Beberapa Poin Penting Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Anda Menjadi Pelanggan Smartfren

Dari pengalaman saya menjelajah forum-forum Indonesia yang mengulas masalah seputar provider CDMA yang lagi naik-naiknya yaitu Smartfren, banyak sekali PRO dan KONTRA yang muncul dari sejumlah pelanggan Smartfren. Kebanyakan dari mereka kecewa dengan layanan provider Smartfren. Banyak pelanggan yang merasa tidak puas dengan apa yang sudah digembor-gemborkan pihak Smartfren. Entah itu dari iklan di TV, Internet, Forum, dll. Seolah-olah pihak Smartfren hanya sekedar obral janji saja. Apa yang telah digemborkan pihak Smartfren melalui iklan, yang pasti anda sudah tahu, ‘Smartfren Anti LELET!!!!’, ‘I HATE SLOW!!, seolah-olah semboyan itu hanya omong kosong belaka. Janjinya I HATE SLOW, tapi pelanggannya malah I HATE SMARTFREN, hehe….lucu ya.

Ada yang suka dengan gambar di atas? Hehe……Saya sering menemukan pelanggan yang tidak puas di forum-forum, tetapi sedikit sekali menemui pelanggan yang merasa puas dengan provider satu ini. Entah kenapa, apa karena merasa layanan Smartfren fine-fine aja jadi lebih milih diam daripada harus membesarkan providernya. Sudah puas menikmati internetan di rumah menggunakan Smartfren, jadi anteng aja, atau mungkin takut dikroyok massa yang kebanyakan kontra dengan Smartfren. Atau memang sebenarnya layanan Smartfren memang tidak sebaik yang dijanjikan, I don’t know.

Saya juga tidak tahu persis kenyataan di lapangan seperti apa, walau saya sendiri mengakui selama menggunakan provider Smartfren ini saya merasa baik-baik saja. Saya sudah buktikan pada artikel saya yang berjudul Berapa Kecepatan Download dan Upload Modem Smartfren EC1261-2?

Atau saya buktikan dengan speedtest, per hari ini Sabtu 1 Oktober 2011 pukul 17.50 hasilnya adalah sebagai berikut.

Iya, mungkin ada kalanya saat menggunakan kartu Smartfren selama ini kadang timbul sedikit masalah, entah itu tiba-tiba lemot, koneksi tiba-tiba berhenti, dll, tapi saya rasa masalah yang saya alami itu masih dalam tahap wajar. Kenapa saya anggap wajar? Karena saya sendiri sudah berkali-kali ganti provider hanya untuk menikmati internetan dengan puas. Tapi ya apa yang saya dapatkan? Sama saja.

Tidak hanya Smartfren saja yang obral janji, semua provider Indonesia itu cuma bisa obral janji. Katanya speed nya kenceng tapi kenyataan di lapangan lain. Saya juga yakin sekali, bagi anda yang pindah haluan alias pindah provider ke Smartfren pasti anda sebelumnya juga mengalami masalah yang sama, yaitu provider anda sebelumnya sudah tidak konsisten mempertahankan janjinya. Semakin lama semakin lemot saja, akhirnya pindah deh ke Smartfren, sapa tahu lebih kenceng, sapa tahu sesuai yang dijanjikan.

Sebelum saya menggunakan Smartfren saya sempat menggunakan provider GSM yaitu Three (3). Iya pertama mereka promosi memang internetan kenceng, mungkin saat itu saya merasa hanya Three yang internetannya paling kenceng dibandingkan provider lain. Saya pernah merasakan internet menggunakan Three, download file bisa sampai 100 KB/s, kalau dirata-rata sih antara 50-100 KB/s. Wah, kecepatan segitu waktu itu bagi saya adalah yang paling kenceng. Tapi apa, seperti biasalah, semakin lama kok internetan tambah lemot saja. Mungkin setelah saya menggunakan Three selama 2 bulan baru terasa, download file sampai 50 KB/s saja bersyukur. Karena setelah itu jarang sekali kecepatan download bisa sampai 50 KB/s. Ya begitulah provider Indonesia, jadi jangan heran.

Jadi jika suatu saat internet menggunakan Smartfren menjadi lemot, itu saya anggap biasa. Kalau ada provider lain yang lebih bagus ya apa salahnya berpindah kamar. Tapi ada kah ya?

Bagi anda yang belum sempat meggunakan/menjadi pelanggan Smartfren, atau yang sedang ingin beralih ke provider Smartfren, anda harus mengetahui beberapa poin penting seputar provider Smartfren sebelum anda menjadi pelanggan Smartfren. Agar jangan sampai setalah anda membeli kartu Smartfren anda malah jadi kecewa besar, atau malah protes menyalahkan pihak Smartfren.

1. Pastikan lokasi/daerah anda menjangkau sinyal/jaringan Smartfren. Saya telah menjelaskan sedikit tentang kota mana saja yang menjangkau jaringan Smartfren

2. Jika anda ingin menikmati internet yang kenceng dari Smartfren pastikan daerah/lokasi anda menjangkau sinyal EVDO, bukan cuma sinyal CDMA 1x, karena sinyal EVDO memiliki akses internet dengan kecepatan sampai 3,1 Mbps sedangkan sinyal 1x hanya sampai 384 Kbps. Jika lokasi anda hanya menerima sinyal 1x jangan protes kalau internetan anda terganggu dengan loading lama.

3. Untuk poin 1 dan 2 tanyakan pada teman sekitar anda yang sudah sebelumnya menjadi pelanggan Smartfren, paling tidak teman sekota.

4. Menggunakan internet Smartfren berarti anda menggunakan internet Wireless Broadband. Jadi kemungkinan kualitas sinyal yang anda terima tidak sama dengan tetangga anda. Dinding rumah yang tebal mempengaruhi kualitas sinyal, bisa saja saat hujan/badai internetan menjadi lemot. Jenis modem yang anda pakai juga mempengaruhi kualitas sinyal karena penangkapan sinyal tiap-tiap modem berbeda.

5. Kepadatan penduduk. Semakin banyak pengguna yang mengakses internet menggunakan Smartfren di satu waktu di satu daerah maka jangan heran kalau internet anda menjadi lemot. Ini yang sering terjadi, banyak pelanggan yang protes kenapa makin lama internetan mereka makin lemot saja, padahal sebelumnya kenceng banget. Ini karena makin lama kemungkinan pengguna Smartfren juga makin banyak. Lemot semakin tak terhindari. Saya kira ini bukan cuma Smartfren saja.

6. Anda harus tahu jam-jam sibuk Smartfren, yaitu antara jam 19.00-23.00. Jadi selama jam tersebut kemungkinan internet anda menjadi sangat lemot bahkan tidak bisa terkoneksi sama sekali. Saya kira ini juga tidak hanya pada Smartfren saja. Ini juga pengalaman saya setelah jam 11 malam ke atas koneksi kembali normal.

7. Yang terpenting nih. Smartfren tuh bukan provider yang perfect kok, sama seperti provider yang lain. Jika anda sebelumnya merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh provider lama, tidak ada bedanya dengan Smartfren kok.

Sebagai penutup, saya di sini bukan termasuk orang yang PRO ataupun KONTRA dengan Smartfren. Yang jelas saya belum mengalami kendala yang begitu besar selama menggunakan Smartfren. Mungkin hal ini bisa saja berubah di suatu hari nanti. Untuk itu akan saya update.

Ada pepatah jawa mengatakan ‘ONO REGO ONO RUPO’. Di Indonesia ini, jangan mengharapkan kualitas internet yang memuaskan dengan harga yang murah. Siapa sih yang tidak suka murah bahkan gratis? Saya pun juga termasuk orang yang seperti itu. Tetapi sekali lagi, jangan berharap kualitas yang bagus dengan harga yang murah. Tapi di sini belum tentu harga yang mahal kualitasnya bagus loh ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
50 Comments
  1. prans
    April 3, 2012 | Reply
  2. April 6, 2012 | Reply
  3. Haru
    April 7, 2012 | Reply
  4. dreas
    April 8, 2012 | Reply
    • Thekrim
      April 8, 2012 | Reply
  5. oieprasetio
    April 21, 2012 | Reply
    • Thekrim
      April 22, 2012 | Reply
  6. July 10, 2012 | Reply
    • Thekrim
      July 12, 2012 | Reply
  7. September 12, 2012 | Reply
    • Arman
      January 26, 2013 | Reply
  8. semar
    November 4, 2013 | Reply

Berkomentarlah sesuai isi artikel! Please, do not spam!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *