Review Modem Smartfren AC682, Apakah Bisa Unlock/Ganti Kartu?

Artikel ‘Review Modem Smartfren AC682, Apakah Bisa Unlock/Ganti Kartu’ ini saya tulis dengan 2 tujuan. Yang pertama saya ingin memberikan sedikit review tentang modem Smartfren AC682, apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dan juga saya ingin menembak keyword ‘Unlock Modem Smartfren AC682‘. Kita lihat saja nanti, apakah pengunjung yang datang ke blog ini dengan kata kunci ‘Unlock Modem Smartfren AC682‘ banyak atau sedikit. Hehe…penasaran juga sih. Tapi yang paling penting di sini saya akan memberikan review tentang modem Smartfren AC682, apa saja kelemahannya.

Seperti yang anda ketahui, modem Smartfren AC682 adalah modem paling murah yang dikeluarkan oleh Smartfren yaitu seharga 200 ribuan, paling murah di antara modem-modem Smartfren yang lainnya. Tidak heran jika saat peluncuran promonya, modem ini paling banyak diminati dan bisa dikatakan laris manis karena harganya yang murah tersebut. Tapi banyak yang tidak tahu, di balik harga murah modem Smartfren AC682 tersebut ada beberapa kekurangan yang mungkin tidak anda ketahui. Atau mungkin anda sudah tahu kekurangannya, tapi berhubung harganya murah anda tidak perduli akan kelemahan/kekurangannya. Indonesia banget lah. Kalau ada yang murah atau bahkan gratis, kenapa enggak?????

Oke, saya akui, orang Indonesia paling jago merusak barang produksi negara lain (terlalu kasar nih). Atau agar lebih halus, orang Indonesia paling jago ngakalin suatu barang, dalam arti modifikasi lah (memang orang-orang Indonesia kreatif kok). Seperti saya ini, beli modem baru sudah dibuat kelinci percobaan dengan membongkar habis modem Smartfren EC1261-2. Jadi saat mengetahui modem Smartfren AC682 punya beberapa kekurangan timbul pemikiran ‘Ah, ga papa, nanti bisa diakalin lah kekurangan itu, yang penting harganya murah’. Tanpa berpikir panjang laris lah modem Smartfren AC682. Dan memang, kalau kita sendiri tidak mencoba merasakan pasti tidak akan puas. Mungkin sudah cari review ke sana ke mari tentang modem Smartfren AC682, dan mendapatkan banyak kekurangan tentang modem ini. Sudah dibilang modem AC682 jelek, cepat panas, dan lain-lain, tapi kalau belum mencoba ya nekat saja ingin mencoba. Penasaran lah pastinya, orang harganya juga murah saja kok.

Saya akan share sedikit pengalaman sebelum saya memilih provider Smartfren. Saya menulis artikel ini dari hasil mengumpulkan referensi dari beberapa blog dan forum. Jujur saja, saya belum pernah menggunakan modem Smartfren AC682, saya hanya menggunakan modem Smartfren EC1261-2 yang bisa dibilang modem terbaik selama pengalaman saya mencoba beberapa modem GSM. Tapi saat saya pertama kali kenal Smartfren dari TV, saya tertarik juga ingin mencobanya. Dan sewaktu saya sampai di toko modem untuk membeli modem Smartfren, saya ditawari 2 modem, modem Smartfren AC682 dengan harga 200 ribu dan modem Smartfren EC1261-2 dengan harga 325 ribu. Tapi sebelum saya membeli modem, saya tanya dulu ke penjualnya, apakah sinyal Smartfren itu kuat? Penjualnya hanya ngasih tahu lokasi BTS Smartfren. Karena saya tinggal di Semarang saya dikasih tahu kalau lokasi BTS Smartfren ada di daerah Gajah, dan sinyal yang diterima bisa sampai 15 Km (kata penjualnya). Selama lokasi anda masih di bawah 15 Km dari BTS Smartfren, anda masih bisa mendapatkan sinyal Smartfren. Jika saya hitung-hitung sih rumah saya paling sekitar 5-6 Km dari daerah Gajah, jadi masih bisa lah dapat sinyal Smartfren. Jadi aman saja kalau saya beli modem Smartfren.

Kali ini ada dua pilihan modem, pilih modem AC682 (lebih murah) atau EC1261-2 (lebih mahal). Saya tanya lagi kekurangan dan kelebihan masing-masing modem, dan apa jawaban penjualnya? Kelebihan modem Smartfren AC682 cuma satu saja yaitu lebih murah, selain itu fitur yang ada pada modem Smartfren AC682 masih kalah dengan modem Smartfren EC1261-2. Dan berikut adalah kekurangan/kelemahan modem Smartfren AC682 dibandingkan dengan modem Smartfren EC1261-2.

1. Modem Smartfren AC682 cepat panas. Saking panasnya bahkan ada yang sampai casing modem meleleh gara-gara panas yang berlebihan (over heat). Apalagi jika anda tinggal di daerah yang sulit sinyal Smartfren, dapat 2 bar atau 3 bar, dijamin deh baru 2 menit dipakai langsung panas. Lalu apa efek dari modem yang panas? Macam-macam, bisa saja tiba-tiba koneksi internet jadi lemot, sering terjadi device lost (modem terputus dari komputer) dengan sendirinya, dan yang paling parah modem menjadi rusak karena terbakar komponen dalamnya.

Mungkin masalah ini bisa sedikit diatasi dengan memasang heatsink atau bisa juga dipasang kipas pendingin yang diikat dengan modem sehingga panas dari modem agak berkurang. Itu kalau anda mau ngakalin dan kreatif, kalau yang malas saya sarankan jangan beli modem ini, panasnya minta ampun. Bagi yang kreatif berikut adalah contoh beberapa gambar modifikasi pemasangan heatsink atau kipas pendingin yang saya ambil dari forum Kaskus.

2. Kelemahan kedua dari modem Smartfren AC682 ini adalah modem ini tipe lock, artinya tidak bisa diganti kartu selain kartu Smartfren (Smart atau Fren). Saat saya dikasih tahu penjualnya bahwa modem ini tidak bisa diganti kartu (lock), saya berpikir, tidak mungkin selamanya saya akan menggunakan provider Smartfren, pasti suatu saat akan ganti, mengingat pengalaman saya sebelumnya yang sudah mencoba semua provider GSM hanya untuk internet. Jika saya ingin mengganti provider berarti harus ganti modem/beli modem baru seharga 300 ribuan. Antara modem Smartfren AC682 dengan modem Smartfren EC1261-2 harganya terpaut 125 ribu (waktu itu). Tidak apa-apa mengeluarkan uang 125 ribu daripada suatu hari nanti harus keluar duit lagi 300 ribu. Jadi saya lebih memilih modem Smartfren EC1261-2.

3. Kelemahan yang ketiga adalah modem Smartfren AC682 hanya mendapat gratis bonus internet 30 hari up to 384 Kbps, sedangkan modem Smartfren EC1261-2 mendapat gratis bonus internet 30 hari up to 3,1 Mbps. Modem Smartfren AC682 cuma up to 384 Kbps, ini cuma bonusnya, setelah bonus berakhir anda bisa juga membeli paket yang up to 3,1 Mbps seharga 100 ribu. Tapi kalau dipikir-pikir sih kecepatan up to 384 Kbps setara dengan modem GSM yang selama ini saya pakai, sangat lemot. Padahal saya pengennya internet yang cepat, sesuai yang diiklankan lah, up to 3,1 Mbps. Oke, mungkin lemot di sini tergantung selera masing-masing, jika hanya dipakai untuk browsing-browsing atau buka Facebook (tanpa download) masih lumayan sih, tapi kecepatan hanya up to 384 Kbps saya anggap sangat lemot.

Itulah 3 kelemahan/kekurangan yang penting dari modem Smartfren AC682. Kita lihat lagi pada kelemahan nomor 2 di atas, yaitu modem Smartfren AC682 ini adalah tipe modem Lock. Artinya anda tidak bisa mengganti kartu simcard selain provider Smartfren. Sudah dilock, dikontrak mati sama Smartfren saja. Sudah dikasih harga murah cuma 200 ribuan saja, mau minta yang lebih. Sudah tahu modem Smartfren AC682 lock masih dibeli juga. Ujung-ujungnya kalau saat koneksi internet Smartfren menjadi lemot bingung mau ganti kartu, nyari ke sana ke mari ‘cara unlock modem Smartfren AC682‘. Padahal sebelumnya sudah tahu dan sebenarnya sudah disediakan oleh Smartfren modem yang sudah unlock, tapi ya itu tadi, karena lebih murah jadi lebih ‘prefer’ deh.

Sebenarnya ada cara untuk meng-unlock suatu modem. Buktinya modem Smartfren EC1260-2 yang semula lock bisa di-unlock sehingga bisa digunakan untuk semua provider CDMA. Ada macam-macam software yang bisa digunakan, sejenis software unlocker, DC-Unlocker, Huawei Unlocker, dan lain-lain, anda bisa Googling sendiri. Tapi untuk urusan inlock meng-unlock modem ini ada resikonya, resiko terberat adalah modem menjadi rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Kalau modem Smartfren AC682 anda hanya untuk bahan percobaan sih tidak masalah. Tapi sekali lagi saya beri tahu bahwa modem Smartfren AC682 tidak mendukung DC-Unlocker. Saya juga tidak mengerti tapi yang jelas modem Smartfren AC682 tidak bisa di-unlock. Jika ada yang berhasil meng-unlock modem Smartfren AC682, saya akan beli tuh modem 10 biji untuk dijual dengan harga lebih tinggi karena sudah unlock.

Jadi saya sarankan jika anda lebih berpikir panjang, tidak selamanya anda akan menggunakan provider Smartfren. Smartfren sama seperti provider lain, semakin lama internet semakin lemot karena bertambah banyak penggunanya. Tapi jika anda lebih memilih ‘murah’ nya dan yakin pada provider Smartfren ini, mungkin karena lokasi anda dekat dengan BTS Smartfren, boleh lah memilih modem Smartfren AC682. Lagian sekarang Smartfren sudah meluncurkan teknologi baru yaitu EVDO Rev.B Fase 2 yang mendukung kecepatan internet up to 14,7 Mbps. Dan modem yang sudah mendukung kecepatan up to 14,7 Mbps adalah modem Smartfren AC2791 dan modem Smartfren EC306-2. Saya juga penasaran sih ingin mencoba modem tersebut. Saya lihat sepertinya Semarang sudah mencakup area EVDO Rev.B. Wah, tapi harganya itu yang bikin pusing kepala, sekitar 700 ribuan. Tapi saya yakin suatu hari akan bisa membelinya. Doakan ya….

Kesimpulan:

Dari artikel yang panjang lebar di atas saya akan ambil sedikit kesimpulan. Intinya modem Smartfren AC682 tidak bisa di-unlock. Terserah anda mau cari cara kayak gimana. Mau tanya di forum-forum, atau tanya di forum luar negeri? Malah orang sana tidak ngerti provider Indonesia. Mungkin anda akan tanya ke forum luar ‘How to unlock ZTE AC682 modem?‘. Trus anda ditanya, pakai provider apa, jawabannya ‘Smartfren’. Nah sampai di sini orang sana pada bingung, Smartfren makanan apa ya? Hehe…

Oke, yang masih semangat mencari cara untuk unlock modem Smartfren AC682 silahkan saja. Yang lain sudah pada sibuk pakai EVDO Rev.B sementara anda masih sibuk cari cara unlock modem AC682. Haduh…

Image credit by Kaskus.us and Smartfren.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. Agung Talaga | Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *