Cara Install Update ROM MIUI 8 Pada Xiaomi Redmi 3

Seperti yang anda ketahui atau mungkin ada yang belum mengetahui, bahwa Xiaomi telah merilis MIUI 8 beberapa waktu yang lalu menggantikan MIUI 7. Namun perilisan MIUI 8 ini masih dalam tahap Beta, untuk saat ini per Juni 2016 belum rilis MIUI 8 Stable, mungkin beberapa hari ke depan. ROM pada MIUI 8 ini masih sebatas ROM China Developer, yang artinya untuk ROM global belum rilis. Seperti yang anda ketahui bahwa untuk ROM China ini mungkin ada beberapa kekurangan. Menurut saya sendiri kekurangan dari ROM China yaitu tidak ada Bahasa Indonesia, tidak ada Google Play Store, dan juga masih banyak aplikasi berbasis China yang bagi saya sendiri tidak berguna.

Update!! MIUI 8 sudah dirilis, cek di bawah!

Namun demikian, bagi anda yang ingin mencicipi bagaimana rasanya MIUI 8 ini bisa juga menginstall pada ponsel Xiaomi anda, sebab siapa sih yang tidak mau menjajal update terbaru dari Xiaomi. Akan tetapi tidak semua device atau ponsel Xiaomi diberikan update MIUI 8, hanya beberapa saja. Device yang mendukung untuk update ke MIUI 8 di antaranya Xiaomi Mi 2/2S, Mi 3, Mi 4, Mi 4c, Mi 4S, Mi 5, Mi Max, Mi Note, Mi Note Pro, Redmi 1, Redmi 1S, Redmi 2, Redmi 2A, Redmi 2 Prime, Redmi 3, Redmi 3S, Redmi Note 3G, Redmi Note 4G, Redmi Note Prime, Redmi Note 2, Redmi Note 3 MTK, dan Redmi Note 3 Qualcomm. Silahkan anda cek sendiri apakah tipe ponsel Xiaomi anda sudah tersedia update ke MIUI 8.

Bagi yang ingin update dari MIUI 7 ke MIUI 8 ini sebenarnya ada beberapa cara. Saya di sini akan memberikan tutorial install/ update MIUI 8 pada device Xiaomi Redmi 3, karena kebetulan saya pengguna Redmi 3 dan untungnya sudah mendapatkan update ke MIUI 8. Untuk cara update ke MIUI 8 bisa anda pilih beberapa cara berikut ini.

1. Update MIUI 8 tanpa PC langsung lewat Updater

Cara update lewat updater bisa dilakukan bagi anda yang sebelumnya menggunakan ROM China Developer, China Stable, Global Developer, maupun Global Stable. Caranya yaitu masuk ke menu Tools >> Updater dan lihat apakah ada pembaharuan terbaru. Biasanya akan muncul update MIUI yang paling baru dan itu adalah MIUI 8. Silahkan klik Update untuk mengupdate ke MIUI 8 dan ikuti saja prosesnya.

Update MIUI 8 Tanpa PC Lewat Updater Xiaomi Redmi 3

2. Update MIUI 8 Lewat Updater Choose Update Package

Cara kedua ini lebih mudah dilakukan. Perlu anda ketahui, pada cara di atas, file update MIUI 8 adalah sebesar 900MB. File ROM MIUI 8 tersebut akan didownload langsung saat proses update. Jika koneksi internet anda cepat dan stabil mungkin cara ini tidak masalah. Namun jika koneksi internet anda lemot, tidak menutup kemungkinan anda akan gagal update karena ukuran file update yang relatif besar tersebut diperlukan koneksi internet yang stabil.

Nah, ada cara yang lebih aman yaitu download ROM MIUI 8 langsung dari website MIUI kemudian anda install. Download ROM ini bisa anda lakukan lewat PC, atau bisa juga lewat warnet, bisa didownload menggunakan software downloader seperti Internet Download Manager.

Caranya adalah sebagai berikut.

– Download dulu ROM MIUI 8 Xiaomi Redmi 3 di sini >> http://en.miui.com/download-298.html. Pilih yang ROM MIUI 8 Global atau MIUI 8 China terserah, tergantung ROM apa yang saat ini anda pakai. Jika saat ini ponsel anda menggunakan ROM China Stable ya download yang China, jika saat ini pakai ROM Global Stable ya download yang Global

Download Recovery ROM MIUI 8 Global Stable Redmi 3

– Setelah anda download ROM tersebut, salin ke ponsel Xiaomi anda, terserah mau di internal memory atau external memory.

– Masuk ke menu Tools >> Updater >> klik pada tanda 3 titik di kanan atas >> Choose update package

Cara Update MIUI 8 Ponsel Xiaomi

– Pilih ROM MIUI 8 Developer Beta yang sudah anda salin ke ponsel >> centang (OK) >> maka ponsel akan mengecek pembaharuan apakah ROM yang dipilih versi terbaru >> Reboot and update

Update MIUI 8 Xiaomi Redmi 3

– Setelah ini ponsel Xiaomi anda akan melakukan upgrade ke MIUI 8, tunggu saja prosesnya sampai selesai karena agak lama.

Video tutorial update MIUI 8 tanpa PC >> http://teknikit.com/2016/09/video-tutorial-cara-update-miui-8-global-stable-redmi-3.html

Catatan: cara 1 dan 2 di atas hanya bisa dilakukan jika HP belum root dan belum pasang recovery TWRP. Juga kalau HP baru beli dan menggunakan ROM Distributor maka cara 1 dan 2 di atas tidak bisa digunakan, pakai cara di bawah.

3. Update MIUI 8 menggunakan Mi Flash Tool

Cara update MIUI 8 menggunakan Mi Flash Tool ini bisa anda lakukan manakala posisi ROM yang anda gunakan masih ROM Distributor, atau mungkin sudah root, sudah install TWRP. Maka untuk bisa menikmati MIUI 8 anda wajib menggunakan Mi Flash Tool. Cara ini wajib menggunakan PC dan kalau bisa menggunakan Windows 64bit. Untuk Windows 32bit ada yang bisa tapi kebanyakan gagal. Oleh karena itu saya sarankan daripada ribet mending pakai Windows 64bit.

Untuk caranya kurang lebih seperti cara saya di sini http://teknikit.com/2016/03/cara-flashing-rom-distributor-xiaomi-redmi-3.html. Jangan lupa sebelum anda melakukan flashing, backup dulu file file penting seperti musik, foto, video, dan lain lain. Sedangkan untuk backup aplikasi bisa anda lakukan sesuai panduan artikel saya sebelumnya di sini >> http://teknikit.com/2016/05/cara-backup-restore-data-aplikasi-xiaomi.html

– Download Mi Flash Tool >> http://bigota.d.miui.com/tools/MiPhone20151028.exe kemudian install pada komputer anda

– Download fastboot ROM MIUI 8 >> http://en.miui.com/a-234.html

– Scroll ke bawah dan pilih Redmi 3/Prime Latest Global Stable Version Fastboot File Download (ROM Global) atau Redmi 3/Prime Latest China Stable Version Fastboot File Download (ROM China) terserah

– Selesai download, ekstrak file ROM tersebut sampai anda mendapatkan folder yang berisi folder images dan beberapa file bat. Untuk tips ekstrak ROM fastboot Xiaomi bisa anda lihat video berikut.

– Beralih ke ponsel Xiaomi Redmi 3 anda, matikan ponsel anda kemudian masuk ke Download Mode. Caranya dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol volume up + tombol power secara bersamaan sampai layar menyala, kemudian lepas kedua tombol maka akan tampil beberapa menu seperti gambar di bawah. Pilih download seperti pada gambar.

Masuk Download Mode Xiaomi Redmi 3

– Ponsel akan mati dan ini berarti anda sudah masuk Download Mode. Hubungkan ponsel Xiaomi ke komputer menggunakan kabel USB/ kabel data.

– Oh ya, bagi yang sudah unlock bootloader, atau sudah install recovery TWRP, anda bisa flashing ROM MIUI 8 dengan masuk ke Fastboot Mode, caranya dalam keadaan ponsel mati tekan dan tahan tombol volume down + tombol power sampai ponsel bergetar dan nyala, baru lepaskan kedua tombol, maka anda akan masuk ke Fastboot Mode. Cara flashing ROM baik lewat Download Mode maupun Fastboot Mode ini sebenarnya sama saja.

– Buka Mi Flash Tool yang sudah anda install, klik Browse >> cari ROM MIUI 8 yang sudah anda ekstrak, pilih folder images

Update MIUI 8 Dengan Mi Flash Tool

– Klik Refresh, maka Mi Flash Tool akan mendeteksi ponsel Xiaomi yang telah terhubung ke komputer. Bagian bawah ada tiga pilihan, Flash all artinya menghapus semua data ponsel dan akan install fresh ROM, kemudian kalau Flash all except storage akan menghapus data aplikasi kecuali file media seperti foto, musik, video. Sedangkan jika anda pilih Flash all except data and storage berarti anda akan install MIUI 8 tanpa menghapus aplikasi dan file media. Coba saja satu satu, jika tidak bisa pilihan terakhir baru Flash all.

Flashing MIUI 8 Menggunakan Mi Flash Tool

– Setelah itu klik Flash, maka proses flashing akan berlangsung. Tunggu saja hingga proses selesai.

Proses Flashing ROM MIUI 8 Lewat Mi Flash Tool

Untuk tampilan MIUI 8 sendiri tidak beda jauh dari MIUI 7, masih berbasis Android Lollipop 5.1.1. Namun untuk fitur yang ada di dalamnya ada banyak perubahan. Silahkan anda explore sendiri fitur fitur apa saja yang berubah pada MIUI 8 ini dan temukan kelebihan dan kekurangannya.

Tampilan MIUI 8 Xiaomi Redmi 3

Oke, itu adalah 3 cara install update ke MIUI 8 untuk pengguna ponsel Xiaomi, khususnya Xiaomi Redmi 3. Untuk pengguna Xiaomi tipe lain yang sudah mendapatkan update ke MIUI 8 juga bisa anda praktekkan cara di atas, tinggal anda download ROM MIUI 8 sesuai dengan tipe ponsel Xiaomi anda.

Update!!

Beberapa pengguna, setelah update ke MIUI 8 ternyata tidak bisa memilih jaringan 4G/ LTE. Untuk mengakalinya bisa melakukan tips berikut ini >> http://teknikit.com/2016/07/cara-lock-setting-jaringan-4g-lte-ponsel-xiaomi-miui-8.html

Tags: Cara Ekstrak Fastboot ROM Xiaomi Cara Flashing MIUI 8 Xiaomi Redmi 3 Cara Menggunakan Mi Flash Tool Cara Mudah Install MIUI 8 Xiaomi Redmi 3 Cara Update ke MIUI 8 Tanpa PC Daftar HP Xiaomi Yang Mendukung MIUI 8 Download ROM MIUI 8 Fastboot ROM Xiaomi Redmi 3 Install MIUI 8 Redmi 3 Sudah Root Install MIUI 8 Xiaomi Redmi 3 Unlock Bootloader Kelebihan Kekurangan MIUI 8 Ponsel Xiaomi Yang Mendapatkan Update MIUI 8 Update MIUI 8 Xiaomi Redmi 3 Update ROM MIUI 7 ke MIUI 8

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Cara Install Update ROM MIUI 8 Pada Xiaomi Redmi 3"

Review Xiaomi Redmi Pro Dua Kamera Belakang Kelebihan dan Kekurangan
Xiaomi untuk pertama kalinya merilis sebuah smartphone
  1. author

    gunawan1 month agoReply

    Numpang nanya Om, hp sy XIAOMI REDMI 3 pro 32gb.
    Biar sinyal nya jadi 4g gmn caranya?
    Mohon bantuannya..

  2. author

    angga wiguna3 weeks agoReply

    Thanks gan. It’s Work.

    Catatan :
    sebelum download ROM MIUI8 nya, cek dulu di sistem MIUI kalian, apakah pakai GLOBAL STABLE ATAU DEVELOPER STABLE.
    kalo GLOBAL STABLE, gan donlotin yg GLOBAL STABLE juga. jgn donlot yg DEVELOPER STABLE.
    gk bisa di cross kayak gitu, kudu sama, GLOBAL KE GLOBAL. DEVELOPER KE DEVELOPER juga.

  3. author

    Feri firmansyah3 weeks agoReply

    thank infonya . sebenrnya pengen juga sh upgrade ke miui 8 tapi takut resiko yang akan terjadi bootlop…

    • author

      Arief2 weeks agoReply

      upgrade ga da resiko bootloop… kebanyakan cuma signal 4g e hilang, biasanya xiomi note 3. cara mengatasinya ya software pake versi china, hanya ga bisa bahasa indonesia. kurang lebihnya begitu. menurut pengalaman saya.

  4. author

    Indy3 weeks agoReply

    kak, ini wktu hpnya mati dalam mode download kok gk kedeteksi sama pc yaaa ? mohon pencerahannya

  5. author

    sena6 hours agoReply

    mas, saya punya redmi 3 versi MIUI GLOBAL 7.1 STABIL 7.1.1.0.0 (LHPCNCK), yang saya punya ini apakah ROM nya distributor atau ROM resmi? supaya bisa update ke MIUI 8 saya harus ikuti cara yang mana? mohon pencerahannya mas, maaf saya masih awam memakai xiaomi

    • author

      Blog Teknik IT (Author)4 hours agoReply

      iya itu rom distributor, klo mau update lewat PC pake Mi flash tool

1 3 4 5

Komentar di "Cara Install Update ROM MIUI 8 Pada Xiaomi Redmi 3" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan