Cara Flashing ROM Xiaomi Redmi Pro Menggunakan Mi Flash Tool

Baru kemarin saya tahu kalau Mi Flash Tool ternyata selain digunakan untuk flashing device Xiaomi berchipset Qualcomm, juga bisa dipakai untuk flashing device Xiaomi berchipset Mediatek (katrok ya). Semula saya mengira Mi Flash Tool adalah tool untuk flash ROM ponsel Xiaomi yang berchipset Qualcomm saja, sehingga beberapa device Xiaomi saya yang berchipset Mediatek (Redmi Note, Redmi Note 2) biasanya saat flashing ROM saya gunakan tool lain yaitu SP Flash Tool. Dan kemarin saat coba coba flashing ROM Xiaomi Redmi Pro menggunakan Mi Flash Tool ternyata sukses juga.

Dan kali ini kesuksesan saya mem-flashing Xiaomi Redmi Pro menggunakan Mi Flash Tool akan saya bahas di sini. Tentunya sebelum anda melangkah ke proses flashing Xiaomi Redmi Pro, ponsel Redmi Pro anda harus sudah dalam keadaan unlock bootloader. Redmi Pro yang masih lock bootloader tidak akan bisa diflashing baik menggunakan SP Flash Tool maupun Mi Flash Tool. Jangan coba coba flashing ROM Redmi Pro yang masih dalam keadaan lock bootloader, pengalaman ada teman yang malah bootloop karena flashing ROM masih lock bootloader.

Untuk cek Xiaomi Redmi Pro anda masih lock bootloader atau sudah unlock bootloader bisa anda lihat pada video berikut.

Sedangkan untuk unlock bootloader Xiaomi Redmi Pro bisa anda lihat langsung pada postingan saya sebelumnya >> https://teknikit.com/2016/09/video-tutorial-cara-unlock-bootloader-xiaomi-redmi-pro.html.

Oke, saya anggap anda sudah melakukan unlock bootloader pada device Xiaomi Redmi Pro anda, jadi sekarang lanjut ke tutorial flashing ROM Xiaomi Redmi Pro menggunakan Mi Flash Tool. Tapi sebelumnya ada beberapa bahan yang harus anda download sebelum flash ROM Redmi Pro.

– Driver Mediatek >> https://drive.google.com/file/d/0B6u8ynybJKIicEFuUFdObVRqRTA/view

– Mi Flash Tool >> https://drive.google.com/file/d/0B6u8ynybJKIiS3gwUVRMclowaGc/view

– Fastboot ROM Redmi Pro >> http://en.miui.com/a-234.html scroll ke bawah dan pilih ROM Redmi Pro

Mi Flash Tool di atas saat ini merupakan versi terbaru 20160830. Bagi yang sudah pernah menginstall Mi Flash Tool versi apapun silahkan anda tidak perlu download lagi Mi Flash Tool di atas karena Mi Flash versi lama juga bisa digunakan untuk flashing. Bedanya Mi Flash yang terbaru di atas bisa dipakai untuk Windows 64bit maupun Windows 32bit, sedangkan Mi Flash yang keluaran 2015 atau lebih lama hanya bisa dipakai untuk pengguna Windows 64bit. Tapi rekomendasi saya adalah gunakan Windows 64 bit karena banyak yang gagal pakai Windows 32bit.

Untuk fastboot ROM Redmi Pro bisa anda pilih yang Stable China atau Developer China. Namun yang akan saya contohkan berikut adalah ROM Stable China. Jangan lupa sebelum anda melakukan flashing, backup dulu data data penting jika ada, tutorial backup bisa anda lihat di postingan saya >> https://teknikit.com/2016/05/cara-backup-restore-data-aplikasi-xiaomi.html. Oke langsung saja ke tutorial flash ROM Redmi Pro menggunakan Mi Flash Tool. Tutorial ini juga bisa anda terpakan ketika ingin memflashing ROM distributor Xiaomi Redmi Pro ke ROM Official.

1. Install Driver Mediatek dan Mi Flash Tool seperti biasa. Untuk pengguna Windows 8 dan Windows 10 sebelum install disable dulu driver signature.

2. Download fastboot ROM Redmi Pro di atas, kemudian ekstrak langsung di drive komputer, misal langsung di drive D tau drive E, jangan ekstrak di dalam folder, misal di D:/Redmi Pro, jangan. Jadi di luar folder saja langsung di drive. Ini yang saya contohkan langsung diekstrak di drive E.

Ekstrak ROM Redmi Pro Langsung di Drive E atau D

Untuk cara ekstrak yang benar ROM Fastboot Xiaomi bisa anda intip video berikut.

3. Buka Mi Flash Tool, kemudian pilih lokasi ROM dengan mengklik tombol Select, kemudian pilih folder ROM omega_images_bla bla bla, jangan pilih folder images, kemudian klik OK

Pilih ROM Xiaomi Redmi Pro Flashing ROM

4. Pada bagian kanan bawah Mi Flash Tool klik pada menu dropdown, di situ ada beberapa pilihan tipe flash. Flash_all jika ingin clean install menghapus semua data juga internal memory, flash_all_except_data_storage jika ingin install tapi tidak menghapus data di internal memory, dan flash_all_lock jika ingin clean install kemudian lock bootloader lagi. Silahkan pilih terserah anda, yang penting itu tadi jangan lupa backup data dan aplikasi.

Flash ROM Xiaomi Redmi Pro

5. Setelah Mi Flash Tool siap kini beralih ke ponsel Redmi Pro. Matikan ponsel kemudian masuk ke fastboot mode dengan cara, dalam keadaan mati tekan dan tahan tombol volume bawah + tombol power, sampai masuk ke fastboot mode baru lepaskan kedua tombol.

Masuk Fastboot Mode Xiaomi Redmi Pro

6. Dalam mode fastboot ini hubungkan Redmi Pro ke PC/ komputer

7. Pada Mi Flash Tool klik tombol Refresh untuk mendeteksi ponsel Redmi Pro yang telah terhubung

Flashing ROM Xiaomi Redmi Pro

8. Setelah ponsel terdeteksi, klik pada tombol Flash untuk memulai proses flashing ROM Redmi Pro

Proses Flashing Redmi Pro Menggunakan Mi Flash Tool

9. Tunggu sampai proses flashing selesai, biasanya tidak sampai 5 menit. Jika proses flashing ROM selesai maka ponsel Xiaomi Redmi Pro anda akan melakukan restart sendiri

Flashing Redmi Pro Menggunakan Mi Flash Tool Sukses

10. Tunggu sampai ponsel restart dan masuk ke sistem, biasanya proses booting setelah flashing ROM ini agak lama daripada proses booting/ restart biasa

Oke, ponsel Xiaomi Redmi Pro anda sukses diflashing menggunakan Mi Flash Tool. Demikian sedikit tutorial cara flashing ROM Xiaomi Redmi Pro menggunakan Mi Flash Tool, selain bisa juga menggunakan SP Flash Tool. Semoga membantu anda pengguna device Xiaomi Redmi Pro.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

50 Responses to “Cara Flashing ROM Xiaomi Redmi Pro Menggunakan Mi Flash Tool”
  1. Anita
  2. Anita
  3. Iqbal
  4. andika Nur Alfian

Leave a Reply