Tutorial Cara Install TWRP & Root POCO X3 Pro MIUI 13 Android 12 Full Support Android 12

POCO X3 Pro sudah mendapatkan update MIUI 13 Android 12 per Juni 2022 ini. Untuk para opreker yang sudah install TWRP maupun yang belum install TWRP, mungkin kalian akan mengalami masalah di TWRP tidak bisa baca internal storage, cuma bisa baca Micro SD. Ini wajar, karena saat ini untuk security di Android 12 memang masih belum mengijinkan custom recovery untuk membaca internal storage. Jadi beberapa opreker yang sudah terlanjur update ke Android 12 harus rela untuk sementara install-install lewat TWRP harus pakai Micro SD. Tapi tenang, suatau saat para developer akan menemukan cara untuk fix decryption Android 12 ini.

Install TWRP POCO X3 Pro MIUI 13 Android 12

Dan kali ini saya akan membagikan TWRP buat POCO X3 Pro yang sudah bisa baca internal storage, artinya sudah bisa decrypt ROM Android 12. Masih dengan TWRP favorit yaitu TWRP Nebrassy. Untuk update unofficial TWRP Nebrassy kali ini memang kemungkin masih dalam tahap uji coba. Jika ada bug itu wajar kalian tinggal laporkan saja ke developernya. Yang penting untuk saat ini TWRP Nebrassy sudah bisa baca internal storage Android 12.

Sekaligus, di artikel ini saya juga akan memberikan tutorial untuk Install TWRP Nebrassy ini di HP POCO X3 Pro MIUI 13 Android 12. Namun tidak menutup kemungkinan buat kalian pengguna POCO X3 Pro yang masih berada di MIUI 12 atau MIUI 12.5 yang masih Android 11, juga bisa melakukan tutorial ini untuk install TWRP. TWRP ini bisa diinstall di Android 12 maupun Android 11, bahkan Android 10 pun kalau masih ada yang pakai bisa juga install TWRP Nebrassy ini. Caranya sama.

Tapi sebelum ke langkah install TWRP di POCO X3 Pro ini, pastikan HP kalian sudah Unlock Bootloader (UBL) terlebih dahulu. Jika belum UBL silahkan di UBL dulu, biasanya UBL butuh waktu kurang lebih seminggu (168 Jam). Untuk tutorial cara UBL Xiaomi bisa KE SINI.

Kemudian setelah dipastikan POCO X3 Pro kalian sudah UBL, siapakan PC/ Komputer/ Laptop, terserah mau Windows 7, Windows 10, atau Windows 11. Jangan lupa kabel data juga.

Kemudian download beberapa bahan berikut.

Download bahan:

Download bahan Optional:

Untuk file Disable DM verity dan Magisk (optional) bisa kalian taruh di HP. Sedangkan untuk file TWRP, Platform tools, dan driver kalian taruh di PC.

Untuk langkah-langkah install TWRP + root POCO X3 Pro MIUI 13 Android 12 adalah sebagai berikut.

1. Ekstrak file Platform tools hingga kalian mendapatkan folder platform tools. Kemudian salin atau pindahkan file TWRP ke folder Platform tools.

2. Install kedua driver (ADB dan PDANet) jika dibutuhkan.

3. Matikan HP POCO X3 Pro kalian, kemudian posisi mati tekan dan tahan tombol Volume – dan tombol Power secara bersamaan, sampai masuk ke fastboot mode. Kemudian hubungkan HP ke PC menggunakan kabel data.

4. Masuk ke folder platform tools, klik di address bar explorer, kemudian ketik CMD, kemudian Enter. Ini akan membuka jendela CMD.

5. Ketikkan perintah fastboot devices kemudian Enter. Pastikan muncul kode diikuti fastboot di jendela CMD, berarti HP sudah terdeteksi di PC.

6. Perintah selanjutnya, ketik fastboot flash recovery namatwrp.img

7. Misal nama TWRP nya adalah TWRP-3.6.2-vayu-Nebrassy-20-06-22 berarti perintahnya fastboot flash recovery TWRP-3.6.2-vayu-Nebrassy-20-06-22.img

8. Kemudian Enter, ini akan menginstall TWRP ke HP POCO X3 Pro kalian, tunggu sampai proses selesai dan Finish.

9. Setelah finish, balik ke HP, posisi masih di fastboot mode, tekan tahan tombol Volume + dan tombol Power secara bersamaan. Sampai muncul logo POCO baru bisa lepaskan. Nanti akan masuk ke TWRP Nebrassy. Jika bisa masuk TWRP kalian bisa melepas sambungan USB.

10. Setelah masuk ke TWRP lanjutkan install file Disable DM Verity, agar TWRP tetep nempel.

11. Setelah ini proses install TWRP Nebrassy di POCO X3 Pro sudah selesai. Dan silahkan kalian tap di Install, select storage, maka internal storage akan terbaca, tidak 0MB lagi.

12. Dan kalau kalian mau root, silahkan install Magisk.apk nya langsung lewat TWRP.

Yak setelah ini berarti HP POCO X3 Pro kalian sukses install TWRP sekaligus root. Kalau gak mau root gak masalah, gak perlu install file Magisk. Tapi untuk lebih jelasnya mengenai tutorial install TWRP di POCO X3 Pro ini kalian bisa tonton video di LINK BERIKUT https://www.youtube.com/watch?v=7Y8N_rkgtDs.

Sekian dulu artikel dari saya ini, mudah-mudahan bermanfaat buat kalian semua, khususnya pengguna POCO X3 Pro.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

Leave a Reply

49  −  47  =