Ayo Bongkar Laptop Acer Aspire E5-552G AMD FX-8800P

Setelah satu bulan menggunakan laptop Acer Aspire E5-552G ini akhirnya penasaran juga untuk mengetahui isi di balik cover laptop ini dengan cara membongkarnya. Sebelumnya memang ada rasa was was mau bongkar daleman Acer Aspire E5-552G ini mengingat ada yang mengatakan kalau bongkar cover berarti garansi akan hilang. Soalnya baut baut yang untuk mengikat cover bawah laptop ini ada satu baut (baut pengikat DVD ROOM) yang ditempeli stiker garansi, stikernya bertuliskan yang intinya mengatakan kalau jika stiker ini sampai rusak maka garansi hilang. Otomatis kalau mau bongkar covernya kan harus melepas semua baut tak terkecuali baut yang dilindungi stiker tersebut. Itu yang membuat saya berpikir 1000x waktu mau bongkar daleman laptop ini, masalahnya masih baru juga kan.

Baut Pengikat DVD ROOM Acer Aspire E5-552G

Tapi saya baru mendapatkan titik terang setelah bertanya langsung di Facebook Acer Indonesia. Entah orang (admin) yang menjawab pertanyaan saya tersebut sudah berkompeten di bidangnya atau tidak, namun inti yang bisa saya ambil dari jawaban admin Facebook Acer Indonesia tersebut adalah garansi tidak hilang kalau hanya stiker rusak. Garansi hilang jika ada penggantian part/ hardware dan penggantian tersebut menyebabkan hardware lain rusak. Maka kerusakan hardware tersebut tidak mendapatkan garansi. Ini sepemahaman saya loh ya, maaf saja kalau saya salah.

Untuk lebih jelasnya berikut hasil screenshot sedikit percakapan saya ke admin Facebook Acer Indonesia.

Pertanyaan Seputar Garansi Acer Aspire E5-552G

Dari jawaban admin di atas setidaknya saya mendapatkan angin segar untuk lanjut membongkar cover bawah laptop Acer Aspire E5-552G ini.

Oh ya, maksud dari bongkar Acer Aspire E5-552G ini bukan bongkar secara keseluruhan, tapi sebatas bongkar cover bawah untuk mengetahui isi komponen yang ada di laptop Acer E5-552G ini. Dengan hanya membongkar cover saja kan cukup untuk mengetahui hardware di dalamnya.

Oke, langsung saja kita bongkar daleman Acer Aspire E5-552G AMD FX-8800P ini. Ada beberapa baut yang harus dilepas. Yang pertama adalah baut yang mengikat DVD ROOM dulu, yang ada di balik stiker garansi. Kemudian cabut DVD ROOM. Kenapa harus DVD ROOM dahulu? Karena di balik DVD ROOM tadi ada tiga baut yang berbeda dengan baut lainnya yang harus dilepas juga.

Bongkar Acer Aspire E5-552G

Cara Bongkar Laptop Acer Aspire E5-552G

Kemudian disusul lepas baut keliling yang lainnya. Lepas semua baut yang kelihatan yang mengikat cover. Setelah anda pastikan tidak ada baut lagi, baru bongkar cover perlahan mulai dari sisi DVD ROOM dulu, baru yang terakhir dari sisi buangan angin kipas. Hati hati saat cover sudah terlepas karena ada kabel speaker yang mengikat cover, jadi jangan langsung ditarik. Ternyata speaker kanan kiri menempel pada cover, sehingga ada kabel yang terhubung ke cover.

Setelah cover terlepas, begini penampakan daleman Acer Aspire E5-552G AMD FX-8800P.

Penampakan Jeroan Acer Aspire E5-552G

Buka Cover Acer Aspire E5-552G

Dari gambar di atas mungkin cukup jelas ya lokasi hardware hardware yang dipakai Acer Aspire E5-552G ini. Untuk baterai tidak seperti baterai laptop pada umumnya. Namun dari konstruksinya baterai Acer Aspire E5-552G ini bisa diganti karena ada soketannya. Kemudian harddisk menggunakan merk WD 1TB, dan RAM menggunakan Kingston PC3L-12800 4GB 2 keping. Kalau mau upgrade RAM jadi 16GB (2x8GB) silahkan saja. Atau mau upgrade HDD ke SSD oke juga tuh.

Berikut ini penampakan Harddisk, RAM, dan DVD ROOM Acer Aspire E5-552G.

Hardware Acer Aspire E5-552G

Tujuan saya membongkar Acer Aspire E5-552G ini juga sebenarnya ada niatan mau upgrade hardware (dengan mengambil konsekuensi garansi akan hilang). Yang pertama terpikirkan oleh saya adalah mengganti HDD menjadi SSD. Walau harga SSD saat ini masih masuk dalam kategori mahal, namun saya penasaran dengan performa SSD ini. Seumur umur belum pernah mencoba SSD di laptop maupun di PC. Katanya sih kecepatannya bisa 5x lipat dibandingkan HDD biasa.

Jadi rencana saya ini mau ganti HDD dengan SSD ukuran 120GB kalau tidak ya yang 240GB, lumayan sih harganya di atas 1 jutaan yang 240GB. Kemudian HDD yang 1TB ini masih tetap saya pakai dengan mengorbankan DVD ROOM. Jadi DVD ROOM dilepas diganti dengan HDD menggunakan alat yang namanya HDD Caddy. Banyak kok yang jual, saya pernah lihat di Tokopedia. DVD ROOM ini termasuk slim, sudah saya ukur dan ukuran ketebalannya sekitar 9 mm. Kalau anda berniat ingin juga mencoba HDD Caddy ini, beli yang ukuran ketebalan 9,5mm. Kemudian untuk ukuran lebar DVD ROOM (diukur dari samping) sekitar 13cm.

Oke, sekian dulu acara bongkar membongkar Acer Aspire E5-552G ini. Berhubung sudah terbongkar dan tahu isi daleman laptop ini, jadi rencana harus berlanjut. Semoga terlaksana.

Catatan!!!

Dengan berani membongkar laptop Acer Aspire E5-552G ini, berarti anda harus berani menanggung konsekuensi jika garansi akan hilang. Saya sendiri juga sudah mengabaikan garansi, mau garansi atau tidak, yang penting saya bongkar dulu, masalah nanti garansi ternyata hangus, itu resiko yang sudah siap saya tanggung.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

3 Komentar

  1. BlogS of Hariyanto January 31, 2016
  2. Daniel May 6, 2016

Tinggalkan Komentar Anda