Review Keyboard Mechanical Paling Murah Imperion Trooper 7/ Trooper 10

Oke di sini saya akan mencoba berbagi pengalaman setelah mencoba salah satu keyboard mechanical yang menurut saya paling murah saat ini yaitu keyboard Imperion Trooper 7. Keyboard ini keluar bersamaan dengan Imperion Trooper 10 pada akhir 2018 kemarin, jadi menurut saya keyboard Trooper ini masih tergolong seri baru dari Imperion.

Sebelumnya memang Imperion juga sudah mengeluarkan seri keyboard mechanical dengan harga yang juga terjangkau yaitu Imperion Mech 7 dan Imperion Mech 10. Arti angka 7 dan 10 ini adalah tipe key nya, yang 7 itu berarti TKL atau Ten Key Less, tanpa tombol numerik, sedangkan seri 10 itu yang full tombol. Jadi antara Trooper 7 dengan Trooper 10 di sisi jeroan itu sama saja, yang membedakan cuma jumlah tombol saja.

Keyboard Imperion Trooper 7

Nah di sini saya lebih suka yang keyboard TKL karena desain yang minimalis, kecil, simpel, gak makan banyak ruang. Lagian juga untuk tombol numerik ini saya tidak pernah pakai karena memang sudah terbiasa dengan keyboard laptop yang juga tanpa tombol numerik.

Kenapa saya membeli Imperion Trooper 7 ini? Sedikit curhat dulu ya, jadi sebelumnya memang saya pengguna keyboard mechanical juga merk Digital Alliance K1 Meca 2nd edition, dan sampai saat ini pun masih menggunakan keyboard DA tersebut. Saya memiliki dua perangkat komputer, satu PC utama untuk aktifitas editing dan PC satunya cuma tambahan saja, untuk browsing dan proses rekam video. Untuk PC kedua (tambahan) ini sebenarnya jarang dipakai, makanya untuk keyboard saya beli yang murah saja yang penting bisa dipakai. Sempat juga saya beli keyboard Imperion Sledgehammer 7 untuk PC kedua.

Jadi begini, karena terbiasa menggunakan keyboard mechanical Digital Alliance (DA) tadi, ketika saya menggunakan keyboard membran (Imperion Sledgehammer 7) ternyata feel saat ngetik itu hilang sama sekali, nuansa clicky jadi hilang saat menggunakan Sledgehammer 7. Rasanya aneh dan ada yang kurang. Dan juga untuk tingkat keempukan antara keyboard mechanical (DA K1 Meca) dengan keyboard membran (Sledgehammer 7) lebih empuk yang keyboard mechanical. Karena feel ngetik malah hilang akhirnya gak lama keyboard Sledgehammer 7 saya jual, dan setelah itu saya berburu keyboard mechanical sebagai keyboard kedua.

Jadi bisa disimpulkan sedikit nih, bagi anda yang sudah terbiasa dengan keyboard mechanical, atau sudah klop dengan keyboard mechanical, jangan sekali kali pindah ke keyboard membran lagi, dijamin gak ada rasa sama sekali, gak ada yang bisa nendang senendang keyboard mechanical.

Review Imperion Trooper 7

Oke, saat berburu keyboard mechanical yang murah, sebenarnya ada beberapa merk keyboard mechanical yang berada di rentang harga 300 ribuan, di antaranya ada Digital Alliance Meca Warrior, NYK KM-11, dan Imperion Trooper. Untuk Imperion Trooper 7 sebenarnya di bawah 300 ribuan (ada yang jual 274 ribu) dan menurut saya yang paling murah dibandingkan dua keyboard di atas. Untuk Meca Warrior saya kurang suka efek LED nya yang cuma itu itu aja, sedangkan NYK KM-11 itu full keyboard, saya cari yang TKL, dan pilihan jatuh ke Imperion Trooper 7. Walau saya sendiri sudah mengetahui untuk kualitas Imperion ini kemungkinan masih di bawah Digital Alliance. Tapi okelah karena yang penting keyboard mechanical, harga murah, dan efek LED saya suka.

Fitur Imperion Trooper 7

Dalam paket pembelian Imperion Trooper 7 ini cuma ada keyboard doank ya, gak ada embel embel kertas garansi, buku petunjuk, puller, atau yang lain. Jadi isi dalam kardus cuma keyboard aja, ya mau diisi apalagi sih, dengan harga di bawah 300 ribuan masa minta diisi smartphone juga, wkwkwk.

Imperion Trooper 7 Berbahan ABS dan Material Logam

Untuk build quality Imperion Trooper 7 ini memang biasa saja menurut saya, finishing materialnya terkesan kasar, atau memang sengaja dibuat kasar kali ya? Bodi dibalut bahan plastik atau biasa disebut ABS namun permukaan atas berbahan logam. Untuk bodi di Imperion Trooper 7 ini menurut saya kurang kokoh. Gak terlalu berat juga sih, cuma 600 gram saja setelah saya timbang keyboard ini.

Kemudian untuk font yang dipakai ini karena saya belum terbiasa dengan font keyboard ini jadinya agak gimana gitu. Kalau menurut saya, hasil print/ cetakan font kok terlihat kasar ya, gak bisa tajam gitu. Misal huruf F ada sisi sisi yang kurang jelas atau kasar lah istilahnya. Atau memang ini karakter dari font itu sendiri ya, karena saya mungkin juga belum terbiasa kali.

Build Quality Imperion Trooper 7

Untuk switch yang dipakai menurut keterangan menggunakan blue switch OTUM, bukan OUTEMU ya tapi OTUM blue switch. Saya kira salah cetak mau cetak OUTEMU jadi OTUM, tapi ternyata setelah saya tanyakan ke pihak Imperion memang benar switch OTUM, beda merk aja. Nah dari bentuk fisik antara switch OUTEMU dan OTUM ini hampir sama persis. Cuma setelah saya telusuri lagi dan saya bandingkan dengan DA K1 Meca, untuk board/PCB bagian dalam keyboard Imperion (OTUM) ini berwarna hijau, sedangkan yang DA (OUTEMU) warna biru. Rasa clicky antara OTUM dengan OUTEMU pun hampir sama anggap aja sama lah. Namun saya juga belum tau akan kualitas dan ketahanan dari switch OTUM ini. Tapi diklaim switch OTUM mampu bertahan hingga 50 juta klik.

Blue Switch OTUM Imperion Trooper 7

Imperion Trooper 7 memiliki 11 variasi LED efek yang bisa diatur lewat tombol kombinasi yaitu Fn+Ins. Kecepatan efek LED juga bisa diatur mulai dari yang lambat hingga cepat dengan tombol kombinasi FN+navigasi kanan/kiri, sedangkan tingkat kecerahan LED bisa diatur juga dengan kombinasi tombol Fn+arah bawah/atas. Semua fungsi LED sudah ada petunjuknya di dus keyboard ini.

Pengaturan LED Efek Imperion Trooper 7

Bagian bawah keyboard ini sudah dilengkapi 4 karet di sisi sisi nya untuk mencegah slip (sleeve), juga sudah disediakan riser manakala posisi keyboard kurang miring, karena mungkin kebiasaan masing masing pengguna berbeda. Dan pada kedua riser ini juga sudah dilengkapi dengan karet sehingga meminimalisir terjadi slip saat digunakan.

Bagian Bawah Imperion Trooper 7

Kabel yang dipakai juga sudah braided dengan panjang 1,5 meter. Menggunakan USB gold plate yang diklaim lebih cepat dalam transfer data. Namun posisi kabel tidak bisa diatur/ tidak ada manajemen kabel, melainkan sudah fix ditaruh di sebelah kanan keyboard.

Oke mungkin cuma itu ya review yang bisa saya berikan setelah beberapa hari menggunakan keyboard mechanical Imperion Trooper 7. Secara keseluruhan saya puas menggunakan keyboard ini, feel clicky sebuah mechanical keyboard sudah saya dapatkan lagi. Gak ada beda rasanya dengan keyboard Digital Alliance K1 Meca 2nd edition saat digunakan untuk mengetik yang sama sama menggunakan blue switch. RGB juga dapat, yang penting dua itu sih bagi saya, feel clicky dan RGB. Jadi di harga di bawah 300 ribuan untuk sebuah keyboard mechanical ini, Imperion Trooper 7 sangat rekomended bagi anda yang sedang mencari keyboard mechanical murah.

Artikel bermanfaat lainnya...

Leave a Reply