Mencoba Rakit PC Baru Budget 2 Juta Pas (Bisa Juga Buat Gaming)

Sebenarnya sudah lama saya ingin memiliki sebuah PC (Desktop PC). Terutama ingin merakit sendiri mulai dari nol. Kadang kan ada yang jual PC rakitan sudah jadi, sudah dipasang di casing, jadi beli tinggal pakai. Nah, kalau saya ingin merakit sendiri mulai dari awal, jadi ada pengalaman/ pembelajaran tersendiri, ada seni tersendiri. Jadi, kalau ingin PC rakitan sendiri tentunya harus membeli part komputer secara ngecer (satu satu). Nah, di sinilah yang kadang terjadi kendala buat saya ketika membeli part komputer.

Saya sendiri saat ini bertempat tinggal di Balikpapan atau di Pulau Kalimantan. Tinggal di luar Pulau Jawa itu ada masalah tersendiri saat membeli part komputer. Barang masih langka, karena sepertinya untuk trend komputer di Balikpapan ini masih belum kelihatan. Yang lagi ngetrend di sini untuk saat ini adalah masih sebatas HP untuk kategori barang elektronik. Nah selain cari part yang diinginkan agak susah, nanti kalaupun ada harganya pun cukup mahal. Namun tidak semua mahal juga sih, beberapa barang saja yang jika dikalkulasi dengan kalkulator harganya lebih mahal.

Jadi dengan perhitungan yang agak kompleks, saya kombinasikan membeli part komputer lewat offline dan online.

Sesuai rekomendasi dari teman teman, kalau mau rakit komputer dengan budget 2 jutaan, dengan part yang baru gress, disarankan ambil yang AMD. Kalau komputer Intel di bawah 2 jutaan second alias bekas mah banyak yang  jual di sini, tapi saya kan inginnya yang gress. Dan tidak bisa dipungkiri memang harga jual part AMD ini lebih murah dibandingkan part Intel. Kalau ambil yang rakitan Intel biasanya dapatnya yang second/ bekas untuk budget 2 jutaan tersebut. Setelah saya ngubek ubek toko online mencari harga yang paling murah, saya dapatkan part komputer seperti berikut.

  • Prosesor AMD A4-6300 dual core Box seharga 400.000
  • Motherboard MAXSUN MS-A68GL+ M.2 (FM2+, A68, DDR3, VGA+DVI) seharga 600.000
  • Hardisk 320GB seharga 250.000
  • RAM DDR3 2x2GB seharga 400.000
  • Casing PC Molucca Pro Gamer + PSU 450watt seharga 325.000

Alasan utama kenapa saya memilih part part di atas adalah di harga saja yang lebih murah. Oke, banyak yang mengatakan, “jangan membeli part part komputer murahan, biasanya tidak tahan lama”. Kali ini saya abaikan dulu sementara nasehat itu, saya ingin mengujinya mencoba part murah, karena juga memang budget yang tipis.

Dari part komputer di atas, hanya casing PC saja yang saya beli offline atau beli di toko Balikpapan, dikarenakan jika dihitung hitung dengan ongkos kirim harganya kurang lebih saja kalau beli di toko offline. Dan juga, untuk casing PC ini kalau dilihat di toko online harganya lebih murah sekitar 250 ribu atau 275 ribu. Jadi kalau ditotal pengeluaran untuk part di atas jadinya 1.975.000. Nettonya sih tidak sampai 2 jutaan, tapi brutonya bro, kalau anda mau beli part komputer secara online tentu harus mempertimbangkan ongkos kirim, jadi kalau budget cuma 2 juta, jangan beli part yang ngepas 2 juta.

Namun jika di kota anda bertebaran toko komputer, sepertinya anda sangat beruntung karena akan terbebas dari ongkos kirim.

1. Prosesor AMD A4-6300 dual core

Prosesor AMD A4-6300 Rakit PC 2 Jutaan

Kenapa saya pilih prosesor AMD A4-6300? Jawabannya sudah tentu karena harga murah. Perhitungan saya sih dengan budget yang minim tersebut diusahakan tidak perlu membeli part VGA. Nah solusinya adalah cari prosesor yang sudah terintegrated dengan VGA (IGP). Nah AMD A4-6300 ini sudah ada IGP nya Radeon HD8370D, cukup mumpuni lah kalau cuma buat game game ringan.

2. Motherboard MAXSUN MS-A68GL+ M.2

Motherboard Soket FM2 - FM2b Maxsun MS-A68GL

Jika saya cari cari di toko online, mobo FM2/ FM2+ yang paling murah ini. Maxsun ini produk baru yang berasal dari Tiongkok sana. Belum banyak yang coba sih dan belum banyak review tentang motherboard Maxsun ini. Tapi saya jajal dulu lah mumpung murah. Motherboard model ini belum ada port HDMI dan USB 3.0, namun tersedia soket USB 3.0. Tinggal beli saja part front panel USB 3.0. Dalam paket penjualan mobo ini juga disertakan kabel sata dan cover casing belakang.

3. Hardisk 320GB

Hardisk 320GB Rakit PC 2 Juta

Untuk hardisk ini saya beli second/ bekas soalnya untuk yang baru dengan kapasitas tersebut sepertinya tidak ada, kalaupun ada kemungkinan itu refurbished. Dengan budget 2 juta pas tida mungkin mendapatkan hardisk dengan kapasitas lebih besar, misal 500GB soalnya harganya di kisaran 500 ribuan atau kalau yang baru bisa 600 ribuan, nanti over budget.

4. RAM Patriot DDR3 2x2GB

Untuk RAM ini saya juga mencari yang murah. Saya juga kurang tahu ini RAM KW/ OEM atau bukan, yang jelas murah 😀 . RAM Patriot ini saya dapatkan di harga 200 ribuan dikali 2 jadi total 400 ribu. Bisa juga anda menggunakan RAM 2GB saja, namun dikarenakan prosesor AMD A4-6300 menggunakan IGP yang otomatis akan mengambil memory fisik (RAM) sebagai memory VGA, jika anda menggunakan RAM cuma 2GB saja maka yang tersisa tinggal 1,5GB.

5. Casing Molucca Pro Gamer + PSU 450 watt

Casing Molluca Pro Gamer Rakit PC 2 Juta

Part yang terakhir adalah casing PC. Saya memilih casing Molucca Pro Gamer karena yang ada di kota saya dan yang paling murah cuma casing Molucca ini. Ada juga merk lain seperti Dazumba, Simbadda, cuma harganya di atas 400 ribuan. Kalau mau cari online sebenarnya banyak, cuma kalau dihitung dengan ongkos kirim juga jatuhnya ya di atas 400 ribuan. Itu juga masih nunggu barang sampai. Jadi untuk sementara, karena saya juga baru pertama kali build PC/ rakit PC sendiri jadi saya ambil yang ada dulu. Untuk next rakit mungkin saya akan mencari yang lebih keren kalau bisa lebih murah daripada casing satu ini.

Part Komputer Rakit PC 2 Jutaan

Oke, cuma itu saja part yang dibutuhkan untuk rakit PC 2 jutaan ini, cukup simpel tanpa VGA untuk menghemat budget. Jika suatu saat nanti anda ada rejeki lagi bisa anda beli VGA supaya ngegame bisa lebih lancar lagi. Untuk spek seperti ini juga bisa digunakan untuk bermain game, namun game game ringan saja. Game online semisal Point Blank, Counter Strike, atau DOTA 2 juga masih sanggup dijalankan di AMD A4-6300 ini.

Untuk merakit PC ini sebenarnya saya sudah ada pengalaman, soalnya dulu sempat mengelola warnet (kepunyaan teman) sendirian, apa apa sendiri, rakit komputer sendiri, baikin komputer sendiri, pokoknya capek dirasain sendiri (curhat). Nah, dari pengalaman mengelola warnet tersebut ada ilmu sedikit tentang komputer/ PC, apalagi cuma bongkar pasang.

Jadi setelah dirakit PC 2 jutaan tersebut hasilnya kurang lebih seperti ini.

PC Rakitan 2 Jutaan AMD A4-6300

Setelah selesai merakit PC tinggal dihidupin dan install OS terserah mau Windows atau Linux. Kalau saya sih karena sudah terbiasa menggunakan OS Windows di laptop saya jadinya saya install Windows 10 pada PC rakitan 2 juta ini.

PC Rakitan Paling Murah 2 Juta AMD A4-6300

Spesifikasi komputer 2 jutaan AMD A4-6300 ini memang cukup mumpuni lah, setidaknya ya sesuai dengan budget. Budget 2 juta mau dapat yang wah kan tidak mungkin. Ya seperti inilah, cukup untuk dipakai buat internetan, browsing, streaming, pekerjaan blogging, main game ringan (Point Blank, Counter Strike GO, DOTA2 masih ngangkat kok), pokoknya jangan dipakai buat yang berat berat seperti ngerender video, atau main game HD ntar malah komputernya macet/ freeze/ hang.

Karena memang PC rakitan 2 jutaan ini dibikin dari part dengan harga murah, maka ada harga ada kualitas juga. Mungkin, mungkin ya, suatu saat nanti, karena PSU yang dipakai adalah PSU bawaan casing, yang kata orang sih tidak bagus, mungkin suatu saat akan cepat rusak, tidak kuat untuk menghidupkan PC, dan lain lain. Namun saya kira ya karena ni PC juga tidak pakai VGA, hanya IGP saja, ya bisa lah bertahan berbulan bulan. Tapi kalau nanti anda punya rejeki lagi, mungkin dari nabung, bisa juga buat beli PSU yang sudah dipercaya seperti merk Enermax, Super Flower, FSP, namun harganya memang mahal di atas 500 ribuan.

Sekali lagi ada harga ada kualitas. Kalau memang keperluan rakit PC anda tidak mendesak alangkah lebih baik untuk menabung lagi, membeli rakitan PC yang lebih bagus spek nya, dan beli part dari brand yang sudah terkenal, biar awet tentunya.

Oke, sekian dulu artikel dari saya ini mengenai rakit PC 2 jutaan dengan prosesor AMD A4-6300. Semoga bermanfaat bagi anda yang ngebet pengen punya PC sendiri dengan budget 2 juta saja.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

2 Komentar

  1. Umraici August 1, 2017
  2. I AM EKO October 3, 2017

Tinggalkan Komentar Anda