Konversi Paket Internet Smartfren Dengan Kecepatan Download IDM

Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang pembelian paket internet Smartfren berikut penjelasan berapa kecepatan yang akan anda dapatkan dengan membeli paket tersebut. Artikel ini saya tulis dikarenakan sering ada pengunjung yang sering mengeluh dengan kecepatan internet mereka. Ini dikarenakan mereka salah menafsirkan, yang mereka tahu hanya kecepatan Smartfren tuh 3,1 Mbps, seharusnya saya juga dapatnya segitu. Mau saya bayar 1000/bulan kek 10.000/bulan kek yang penting saya harus dapat kecepatan 3,1 Mbps. Mereka hanya tahu sebatas iklan yang ada atau membandingkan kecepatan dengan temannya, tanpa mengetahui ada faktor penting yang bisa membedakan kecepatan yang didapatkan yaitu paket internet yang dipakai.

Beberapa bulan yang lalu saya sudah menerbitkan artikel-artikel yang berhubungan dengan Paket Internet Smartfren diantaranya:

Cara Mendaftar/Registrasi Paket Internet Smartfren Connex

Paket Double Speed dan Premium Booster Smartfren Diperpanjang Sampai 30 Juni 2012

Tips Memilih Paket Internet Smartfren Connex Yang Cocok Untuk Anda

Anda di sini juga harus tahu, misalkan kecepatan yang dijanjikan oleh Smartfren adalah up to 3,1 Mbps, ingat, ada kata “up to”. Artinya di sini apa? Kalau up to 3,1 Mbps berarti antara 0,1 Kbps sampai 3,1 Mbps itu masih dalam range up to 3,1 Mbps. Ya anda bisa mengartikan sendiri lah mana yang masih termasuk dalam batas wajar. Kalau speed up to 14,7 Mbps yang didapat cuma 1 Mbps ya saya kira juga ini tidak wajar. Tapi walaupun anda dapatnya cuma segitu ya mau gimana lagi, harus disyukuri. Kalau anda kecewa ya cari selingkuhan saja.

Untuk pelanggan prabayar, paket internet yang diberikan Smartfren ada 2 yang utama yaitu True Unlimited dan Volume Based. Untuk paket tambahannya ada paket Double Speed dan Premium Booster. Masing-masing paket juga beda kecepatan yang diberikan, kalau sama mah beli yang murah saja kan. Nah, berapa kecepatan yang akan anda dapatkan jika anda membeli salah satu paket internet Smartfren?

1. Paket True Unlimited Regular (45 ribu per bulan)

Satu-satunya paket internet Smartfren yang paling murah ya paket regular ini. Biasanya dipakai untuk pengguna Smartfren yang kantongnya pas-pasan. Cuma modal 45 ribu saja sudah bisa internetan sepuasnya selama 1 bulan (unlimited). Tapi jangan lihat murahnya, kita lihat speed yang diberikan (lihat gambar di atas). Anda hanya akan mendapatkan kecepatan download up to 153 Kbps dan upload up to 128 Kbps. Kalau kita konversikan ke kecepatan download browser atau jika anda menggunakan IDM (Internet Download Manager) maka yang akan anda dapatkan sewaktu mendownload maksimal adalah 20 KB/s, ini sudah maksimal loh ya, sukur-sukur bisa dapat lebih. Minimalnya berapa? Ya mungkin bisa saja 0,1 KB/s. Kalau speed wajarnya sih antara 10-20 KB/s.

2. Paket True Unlimited Premium (90 ribu per bulan)

Ini paket yang bisa dibilang banyak sekali peminatnya, tidak terlalu murah tidak terlalu mahal, cuma seharga 90 ribu anda bisa internetan sepuasnya selama 1 bulan. Kecepatan yang diberikan juga tidak begitu lambat-lambat amat yaitu 384 Kbps, ini setara dengan anda menggunakan operator GSM di jaringan 3G loh. Yang lebih enaknya lagi, jika pada GSM anda masih dibatasi kuota internet maka pada paket premium unlimited ini anda tidak dibatasi dengan kuota, bebas download sepuasnya.

Lantas berapa speed IDM yang akan anda dapatkan jika anda menggunakan paket premium unlimited? Kalau maksimalnya sih anda bisa dapat 50 KB/s di IDM, ya bervariasi sih, mungkin antara 40-50 KB/s, lumayan kan. Tapi jika anda merasa kecepatan yang anda dapatkan masih kurang atau lemot, anda bisa mengupgradenya ke Double Speed atau Premium Booster. Upgrade kecepatan ini khusus paket premium loh, tidak bisa diterapkan pada paket regular.

3. Paket Volume Based EVDO Rev.A (speed up to 3,1 Mbps)

Berbeda dengan paket True Unlimited, pada paket Volume Based ini anda dibatasi dengan kuota internet dan juga FUP harian. Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, untuk paket 6 GB anda harus membayar 100 ribu per bulan. Jika anda adalah maniak download, kuota 6 GB ini tidak akan cukup untuk 1 bulan. Akan tetapi walau dibatasi kuota, speed yang anda dapatkan lumayan kenceng, yaitu up to 3,1 Mbps, jika anda cuma mendapatkan di bawah 2 Mbps saya kira ini masih dalam kewajaran.

Jika dikonversikan ke download IDM maka anda akan mendapatkan speed maksimal 400 KB/s, ini yang maksimal loh ya. Tapi rata-rata sekarang anda tidak bisa mendapatkan kecepatan segitu mengingat pengguna Smartfren yang semakin bertambah. Ya kalau dikira-kira speed IDM yang wajar anda dapatkan antara 200-400 KB/s. Kalau menurut saya sih dapat speed IDM di atas 100 KB/s sudah cukup kok.

4. Paket Volume Based EVDO Rev.B (speed up to 14,7 Mbps)

Satu-satunya paket yang mendukung EVDO Rev.B adalah paket Volume Based 12 GB seharga 150 ribu per bulan, speed up to 14,7 Mbps. Ada juga sih paket tambahan yaitu Booster 3 yang mendukung EVDO Rev.B. Kalau kuota 12 GB untuk saya sih cukup buat internetan sebulan, bagi yang maniak download sekali lagi kuota 12 GB mungkin tidak akan cukup. Orang ada loh yang sebulan menghabiskan kuota 60 GB, vampir kelas kakap.

Jika anda mempunyai modem EVDO Rev.B dan lokasi anda sudah menjangkau EVDO Rev.B, anda bisa menjajal paket 12 GB ini. Berapa kecepatan IDM yang anda dapatkan? Ya kira-kira kalau normal sih bisa mencapai 1500 KB/s. Ah, tapi kayaknya tidak ada yang sampai segitu deh.

Anda yang hanya mempunyai modem yang mendukung EVDO Rev.A juga bisa menggunakan paket 12 GB ini kok, ya tujuannya agar bisa mendapatkan kuota yang lebih, daripada anda beli paket 6 GB dua kali seharga 200 ribu ya mending beli paket 12 GB sekalian. Kalau speed yang anda dapatkan ya menyesuaikan dukungan modem saja.

Oke, jadi intinya, anda yang suka download file (maniak download) tapi dengan modal pas-pasan lebih baik anda menggunakan paket True Unlimited saja. Terima apa adanya dengan speed yang anda dapatkan. Pengen lebih kenceng, bisa pakai Booster atau Double Speed. Tidak punya uang ya disyukuri dengan paket True Unlimited. Punya duit lebih, pakai paket Volume Based 12 GB.

Catatan:

Sekali lagi speed IDM yang bakal anda dapatkan tidak mutlak segitu, banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan internet anda diantaranya: lokasi anda, banyaknya bangunan tinggi yang menghalangi, kepadatan pengguna, modem yang anda gunakan dan biasanya adalah kondisi jaringan Smartfren itu sendiri. Anda bisa menggunakan software QXDM untuk mengetahui apakah lokasi anda berada dekat dengan BTS atau tidak. Sekali lagi ingat lagi kata-kata “UP TO” tadi ya.

Image credit by Smartfren.com

Tags: Kecepatan Download IDM Paket Internet Smartfren Kecepatan Download IDM Paket Premium Kecepatan Download IDM Paket Reguler Kecepatan Download IDM Paket Smartfren Kecepatan IDM Paket Volume Based Konversi Download IDM Paket Internet Smartfren Connex Paket Internet Smartfren Lambat Perbedaan Kecepatan Paket Internet Smartfren

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Konversi Paket Internet Smartfren Dengan Kecepatan Download IDM"

Informasi Tarif Paket Internet Smartfren Terbaru 2015
Paket internet Smartfren di tahun 2015 ini
Perubahan Tarif Baru Paket Internet Smartfren Connex 2014
Pertengahan bulan Januari 2014 ini, Smartfren melakukan
Paket Booster Smartfren Hadir Lagi
Tidak disangka awal bulan Mei ini ternyata
Penjelasan FUP 1 dan FUP 2 Paket Unlimited Smartfren
Kali ini saya akan membahas lagi seputar
  1. Berburu Paket Internet Murah Kuota Melimpah Sudah 4G Speed Kenceng Apakah Ada?4 months agoReply

    […] 3G. Indosat sudah mulai berulah, sering melakukan limit speed di 1 Mbps. Jadi kalau download itu speed download di IDM yang didapat paling 100KBps, jarang jarang sampai 200KBps. Bahkan sekarang mereka (Indosat) sudah […]

1 2 3 4

Komentar di "Konversi Paket Internet Smartfren Dengan Kecepatan Download IDM" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan