Bingung Pilih Realme 6 Pro Atau Redmi Note 9 Pro Max? Bagus Mana?

Dua brand smartphone yang saat ini sedang naik daun dan sedang saling berebut pasar smartphone, Realme dan Redmi (Xiaomi), sepertinya tak pernah berhenti untuk selalu bersaing. Terbukti jika satu brand merilis produk baru, brand satunya gak mau kalah ikut merilis produk baru sebagai “killer” sang rival. Tak ayal jika dalam beberapa bulan terakhir mereka sudah merilis beberapa smartphone baru. Bahkan dalam sebulan saja bisa merilis 2 smartphone atau lebih seri smartphone yang berbeda. Tapi agak sedikit berbeda antara Redmi dengan Realme. Sepertinya untuk saat ini Realme lebih gentor mengeluarkan seri terbaru dari smartphone mereka dibandingkan dengan sang lawan Redmi. Ini dikarenakan smartphone Redmi sudah dikenal lebih dulu dibandingkan Realme. Maka dari itu, untuk menarik minat para pengguna smartphone dan merebut pasar, Realme tanpa henti mengeluarkan berbagai macam seri smartphone, dimaksudkan agar banyak yang tertarik.

Dan di awal tahun 2020 ini, antara dua vendor smartphone tersebut sudah mengeluarkan produk baru di seri mid end. Di sisi Realme, mereka meluncurkan Realme 6 dan Realme 6 Pro, sedangkan si Redmi mengeluarkan Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max. Peluncuran produk mereka pertama kali sama sama dilakukan di India. Untuk Realme 6 dan Realme 6 Pro sebenarnya yang lebih dulu rilis di India pada 5 Maret 2020, sedangkan Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max menyusul di tanggal 12 Maret 2020.

Melihat dari spesifikaasi dan fitur, Realme 6 bisa jadi lawan untuk Redmi Note 8 Pro yang sudah rilis jauh sebelumnya. Sedangkan Realme 6 Pro memiliki fitur di atas Realme 6, jadi bisa kita adu dengan Redmi Note 9 Pro Max. Sedangkan antara Redmi Note 9 Pro dengan Redmi Note 9 Pro Max hampir semua aspek memiliki kesamaan, yang berbeda cuma dari sisi kekuatan kamera. Redmi Note 9 Pro Max menggunakan kamera 64MP sedangkan Redmi Note 9 Pro menggunakan kamera 48MP. Dan untuk Realme 6 dan Realme 6 Pro sendiri sama sama menggunakan kamera 64MP, tapi untuk chipset berbeda. Dan kalau bisa saya simpulkan, Realme 6 merupakan lawan yang cocok buat Redmi Note 8 Pro, sedangkan Realme 6 Pro merupakan lawan yang cocok untuk Redmi Note 9 Pro Max.

Realme 6 Pro vs Redmi Note 9 Pro Max

Dan karena di sini saya akan membahas produk terbaru dari kedua brand tersebut maka saya akan bahas Realme 6 Pro dengan Redmi Note 9 Pro Max. Antara kedua smartphone seri terbaru tersebut memang banyak kesamaan, tapi tentunya ada perbedaan antara Realme 6 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max. Dan dibalik perbedaan itu pasti ada kekurangan dan kelebihan dari masing masing smartphone tersebut. Spesifikasi secara singkat dari Realme 6 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max bisa kalian lihat pada gambar di atas.

Mungkin dari segi harga memang Redmi Note 9 Pro Max bisa lebih murah daripada Realme 6 Pro, pasalnya Redmi Note 9 Pro Max rilis belakangan, dan ada kemungkinan untuk menarik pengguna, harga Redmi Note 9 Pro Max dibuat lebih murah daripada harga Realme 9 Pro Max, strategi lah.

Spesifikasi Realme 6 Pro

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro Max

Oke kita akan bahas fitur utama yang ada di Realme 6 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max. Fitur fitur utama yang mungkin kalian perlukan sebagai bahan review mau membeli Realme 6 Pro atau Redmi Note 9 Pro Max.

1. Desain Kamera

Dari segi desain kamera, Realme 6 Pro masih menggunakan desain model lama, yang mungkin bagi para pengguna sudah ada yang merasa bosan dengan desain tersebut. Sedangkan Redmi Note 9 Pro Max sudah mengadopsi desain kamera baru, sehingga gak membosankan. Untuk kamera selfie kedua smartphone tersebut sudah menggunakan desain in display kamera. Yang membedakan, di Realme 6 Pro lokasi dual kamera selfie berada di pinggir atas layar, sedangkan single kamera selfie Redmi Note 9 Pro Max berada di tengah atas layar.

2. Kualitas Kamera

Antara kamera Realme 6 Pro denganRedmi Note 9 Pro sama sama berkekuatan 64MP, sama sama mengunakan sensor Samsung GW1, sama sama menggunakan setup Quad camera. Cuma perbedaaaannya ada di setup kamera selfie. Di Realme 6 Pro menggunakaan setup dual camera beresolusi 16MP (wide) + 8MP (ultra wide). Sedangkan kamera selfie Redmi Note 9 Pro cuma satu tapi beresolusi 32MP.

Realme 6 Pro memiliki kamera telephoto yang bisa zoom hingga 20x (Optical zoom + digital zoom), sedangkan Redmi Note 9 Pro Max belum ada lensa telephoto. Dan dari sisi kamera selfie, walaupun Realme 6 Pro hanya 16MP tapi sudah dual kamera yang mendukung lensa ultra wide.

3. Desain Fingerprint

Baik Realme 6 Pro maupun Redmi Note 9 Pro Max sudah mengadopsi desain side mounted fingerprint sensor. Sama sama diletakkan di tombol power sisi kanan smartphone. Dengan desain side mounted fingerprint ini maka pengguna akan dipermudah dalam penggunaan fingerprint karena lokasi fingerprint tepat berada di jempol pengguna.

4. Layar

Antara Redmi Note 9 Pro Max dengan Realme 6 Pro memiliki ukuran layar yang kurang lebih saja, 6,6 inch dengan 6,67 inch. Sama sama masih menggunakan IPS LCD, beresolusi FHD+ dan rasio layar 20:9. Antara layar Redmi Note 9 Pro Max dengan Realme 6 Pro sama sama sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, cuma di Redmi Note 9 Pro Max ini di bagian kamera belakang juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, sedangkan Realme 6 Pro belum. Dan untuk body belakang Realme 6 Pro sepertinya masih kaca biasa, bukan Corning Gorilla Glass, karena tidak disebutkan secara detail kaca yang dipakai, atau mungkin bisa jadi Corning Gorilla Glass 3. Untuk body belakang Redmi Note 9 Pro Max sudah dikonfirmasi menggunakan Corning Gorilla Glass 5.

Masih di layar, Realme 6 Pro sudah mendukung refresh rate sampai 90 Hz, sedangkan Redmi Note 9 Pro Max masih sebatas 60Hz. Dalam hal ke-smootth-an jelas Realme 6 Pro jauh lebih smooth dibandingkan dengan Redmi Note 9 Pro Max. Terutama pada saat main game yang butuh FPS tinggi, Realme 6 Pro jelas lebih baik daripada Redmi Note 9 Pro Max. Refresh rate di layar Realme 6 Pro juga bisa kita atur sendiri, bisa diatur ke 60 Hz, 90 Hz, atau bisa juga diatur ke auto.

5. Baterai

Jika di Realme 6 Pro dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 4300 mAh, Redmi Note 9 Pro Max lebih besar lagi, dibekali dengan kapasitas baterai 5020 mAh. Kapasitas baterai yang besar di Redmi Note 9 Pro Max ini mungkin yang banyak dicari oleh para gamer. Reaalme 6 Pro juga menyertakan charger yang sudah suport VOOC charge sebesar 30 watt, sedangkan Redmi Note 9 Pro Max juga gak mau kalah dengan menyiapkan charger 33 watt dalam penjualan Redmi Note 9 Pro Max. Kedua smartphone ini juga sudah sama sama menggunakan port USB type C.

6. Fitur Lain (Koneksi)

Fitur IR blaster yang menjadi andalan dari smartphone Xiaomi kini masih disertakan pula di Redmi Note 9 Pro Max. Mungkin banyak yang menggunakan smartphone Xiaomi hanya karena ada fitur IR blaster nya. Sedangkan di Realme 6 Pro jelas gak ada. Kemudian untuk sensor lain seperti gyro juga masih disematkan di kedua smartphone tersebut. Jaman sekarang smartphone gaming gak ada gyro kan lucu. Walaupun Realme 6 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max bukan spesifik untuk smartphone gaming, tapi dengan hardware yang dimiliki sudah sangat mumpuni dan lancar untuk bisa menjalankan game HD saat ini.

Di fitur koneksi bluetooth, ternyata Realme 6 Pro lebih unggul dibandingkan Redmi Note 9 Pro Max, karena Realme 6 Pro sudah menggunakan bluetooth 5.1 sedangkan Redmi Note 9 Pro Max masih versi 5.0. Versi 5.1 diklaim memiliki kemampuan pair dengan device lain yang lebih cepat, lebih cepat dalam transmisi data, dan juga lebih luas jangkauan.

7. Harga

Nah, seperti yang sudah saya kutip di awal, harga Redmi Note 9 Pro Max ini bisa lebih murah dibandingkan dengan Realme 6 Pro. Pasalnya memang Realme 6 Pro rilis duluan di India. Dan karena antara realme dan Redmi ini saling bersaing untuk berebut pasar bisa jadi si Redmi memasang harga lebih murah untuk merebut hati pengguna. Untuk varian RAM 4GB ROM 64GB Realme 6 Pro dibendrol dengan harga RS 16999 (India Rupee) sedangkan Redmi Note 9 Pro dibendrol RS 14999. Di varian RAM 6GB ROM 128GB Realme 6 Pro dibendrol dengan harga RS 17999, sedangkan Redmi Note 9 Pro Max dibendrol RS 16999. Dan untuk varian RAM 8GB ROM 128GB kedua smartphone dibendrol dengan harga yang sama RS 18999. Jika dirupiahkan dengan konversi mata uang saat ini Maret 2020, maka harga Realme 6 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max adalah sebagai berikut.

  • RS 14999 kurang lebih 2,9 jutaan
  • RS 16999 kurang lebih 3,3 jutaan
  • RS 17999 kurang lebih 3,5 jutaan
  • Rs 18999 kurang lebih 3,7 jutaan

Jadi bisa dipastikan Realme 6 Pro akan dijual mulai harga 3,3 jutaan, sedangkan Redmi Note 9 Pro Max akan dijual mulai harga 2,9 jutaan. Tapi sekali lagi, per artikel ini diterbitkan, 15 Maret 2020, baik Realme 6 Pro maupun Redmi Note 9 Pro Max belum ada informasi resmi untuk harga di Indonesia. Harga di atas adalah harga di India yang jika kita konversikan ke Rupiah adalah seperti di atas. Untuk Realme 6 Pro sendiri bakal diluncurkan resmi di Indonesia pada 24 Maret 2020, dan saat itu pula akan diketahui untuk harga resminya di Indonesia. Penjualan Realme 6 Pro sendiri akan dijual lewat website Realme, Lazada, Blibli, Shopee, dan Akulaku, serta pastinya akan dijual secara offline di konter resmiĀ  Realme. Untuk info tentang rilis resmi Redmi Note 9 Pro atau Redmi Note 9 Pro Max di Indonesia belum ada yang tahu.

Jadi bagaimana? Sudah ada pilihan mau beli Realme 6 Pro atau Redmi Note 9 Pro Max? Atau masih bingung memilih antara kedua smartphone tersebut? Tapi bisa saya simpulkan sendiri, bahwa Realme 6 Pro menang di sektor kamera dan layar yang sudah 90Hz. Sedangkan Redmi Note 9 Pro unggul di sisi baterai dan harga. Dan secara umum, buat yang lebih prefer ke baterai mungkin bisa milih Redmi Note 9 Pro, apalagi Realme 6 Pro juga menggunakan layar 90Hz pastinya lebih boros baterai. Sedangkan untuk yang suka kamera, saya sarankan pilih Realme 6 Pro. Untuk performa gaming, saya rasa kedua smartphone tersebut sama bagusnya.

Artikel bermanfaat lainnya...

Leave a Reply