa akhirnya saya harus share
  1. author

    husen5 years agoReply

    mas kenapa saya pakai kartu flexi evdo yang bisa kok cuma yang 1x saja, sedangkan yang evdo g bisa( saya pakai modem smartfren e306 rev.b tempatnya surabaya)

    • author

      Thekrim5 years agoReply

      Bisa tanya ke CS Flexi gan sapa tau di situ blm ada EVDO Flexi

      • author

        husen5 years agoReply

        aku telfon ke flexi percuma g ada tanggapan yang serius, saya sudah 2x telpon jawabannya itu2 aja. di sini sinyalnya dah penuh rev.a full bar. mohon bantuannya

    • author

      husen5 years agoReply

      mohon mas kenapa saya pakai kartu flexi evdo yang bisa kok cuma yang 1x saja, sedangkan yang evdo g bisa( saya pakai modem smartfren e306 rev.b tempatnya surabaya)

  2. author

    boh ye4 years agoReply

    SMART KAYAK ANJING, BABI, KUNTILANAK, SETAN ALAS, HARAM JADDAH…
    SMART, BANYAK NIPUNYA….

  3. author

    polar4 years agoReply

    gan ane mau nanya,ane mau setting PIN di modem ane .eh ini sekarang malah ane kena suru masukin PUK ,PUK standar dari modem smartfren CE682 brapa ya gan ? tolong di balas

  4. author

    Sandy4 years agoReply

    gan Rev.B lemot gk … gw liat smartfren akhir” ini lemot banget
    gw tinggal di pusat jogja, ampir setengah taun make smartfren karena terpaksa saking lemotnya utk download. oh ya antenanya tuh beli dimana ya gan ?

    • author

      Blog Teknik IT4 years agoReply

      y emg kadang ganggauan gan
      kalo saya pake modem Rev B tp daftar paket reguler
      y sama ja speed nya cm kecil sesuai paket

  5. Pilihan Harga Modem GSM Murah Bisa 3G/ HSDPA3 years agoReply

    […] sendiri saat ini masih menggunakan modem Smartfren EC361-2 yang tahun lalu sempat saya dapatkan dengan susah payah sewaktu Smartfren masih booming-booming nya […]

  6. Dapat Juga Modem GSM Murah Huawei E303CS6-13 years agoReply

    […] Untuk saat ini memang saya masih mempercayakan modem buatan Huawei seperti modem saya sebelumnya Smartfren EC306-2. Karena dari info yang saya dengar merk Huawei ini katanya lebih tangguh, menggunakan chipset […]

  7. author

    Deal on3 years agoReply

    Gan tolong bikin tutorial untuk penggunaan modem ini di Ubuntu ya … ?? 😐

  8. author

    Balward3 years agoReply

    gan mau tanya, antara modem smartfren cdma 1x, evdo rev A atau B kalo buat browsing biasa bedanya apa ya gan? terima kasih

    • author

      Blog Teknik IT3 years agoReply

      paling lemot cdma 1x speednya cuma 153Kbps, klo revA 3,1Mbps klo revB 14,7Mbps

1 2 3

Komentar di "Review Modem Smartfren Huawei EC306-2 EVDO Rev.B" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan