5

Cara Lock/ Fix Setting Jaringan 4G/ LTE Ponsel Xiaomi MIUI 8

Bagi anda pengguna ponsel Xiaomi, khususnya untuk produk Xiaomi garansi distributor, yang masuk ke Indonesia secara tidak resmi, mungkin anda pernah atau sedang mengalami masalah setting jaringan 4G/ LTE di ponsel Xiaomi anda. Saya pun juga begitu. Sebagai pengguna smartphone Xiaomi Redmi 3, akhir akhir ini saya terkendala masalah setting jaringan 4G/ LTE pada device ini. Masalah muncul ketika saya mengupdate ROM dari MIUI 7 ke MIUI 8.

Bagi anda pengguna ponsel Xiaomi khususnya Xiaomi Redmi 3 yang sudah mengupdate ponsel anda ke MIUI 8 mungkin juga mengalami kendala yang sama seperti saya ini, yaitu tidak bisa nge-lock jaringan di 4G, padahal sebelum menggunakan ROM MIUI 8 bagus saja bisa lock di jaringan 4G. Pada MIUI 8 untuk ponsel Xiaomi ini ternyata settingan untuk memilih jaringan 4G dihilangkan, seperti gambar berikut.

Pengaturan Setting Jaringan 4G Hilang Pada MIUI 8

Pada ROM MIUI 8 versi sebelumnya, hal tersebut masih bisa diakali, dan kita masih bisa memilih jaringan 4G pada ponsel. Caranya yaitu masuk ke menu Phone dan tekan *#*#4636#*#* >> pilih SIM 1 atau SIM 2 yang digunakan untuk internet >> Set preferred network type. Untuk lock ke jaringan 4G anda bisa pilih LTE only. Jika jaringan 4G di lokasi anda tidak stabil anda bisa memilih LTE/WCDMA.

Setting Jaringan 4G Xiaomi Redmi 3

Jadi bagi pengguna ponsel Xiaomi khususnya Xiaomi Redmi 3, jika pengaturan jaringan 4G di ponsel hilang, anda masih bisa mengaturnya di *#*#4636#*#*.

Permasalahan yang sering dialami jika setting jaringan lewat *#*#4636#*#* adalah kalau HP direstart maka settingan balik lagi ke awal, sehingga harus setting ulang. Tidak seperti setting jaringan langsung lewat menu Pengaturan yang bisa permanen. Kadang tidak direstart pun tiba tiba setting jaringan balik lagi ke awal.

Sedangkan untuk update terbaru MIUI 8 ini semakin tidak karuan untuk settingan 4G. Pilihan Set preferred network type pada *#*#4636#*#* malah dihilangkan atau tidak bisa memilih jaringan. Jadinya jaringan sudah otomatis di lock di 3G.

Untuk mengakalinya anda bisa ikuti langkah berikut.

1. Untuk pengguna double simcard, tempatkan kartu 4G pada slot 1, dan untuk slot sim 2 sementara anda nonaktifkan dulu. Untuk pengguna single sim, langsung saja ke langkah berikut.

2. Cabut simcard (sim holder) kemudian masuk ke menu Phone dan tekan *#*#4636#*#*
pilih Phone information1

3. Tanpa simcard malah Set preferred network type bisa dipilih

Cara Lock 4G Xiaomi Redmi 3

4. Tap saja pada Set preferred network type tapi jangan dipilih dulu jaringannya

Cara Setting Jaringan 4G MIUI 8

5. Masih pada tampilan menu jaringan tersebut di atas, masukkan simcard (sim holder), tunggu sampai sinyal muncul, baru anda pilih jaringan LTE only atau bisa juga pilih LTE/WCDMA, kemudian keluar

Lock 4G LTE Ponsel Xiaomi

Setelah ini maka jaringan ponsel sudah dilock/ dipilih untuk 4G (4G preferred). Sekali lagi settingan jaringan ini ada kekurangannya, yang kadang balik lagi ke settingan 3G. Usahakan jangan matikan/ restart ponsel atau jangan cabut slot simcard lagi, soalnya settingan jaringan akan kembali ke 3G setelah ponsel restart atau simcard dicabut. Tapi jika suatu saat ponsel anda restart, silahkan anda ulangi lagi cara di atas untuk setting jaringan 4G/ LTE. Jika anda merasa ribet harus setting jaringan 4G mulu, silahkan anda nikmati saja ROM MIUI 7 (ROM sebelumnya) dan tunggu fix dari Xiaomi untuk setting jaringan 4G pada MIUI 8 ini.

Update!!!

Cara lain adalah flash file Patch_LTE melalui TWRP. Otomatis untuk bisa fix LTE yang ini anda diharuskan sudah pasang custom recovery TWRP pada ponsel Xiaomi anda. Untuk pengguna Xiaomi Redmi 3 sudah pernah saya jelaskan cara pasang recovery TWRP di sini >> https://teknikit.com/2016/04/cara-install-recovery-twrp-pada-xiaomi-redmi-3.html.

Bila sudah terpasang recovery TWRP, download dulu file Patch_LTE >> https://drive.google.com/file/d/0B6u8ynybJKIiTkpwYlF0YXc5dmc/view. Salin file tersebut ke internal memory atau external memory terserah, masuk ke TWRP, flash file Patch_LTE tersebut. Restart ponsel dan taraaaa, pengaturan Prefer LTE sudah muncul lagi.

Udapte Tambahan!!!

Untuk ROM MIUI 8 Global versi 8.1.3.0 Xiaomi Redmi 3 bisa download patch LTE/ 4G di sini >> https://drive.google.com/file/d/0B6u8ynybJKIiNllIQ2RYb0pWU2s/view. Flash/ install lewat TWRP.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

95 Komentar

  1. Vinamina March 2, 2017
  2. Indra March 13, 2017
  3. Anwar July 23, 2017
  4. Rizky July 23, 2017
  5. Bryan junior July 28, 2017
  6. Sifa July 29, 2017
  7. Dewangga August 22, 2017

Tinggalkan Komentar Anda