Resmi Diperkenalkan Ini Dia Spesifikasi dan Harga Redmi Note 9 Pro & Redmi Note 9 Pro Max

Jadi per hari ini Kamis 12 Maret 2020, Xiaomi secara resmi memperkenalkan 2 smartphone terbaru mereka yaitu Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max. Perilisan 2 smartphone terbaru mereka ini dilakukan di India, yang juga disiarkan secara live stream lewat Youtube. Memang agak janggal pada perilisan kali ini, pasalnya Xiaomi tidak merilis seri Redmi Note 9 biasa (tanpa embel embel Pro) melainkan merilis seri Pro dan seri Pro Max di produk Redmi Note 9 ini. Di seri seri sebelumnya Xiaomi memperkenalkan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, mundur ke seri sebelumnya ada Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro. Sedangkan di seri 9 ini ada Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max. Apakah untuk Redmi Note 9 (biasa) akan dirilis menyusul? Entahlah.

Redmi Note 9 Pro Spesifikasi dan Harga

Kalau dilihat dari penamaannya, bisa dipastikan jika Redmi Note 9 Pro Max menjadi versi yang lebih tinggi daripada Redmi Note 9 Pro. Tapi kalau dilihat dari spesifikasi secara keseluruhan, perbedaan antara Redmi Note 9 Pro dengan Redmi Note 9 Pro Max cuma terletak pada kamera yang dipakai. Untuk spesifikasi yang lain termasuk chipset yang dipakai adalah sama.

Jika kembali pada seri Redmi Note 8 Pro, upgrade di seri Redmi Note 9 Pro ini lumayan signifikan, terutama dari segi desain, Redmi Note 9 Pro sudah banyak perubahan dari Redmi Note 8 Pro. Cuma di seri Redmi Note 9 Pro kali ini Xiaomi balik lagi menggunakan chipset besutan Qualcomm Snapdragon, sedangkan di seri Redmi Note 8 Pro Xiaomi menggunakan chipset besutan Mediatek. Tapi dari segi hitung hitungan performa, antara Redmi Note 8 Pro dengan Redmi Note 9 Pro ini hampir sama. Malah jika dilihat dari skor Antutu Benchmark, performa Redmi Note 8 Pro sedikit lebih unggul. Kita bahas saja satu per satu spesifikasi dari Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max.

Tapi sebelum membahas satu per satu spesifikasi dari Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro Max ini, sekali lagi antara Redmi Note 9 Pro dengan Redmi Note 9 Pro Max ini hampir semua sama, yang berbeda cuma di spesifikasi kamera.

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max

1. Body dan Desain

Xiaomi menyebut seri Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max ini dengan sebutan Aura Balance Design. Ada banyak perubahan desain di seri Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max, yang pastinya berbeda dengan Redmi Note 8 Pro. Di seri Note 9 ini Xiaomi sudah tidak menggunakan desain poni / water drop lagi untuk kamera depannya, melainkan menggunakan desain in display camera, jadi kamera depan berada di dalam LCD di tengah atas, seperti model tompel gitu. Kemudian desain kamera belakang ada 4 kamera yang tersusun secara persegi, berada di bagian tengah dengan lampu LED flash di bawah kamera. Dari segi perlindungan layar, Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 dibagian layar, backdoor, dan kamera.

Perlindungan Triple Corning Gorilla Glass 5 Redmi Note 9 Pro

Desain yang menarik dan terkesan mewah di Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max adalah di segi sensor sidik jari (fingerprint). Xiaomi meletakkan sensor fingerprint di samping smartphone pada tombol power (side mounted fingerprint sensor). Jadi pengguna akan dimudahkan dengan letak fingerprint ini karena tinggal menempelkan jari di tombol power saja. Xiaomi juga mengklaim desain side fingerprint sensor ini bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan desain rear fingerprint maupun in display fingerprint.

Desain Side Mounted Fingerprint Redmi Note 9 Pro

2. Kamera

Untuk setup kamera di Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max menggunakan setup 4 kamera belakang (quad camera) dan satu kamera depan. Redmi Note 9 Pro menggunakan Sensor Samsung GM2 berkekuatan 48MP untuk kamera utamanya, 8MP untuk kamera ultra wide, 5MP untuk kamera macro, dan 2MP untuk depth kamera. Sedangkan untuk kamera depannya Redmi Note 9 Pro menggunakan setup 16MP.

Setup Kamera Utama Redmi Note 9 Pro Max

Untuk Redmi Note 9 Pro Max menggunakan setup kamera 64MP dengan sensor Samsung GW1, 8MP untuk kamera ultra wide, 5MP untuk kamera macro, dan 2MP untuk depth kamera. Sedangkan untuk kamera depan Redmi Note 9 Pro Max berkekuatan 32MP. Untuk kemera depan di Redmi Note 9 Pro Max ini ada upgrade sedikit dibandingkan Redmi Note 8 Pro, karena di Redmi Note 8 Pro hanya 20MP saja.

Setup Kamera Depan Redmi Note 9 Pro Max

Jadi perbedaan kamera antara Redmi Note 9 Pro dengan Redmi Note 9 Pro Max cuma di resolusi kamera saja. Redmi Note 9 Pro menggunakan setup 48MP kamera utama dan 16MP kamera selfie, sedangkan Redmi Note 9 Pro Max menggunakan 64MP kamera utama dan 32MP kamera selfie.

3. Prosesor

Dari segi prosesor, baik Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm) up to 2,3 GHz dengan GPU Adreno 618. Jika diukur benchmark menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, Snapdragon 720G memiliki skor 280ribuan. Hal ini mungkin setara dengan chipset Mediatek Helio G90T yang dipakai di Redmi Note 8 Pro.

Chipset Qualcomm Snapdragon 720G Redmi Note 9 Pro

Tapi seperti yang sudah kalian ketahui, chipset Qualcomm Snapdragon jauh lebih populer dan dipercaya daripada Mediatek oleh banyak pengguna smartphone Android. Ya walaupun untuk saat ini seri Mediatek sendiri sudah banyak perkembangannya daripada seri Mediatek yang terdahulu. Jika dulu chipset Mediatek terkenal dengan panas nya, tapi sekarang sudah tidak ada lagi panas, walau mungkin jika dibandingkan dengan chipset Snapdragon, Mediatek ini lebih panas. Buktinya? Di seri Redmi Note 8 Pro dilengkapi dengan cooling untuk prosesornya, sedangkan di Redmi Note 9 Pro ini tanpa pendingin prosesor. Mungkin memang Xiaomi sendiri sudah mengetahui bahwa Mediatek yang dipakai Redmi Note 8 Pro akan lebih panas jika tanpa pendingin.

4. Baterai

Terakhir dari spesifikasi baterai, baik Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max sudah dibekali baterai dengan kapasitas 5020 mAh, jauh lebih besar daripada seri pendahulunya yang hanya dibekali baterai 4000 mAh. Ini mungkin yang banyak dicari oleh pengguna smartphone saat ini yang menginginkan kapasitas baterai besar, terutama bagi para gamer yang lebih banyak menghabiskan baterai dalam penggunaan sehari hari. Selain baterai yang besar, Redmi Note 9 Pro Max juga sudah mendukung fast charging 33 watt, dan charger 33 watt ini pun sudah termasuk dalam paket penjualan. Charger 33 watt untuk Redmi Note 9 Pro Max dan untuk Redmi Note 9 Pro disediakan charger 18 watt dalam paket penjualan. Jadi kalian tidak perlu harus menunggu lama saat pengisian baterai. Untuk port charging nya pun sudah pakai port USB type C.

Kapasitas Baterai Redmi Note 9 Pro

Daya Tahan Baterai Redmi Note 9 Pro 5000 mAh

Dengan kapasitas baterai sebesar 5020 mAh ini Redmi Note 9 Pro diklaim mampu menjalankan game (PUBGM) hingga hingga 11 jam.

5. Fitur Lainnya

Di fitur lainnya, Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max adalah masih disertakannya fitur IR blaster, jack audio 3.5mm, dan sensor gyro. Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max hadir dengan triple slot, 2 untuk sim card dan satu untuk micro SD up to 512GB. Redmi Note 9 Pro juga menggunakan Android terbaru Android 10 dan tampilan MIUI 11.

Nah, itu adalah beberapa fitur Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro yang sudah diperkenalkan di India. Sedangkan di Indonesia saat ini belum ada informasi resmi perilisan Redmi Note 9 Pro maupun Redmi Note 9 Pro Max ini. Buat kalian para Mi Fans Indonesia yang menantikan datangnya smartphone terbaru dari Xiaomi ini, diharapkan sabar untuk menunggu, sebab saya yakin tidak lama lagi juga akan dirilis di Indonesia.

Harga dan Spesifikasi Redmi Note 9 Pro Redmi Note 9 Pro Max

Harga Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max

Akhirnya tiba waktunya untuk mengetahui harga dari Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max. Yang jelas karena smartphone ini baru dirilis di India, jadi harganya masih hasil konversi dari mata uang India dengan Rupiah. Baik Redmi Note 9 Pro maupun Redmi Note 9 Pro Max dijual dalam beberapa varian RAM dan Internal Storage.

Harga Redmi Note 9 Pro

  • 4GB RAM + 64GB storage = RS 12999 atau sekitar 2,5 jutaan rupiah
  • 6GB RAM + 128GB storage = RS 15999 atau sekitar 3,1 jutaan rupiah

Harga Redmi Note 9 Pro Max

  • 6GB RAM + 64GB storage = RS 14999 atau sekitar 2,9 jutaan rupiah
  • 6GB RAM + 128GB storage = RS 16999 atau sekitar 3,3 jutaan rupiah
  • 8GB RAM + 128GB storage = RS 18999 atau sekitar 3,7 jutaan rupiah

Oke jadi harga Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max di India seperti di atas. Belum bisa dipastikan juga untuk harga di Indonesia nanti, bisa saja lebih murah atau lebih mahal daripada harga di India. Yang jelas kita tunggu saja rilis resmi Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max di Indonesia nanti.

Artikel bermanfaat lainnya...

Leave a Reply