Rakit PC Gaming Kere Hore Budget 5 Juta Pakai AMD Ryzen Bisa?

Kali ini saya akan memposting lagi tentang rakit PC, rakit PC gaming kere hore/ PC gaming murah buat yang punya budget tipis pis namun ingin PC jaman now dengan performa yang OKE. Di sini saya batasi saja untuk rakit PC di budget 5 jutaan, bisa kurang bisa lebih, tapi walaupun lebih ya paling tidak sampai 500 ribuan lah. Rakit PC yang akan saya bagikan kali ini masih tetap pakai si kubu merah yaitu AMD. Kenapa harus AMD, ya karena kalau pengen yang murah ya pilihannya AMD.

Rakit PC Gaming Ryzen 3 2200G Ryzen APU

Jadi di sini saya akan menggunakan prosesor Ryzen untuk rakit PC gaming kali ini. Loh bisa kah budget cuma 5 juta rakit PC Ryzen? Bisa donk, karena belum lama ini AMD sudah mengeluarkan prosesor Ryzen berbasis APU, atau prosesor Ryzen yang sudah include GPU di dalamnya. Ryzen APU yang sudah keluar sampai April 2018 sementara masih Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G. Dengan hadirnya Ryzen APU ini akan sedikit menekan budget untuk part VGA card. Cocok buat pecinta PC kere hore, apalagi di saat harga VGA card saat ini sudah tidak wajar lagi, terlampau mahal. Jadi kalau anda sudah menggunakan Ryzen APU maka tidak perlu lagi menggunakan VGA diskrit. Tapi kalaupun suatu saat anda ingin menggunakan VGA card ya tetap bisa disandingkan juga dengan Ryzen APU ini.

Oke, untuk budget yang dibatasi 5 jutaan ini maka ada beberapa part PC yang harus dipilih dengan harga paling murah namun bukan murahan, tetap memperhatikan kualitas part/ komponen PC.

1. Prosesor Ryzen 3 2200G

Prosesor Ryzen 3 2200G

Karena harga Ryzen APU paling murah adalah Ryzen 3 2200G maka kita pilih saja yang itu. Ryzen 3 2200G masih bisa didapat di harga 1,4 juta. Sedangkan untuk Ryzen 5 2400G di harga 2,3 jutaan. Ryzen 3 2200G ini sudah include GPU Radeon Vega 8. CPU core berjumlah 4 core 4 thread, sedangkan GPU core berjumlah 8 core. Base CPU clock adalah 3,5 GHz namun bisa diboost ke 3,7 GHz, sedangkan clockspeed GPU sampai 1100 MHz. Baik CPU maupun GPU Ryzen 3 2200G ini bisa dioverclok. Inilah enaknya Ryzen bisa dioverclok hingga mendapatkan performa yang maksimal tapi tetap stabil.

Nah untuk kemampuan Radeon Vega pada Ryzen APU ini menurut mastah mastah setara dengan GTX 1030 di Nvidia. Dengan demikian anda akan menghemat budget sampai 1 jutaan jika menggunakan Ryzen APU ini khususnya untuk Ryzen 3 2200G.

2. Motherboard AsRock AB350M

Mobo AM4 AsRock AB350M

Di sini saya menyarankan untuk menggunakan motherboard seri AB350 atau B350, walau sebenarnya ada mobo AM4 yang lebih murah yaitu seri A320. Karena di seri AB350 ini kita bisa melakukan overclok CPU dan RAM, sedangkan untuk mobo seri A320 ini hanya bisa overclok RAM saja. Saya rasa memang pakai Ryzen itu kalau tidak dioverclok rasanya hambar. Oke, untuk sementara ini mungkin anda tidak kepikiran untuk melakukan overclock, ingin pemakaian biasa saja, tapi saya yakin seyakinnya, begitu anda mengenal overclok pasti akan ketagihan. Jadi daripada nanti harus ganti mobo lebih baik sekalian ambil yang seri AB350, harga mungkin terpaut sekitar 300 ribuan dari seri A320 kok.

Untuk merk sendiri silahkan cari yang sudah populer seperti merk Asus, AsRock, MSI, Gigabyte, Biostar. Tapi biasanya untuk harga murah ada di merk AsRock dan Biostar. Di sini saya pilihkan saja sekalian AsRock AB350m HDV, bisa didapat dengan harga 1,1 juta.

Note: untuk pembelian mobo AM4 ini tanyakan ke seller apakah sudah update ke BIOS terbaru, kalau belum minta tolong saja sekalian diupdate BIOS nya, karena Ryzen APU ini harus diupdate ke BIOS versi terbaru, jika tidak maka mobo tidak bisa membaca prosesor.

3. RAM Team Elite Plus 8GB (2×4)

RAM Team Vulcan 8GB

Untuk RAM ini juga harga masih belum stabil dan cenderung naik. Kita cari saja RAM yang cukup murah namun tetap bukan murahan ya. Rekomendasi dari saya pakai RAM dengan kapasitas minimal 8GB, kalau cuma 4GB itu terlalu mepet apalagi untuk game game jaman now, butuh kapasitas RAM yang besar. Jadi minimal harus 8GB ya, terserah mau dual channel atau single channel. Tapi untuk performa game, untuk mendapatkan FPS yang lebih tinggi disarankan menggunakan dual channel. Dual channel itu tidak harus beli RAM yang kit, tapi bisa beli RAM 4GB dua biji, itu sudah jadi dual channel, yang penting merk sama, clock dan timing RAM juga sama. Tapi kalau masih ragu ya beli saja yang kit.

Untuk RAM ini saya pilihkan yang juga murah pilihan sejuta umat adalah Team Elite Plus DDR4 PC19200. Beli yang 8GB dual channel otomatis 2×4. Untuk harga RAM ini sekitar 1,4 jutaan. Jika suatu saat anda ingin upgrade ke kapasitas RAM 16GB berarti anda jual saja RAM lama terus beli yang 16GB, namun jika sebelumnya anda pakai yang 8GB single channel akan lebih mudah untuk upgrade, tinggal beli lagi 8GB dengan merk yang sama. Selain Team Elite Plus anda juga bisa pilih Team Vulcan yang harganya juga kurang lebih saja sama. Karena untuk Ryzen jadi pilih RAM DDR4, minimal PC19200 clock speed lebih tinggi lebih bagus lagi sih.

4. PSU FSP Hexa+ II 500watt

PSU FSP Hexa+ II 500

Untuk PSU ini berdasarkan saran dari para mastah dan memang ini adalah PSU sejuta umat pilihannya ada di FSP Hexa+ II. PSU ini adalah seri kedua dari Hexa+ makanya diberi nama Hexa+ II, mungkin suatu saat ada Hexa+ III, san seterusnya. Saya rekomendasikan menggunakan yang 500watt untuk jaga jaga siapa tahu suatu saat anda ingin upgrade VGA menggunakan VGA card, jadi 500 watt saya rasa ukuran standar untuk PC jaman now.

Selain FSP Hexa+ II ini anda juga bisa memilih PSU Enermax Naxn 500watt, saya juga menggunakan Enermax Naxn ini. Saya pilih Enermax Naxn ini karena ada tombol ON OFF nya, sedangkan FSP Hexa ini tidak ada. Tergantung selera sih, ada yang butuh tombol ON OFF ada yang tidak butuh. Pernah kan ada kalanya PC sudah mati tapi keyboard dan mouse masih nyala lampunya? Nah jika tombol PSU dimatikan maka mouse keyboard atau mungkin perangkat lain yang terhubung lewat USB mobo akan mati juga tidak ada arus listrik lagi. Itulah salah satu manfaat PSU ada tombol ON OFF.

Untuk harga, baik FSP Hexa+ II 500 maupun Enermax Naxn 500 ini kurang lebih saja, di bawah 600 ribuan atau anggap saja 600 ribu.

5. Hardisk Seagate 1TB

Hardisk Seagate Barracuda 1TB

Untuk hardisk saya juga menyarankan untuk menggunakan kapasitas 1TB. Kalau 500GB sangat nanggung, harga juga terpaut sedikit tidak sampai 100 ribu, jadi lebih baik sekalian ambil yang 1TB. Sedangkan untuk merk saya sarankan antara WD atau Seagate. Tapi yang saya lihat untuk harga lebih murah Seagate daripada WD. Kalau anda beli hardisk ini ada beberapa macam, ada yang ngakunya baru tapi sebenarnya bekas, ada yang memang benar benar baru. Tanyakan juga masalah garansi, kadang ada yang garansi resmi, ada yang garansi seller.

Untuk pilihan Seagate biasanya pakai yang Seagate Barracuda, sedangkan untuk WD biasanya banyak yang menggunakan WD Blue. Harga hardisk 1TB berkisar 650 ribuan atau anggap saja 700 ribu.

6. Casing Armageddon Nanotron T1X

Casing PC Armageddon Nanotron T1X

Untuk pilihan casing PC ini sebenarnya terserah anda saja ya sesuai selera. Karena model casing PC saat ini memang keren keren, apalagi jika model side window (tutup samping transparan), bagian dalam PC akan terlihat. Jika anda tambah dengan fan casing LED atau mungkin tambah LED strip maka PC anda akan kelihatan lebih menarik lagi.

Untuk casing PC ini karena budget seminimal mungkin ambil saja yang di bawah 500 ribuan. Pilihan saya ada pada Armageddon Nanotron T1X. Casing ini sudah support Micro ATX. Bisa dipasang kipas di bagian depan support 3 kipas 12cm, belakang 1 kipas 12cm dan atas 1 kipas 12cm. Udah disediakan panel port USB 3.0 dan USB 2.0. Dimensi casing 46 x 44 x 25cm. Casing ini ada di rentang harga 300 ribuan saja.

Namun jika anda kurang sreg dengan casing Armageddon T1x ini anda bisa memilih casing lain yang lebih cocok, banyak kok casing PC di harga kurang dari 500 ribuan dan cantik cantik modelnya.

OKE, jadi 6 komponen di atas ya yang bisa dipakai buat rakit PC Ryzen budget 5 jutaan. Jika kita total harga dari keenam komponen di atas adalah sebagai berikut.

– Ryzen 3 2200G (1,4 juta)

– AsRock AB350m (1,1 juta)

– Team Elit Plus 8GB (1,4 juta)

– FSP Hexa + II 500 (600 ribu)

– Hardisk Seagate 1TB (700 ribu)

– Armageddon T1X (300 ribu)

Jadi total harga paket PC gaming Ryzen 2200G adalah 5,5 juta. Nah, jadi untuk mendapatkan harga minimal PC gaming Ryzen 3 2200G ini paling tidak anda harus menyiapkan budget 5,5 jutaan. Itu harga di atas juga sudah saya bulatkan ke atas ya, mungkin bisa kurang lagi. Tapi tetap harga komponen PC ini bisa beda beda di tiap daerah, apalagi di luar Jawa yang akan dikenakan ongkos kirim. Kalaupun di luar Jawa ada toko komputer tetap saja harga sudah lebih mahal dibandingkan harga di toko yang ada di ibukota (Jakarta). Kalau anda mau murah lagi, mungkin budget di bawah 5 juta, bisa banget, ganti saja mobo pakai yang seri A320 yang sudah saya jelaskan di atas, harga paling 700-800 ribuan, terus RAM ambil 4GB saja, dengan ini anda lebih hemat 1 jutaan lagi. Silahkan dipilih saja.

Jadi pada dasarnya bisa dikatakan Ryzen APU ini sudah sangat menyelamatkan para gamer di tengah harga VGA card yang semakin melambung ini. Tidak usah memikirkan VGA card lagi, colok prosesor saja sudah bisa main. Anda yang ingin memainkan game game jaman now bisa menggunakan AMD Ryzen APU ini yang harganya jauh lebih terjangkau. Oke, selamat berburu part murah.

Artikel bermanfaat lainnya...

13 Comments

  1. Andy M
  2. Rahmat
  3. abah
  4. Maspo
  5. Riza Maulana

Leave a Reply