Cara Mengaktifkan Widget MIUI 13.5 Ala iOS di Smartphone Xiaomi MIUI 13

Akhirnya pengguna Xiaomi bisa menikmati fitur Widget MIUI 13.5 ala iOS tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebelumnya pihak Xiaomi memang sudah memperkenalkan Widget MIUI 13 sewaktu peluncuran awal MIUI 13. Namun tidak semua pengguna Xiaomi yang mendapatkan update MIUI 13 bisa menikmati Widget tersebut. Widget MIUI 13 tersebut masih dalam tahap pengembangan dan masih beta, sehingga belum dirilis resmi ke update MIUI 13.

Mengaktifkan Widget MIUI 13.5 Ala iOS Xiaomi

Namun, sebelumnya pengguna MIUI 13 bisa mengaktifkan Widget MIUI 13 ini dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti Activity Launcher atau MeFeet. Bahkan sebelumnya Widget MIUI 13 ini hanya bisa diinstall di Halaman App Vault saja, untuk Homescreen belum bisa diinstall Widget MIUI 13 ini. Namun seiring berjalannya waktu, developer telah mengembangakan fitur Widget MIUI 13 ini untuk bisa diaktifkan di tampilan Homescreen MIUI 13 dengan menggunakan aplikasi MeFeet.

Lanjut hingga sekarang, karena Widget MIUI 13 belum dirilis secara menyeluruh ke pengguna MIUI 13, hingga akhirnya di update selanjutnya pengguna banyak yang menyebut Widget MIUI 13 ini dengan sebutan Widget MIUI 13.5, karena memang kemungkinan untuk Widget MIUI 13 sebenarnya hanya bisa diterapkan di App Vault, sedangkan Widget MIUI 13.5 baru bisa diterapkan di Homescreen.

Di Update MIUI Launcher yang terbaru ini, yang masih versi Alpha, pengguna bisa mengaktifkan Widget MIUI 13.5 tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga tanpa root juga. Pengguna Xiaomi (Khususnya MIUI 13 Android 12) bisa langsung mengaktifkan Widget MIUI 13.5 dengan cara mengupdate versi MIUI Launcher dan App vault terbaru. Tapi untuk sementara ini update MIUI Launcher dan App vault bisa dilakukan dengan cara manual install aplikasinya. Kalian bisa mendownload MIUI Launcher dan App vault lewat link berikut.

– Download MIUI Launcher Alpha: https://www.mediafire.com/file/o52jmycbvt4t67x/com.miui.home_ALPHA-4.39.0.5441-07111954.apk/file

– Download App vault: https://www.mediafire.com/file/k2zf4n4f7nq9zdm/com.mi.globalminusscreen_13.3.1.apk/file

Tingga install saja kedua aplikasi tersebut layaknya kalian install file APK.

Tapi sebelum install kedua aplikasi tersebut, sebaiknya kalian uninstall dulu update Launcher dan App vault versi sebelumnya, untuk mencegah aplikasi bentrok. Untuk menguninstall update, masuk ke Settings >> Apps >> Manage Apps >> cari saja dengan mengetik Launcher, jika ketemu pilih saja, kemudian pilihan di bawah ada Uninstall update. Demikian pula dengan App vault nya, cari Appvault, kalau tidak ketemu tap di Show All Result, pilih App vault, dan Uninstall Update. Abaikan jika tidak ada tombol Uninstall update nya. Lanjut ke install aplikasi yang sudah kalian download.

Setelah install kedua aplikasi tersebut, jangan lupa aktifkan fitur App vault dulu. Masuk ke Settings >> Homescreen >> -1 screen >> pilih App vault.

Lanjut untuk masuk ke Widget MIUI 13.5 terbaru kalian bisa tahan di bagian kosong homescreen, untuk memunculkan menu Widget. Atau untuk masuk ke Widget bisa juga slide ke kanan sampai ke App vault, tap di icon + kanan atas, untuk masuk ke tampilan menu Widget MIUI 13.5. Pilih Widget dan lanjutkan untuk memilih Widget yang kalian suka. Beberapa Widget mungkin perlu didownload untuk bisa diterapkan.

Kemudian jika setelah install kedua APK tersebut, ternyata tidak ada perubahan di tampilan Widget, atau mungkin malah crash di smartphone Xiaomi kalian, silahkan Uninstall update saja MIUI Launcher dan App vault nya, untuk kembali ke versi sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menonton videonya di sini: https://www.youtube.com/watch?v=xLcOTMZ97oQ

Di sini saya sudah mencoba mengaktifkan Widget MIUI 13.5 ini di smartphone Redmi Note 10 Pro, di mana sudah update ke MIUI 13 Android 12. Untuk pengguna smartphone Xiaomi yang lain silahkan kalian coba saja, cuma dengan catatan, tidak bisa diinstall di smartphone POCO (khusus Xiaomi dan Redmi) dan smartphone Xiaomi MIUI 12.5. Sudah saya coba di POCO X3 Pro MIUI 13 gak ada perubahan, dan Redmi Note 8 MIUI 12.5 juga gak ada perubahan.

Oke, demikian tutorial cara mengaktifkan Widget MIUI 13.5 ala iOS di smartphone Xiaomi khususnya yang sudah update ke MIUI 13 Android 12. Silahkan kalian coba sendiri, mudah-mudahan sukses 100%.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

Leave a Reply

41  −  38  =