Cara Relock Bootloader di Semua Smartphone Xiaomi/ Redmi Perhatikan Poin Pentingnya

Berbicara masalah relock bootloader pasti anda sudah tau fungsi unlock bootloader maupun relock bootloader? Kalau belum tau nanti akan saya jelaskan sedikit apa itu bootloader. Bootloader itu ibarat gerbang utama sistem operasi android. Untuk smartphone android terkini yang sudah menggunakan minimal android Marshmellow, bootloader secara default masih terkunci alias lock. Beberapa smartphone android memiliki cara tersendiri untuk bisa membuka kunci bootloader. Nah di artikel kali ini, topik akan saya batasi pada smartphone Xiaomi saja.

Perlu anda ketahui bahwa smartphone terbaru Xiaomi saat ini gak mudah untuk melakukan unlock bootloader (UBL). Sebenarnya bukan gak mudah melainkan butuh waktu yang agak lama untuk melakukan unlock bootloader. Dari pengalaman saya melakukan unlock bootloader di HP Xiaomi minimal saya harus menunggu 360 jam atau sekitar 15 hari untuk bisa sukses melakukan unlock bootloader. Ada juga yang bisa sampai 1 bulan bahkan 2 bulan untuk melakukan unlock bootloader. Beberapa pengguna Xiaomi mungkin ada yang gak sabar harus nunggu dalam rentang waktu tersebut.

Relock Bootloader All HP Xiaomi

Oh ya, sebelumnya udah pada tau kan fungsi unlock bootloader? Pada dasarnya unlock bootloader itu untuk membuka gerbang android agar bisa masuk ke dalamnya. Secara gampangnya, bagi anda yang ingin ngoprek HP android diwajibkan untuk melakukan unlock bootloader terlebih dulu. Ngoprek di sini misal mau pasang TWRP, root, install custom ROM, install custom kernel, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan. Namun dengan membuka kunci bootloader ini berarti HP anda sudah gak aman lagi, kok bisa?

Masalah aman gak aman saya jelaskan sebatas device Xiaomi saja ya. Jadi di smartphone Xiaomi itu ada fitur Mi Cloud/ Mi Account, yang fungsinya sebagai pengaman dari pencurian, mirip mirip pengaman pada iPhone/ iCloud. Jadi ketika anda sudah login di HP Xiaomi dengan akun Mi anda, anda sudah 1 step melakukan pengamanan pada HP anda dari tindak pencurian. Di Mi account ini juga ada fitur Find Device/ Pencarian Perangkat yang mana bisa digunakan untuk melacak posisi HP terkini. Fitur Find Device bisa dimanfaatkan ketika HP anda hilang/ gak tau berada di mana, maka jika posisi HP masih nyala dan terhubung ke internet maka kita bisa tau posisi HP dengan cara kita login ke Mi account lewat komputer/ perangkat lain. Tapi jika posisi HP mati ya tetap kita gak akan tau posisi HP.

Anda juga bisa mengunci HP dari jauh saat HP anda hilang entah kemana. HP yang sudah anda kunci lewat Mi account gak akan bisa digunakan kecuali memasukkan password Mi account, dan password itu harusnya hanya anda yang tau.

Nah dari sini fungsi bootloader yang berpengaruh. Jika HP anda masih lock bootloader, fungsi Mi account akan bekerja. Tapi jika HP sudah unlock bootloader maka percuma saja jika saja HP anda hilang walau anda sudah login Mi account. HP yang sudah unlock bootloader bisa langsung diinstall TWRP, dari TWRP bisa install custom ROM base android stock. Di custom ROM tersebut gak memerlukan Mi account lagi, jadi walau anda sudah mengunci Mi account tetap HP anda yang hilang masih bisa digunakan di custom ROM.

Sebaliknya jika misal HP anda hilang dan masih lock bootloader, ini akan lebih aman. Di HP yang masih lock bootloader gak akan bisa diinstall TWRP, gak bisa install custom ROM, gak bisa diunlock bootloader, cuma bisa diinstall ROM MIUI, dan di ROM MIUI wajib memasukkan Mi account. Walau misal HP di reset pabrik/ factory reset, ujung ujungnya tetap harus memasukkan Mi account, dan hanya anda yang tau. Setidaknya jika HP anda hilang dalam posisi login Mi account dan masih lock bootloader, si penemu HP gak akan bisa ngapa ngapain. Dipakai gak bisa, dibenerin gak bisa. Tapi memang pasti ada orang yang lebih pinter mengatasi masalah ini.

Itu adalah salah satu fungsi bootloader jika dikombinasikan dengan Mi account. Tapi andai HP anda masih lock bootloader tapi anda belum login Mi account di HP, ya gak fungsi keamanannya, walau HP hilang tetap gak bisa terdeteksi posisinya kalau gak login Mi account. Mungkin ada cara lain dilacak lewat akun Google, tapi biasanya gak akurat dan banyak gagal untuk mendeteksi posisi HP terkini lewat akun Google.

Jadi pada dasarnya HP Xiaomi yang masih lock bootloader akan lebih aman daripada sudah unlock bootloader.

Jadi kenapa anda harus relock bootloader, padahal untuk unlock bootloader butuh waktu lama? Mungkin ada beberapa alasan ya, salah satunya biar lebih aman, atau mungkin anda mau jual HP, atau mungkin anda sudah capek ngoprek HP makanya direlock lagi. Tapi jika anda masih ingin ngoprek HP Xiaomi lebih baik pikir lagi untuk relock, daripada anda harus nunggu lagi untuk unlock bootloader.

Oke jika anda sudah yakin ingin melakukan relock bootloader pastikan anda ikuti step by step. Relock bootloader itu bisa dilakukan lewat Mi Flash Tool menggunakan PC/ komputer. Relock bootloader bisa juga dikatakan flash ulang HP. Jadi nanti aplikasi dan game yang sudah terinstall akan terhapus, file file di internal storage juga akan terhapus, jadi pastikan jika anda ingin melakukan relock bootloader di HP Xiaomi, anda backup dulu aplikasi dan game, dan jika ada file penting di internal storage seperti foto, video, musik, dan lainnya, anda pindahkan/ salin ke micro SD atau salin ke PC terlebih dahulu.

Karena relock bootloader sama saja flashing ulang ROM, maka anda harus download bahan bahan yaitu ROM fastboot dan Mi flash tool. ROM fastboot berekstensi TGZ, bisa anda download di link berikut, silahkan di pilih sesuai HP anda.

Saya rekomendasikan menggunakan ROM fastboot terbaru di link di atas. Nah, ROM fastboot di atas ada yang ROM China ada yang ROM Global, pilih salah satu. Untuk diperhatikan, mulai device Redmi 5 ke atas, Redmi 5A, Redmi 5, Redmi 5 Plus, Redmi Note 5, Redmi 6, Redmi 7, Redmi Note 7, dan seterusnya, wajib menggunakan ROM yang sesuai. Atau lebih gampanganya untuk HP Xiaomi keluaran 2018 dan yang terbaru perhatikan ROM yang harus didownload. Khusus buat pengguna HP Xiaomi garansi resmi TAM, pakai ROM fastboot Global. Tapi untuk pengguna Xiaomi garansi distributor, ada dua pilihan ROM, jangan sampai salah pilih. Untuk yang dus HP ada tulisan China, gunakan ROM China, tapi jika dus tanpa tulisan China berarti pakai ROM Global. Jangan sampai salah pilih karena akan berakibat bootloop, mentok di Mi Recovery. Misal HP Xiaomi anda garansi distributor dus ada tulisan China, anda flash ke ROM Global, nanti selesai flashing HP akan mentok di Mi Recovery. Kalau sudah begini solusinya harus tes poin bongkar backdoor/ casing belakang. Jadi daripada harus kerja 2x mending jangan sampai salah ROM. Silahkan cek lagi dus HP anda.

Jika persiapan sudah lengkap, kini jalankan tutorial relock bootloader di semua HP Xiaomi berikut.

  1. Pastikan sudah backup aplikasi dan semua data di internal storage, kalau memang gak dibackup juga gak masalah yang jelas data akan terhapus
  2. Ekstrak fastboot ROM dan Mi Flash Tool. Fastboot ROM anda ekstrak dan taruh langsung di drive D, E, atau C, jangan ditaruh di dalam folder lagi, sedangkan Mi Flash Tool terserah mau diekstrak di mana
  3. Buka Mi Flash Tool (XiaoMiFlash) dengan cara klik 2x
  4. Di tampilan awal Mi Flash Tool, pilih select, cari dan pilih folder ROM fastboot yang sudah diekstrak
  5. Di bagian bawah Mi Flash Tool pilih Clean all & lock
  6. Oke Mi Flash Tool siap, sekarang beralih ke HP
  7. Masuk ke fastboot mode dengan cara matikan HP kemudian tekan tahan tombol power + volume bawah secara bersamaan, jika sudah masuk fastboot mode hubungkan HP ke PC menggunakan kabel USB
  8. Balik lagi ke Mi Flash Tool, klik refresh, maka device akan terdeteksi ID device, jika gak terdeteksi bisa install PDAnet download di sini http://pdanet.co/a/
  9. Lanjut setelah terdeteksi klik Flash untuk memulai proses flashing dan relock bootloader. Tunggu sampai proses selesai dan HP melakukan restart sendiri dan Mi Flash Tool menunjukkan proses sukses. Anda bisa menutup Mi Flash Tool dan fokus ke HP setelah HP restart
  10. HP akan masuk ke MIUI dan lakukan setting ulang
  11. Kini HP anda sudah lock bootloader lagi, bisa dicek di developer options atau bisa juga ngecek bootloader lewat mode fastboot

Jika masih kurang jelas caranya bisa lihat video berikut ini.

Oke, mungkin sekian dulu tutorial cara relock bootloader pada semua HP Xiaomi. Sekali lagi perhatikan lagi device Xiaomi anda apakah versi China atau Global dengan melihat dus. Kesalahan dalam pemilihan ROM akan bisa berakibat cukup fatal.


Artikel bermanfaat lainnya...

Leave a Reply