Nokia X Ponsel Android Pertama Nokia Harga 1 Jutaan

Nokia X menjadi ponsel Nokia pertama yang menggunakan sistem operasi Android. Nokia X ini pertama kali diperkenalkan pada bulan februari 2014 lalu. Dan tepat tanggal 12-13 April 2014 kemarin, penjualan perdana Nokia X dilakukan di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Barat yaitu di Central Park. Sebenarnya saat pertama peluncurannya Nokia X ini dibendrol seharga 1,6 juta, akan tetapi pada waktu penjualan perdana kemarin mereka membeli potongan harga 200 ribu untuk pembeli Nokia X sehingga pembeli cukup membayar 1,4 juta saja.

Nokia Android Pertama Nokia X

Saat ini juga saya lihat harga pasaran Nokia X ini 1,4 jutaan di Bhinneka. Nokia X ini memang masih tergolong HP Nokia keluaran baru, jelas, diperkenalkan Februari 2014 dan dijual secara umum di Indonesia April 2014. Belum banyak toko yang menjual Nokia X. Tapi jika anda beli secara online sudah ada beberapa toko online yang sudah menyediakan seperti Bhinneka.com, Erafone.com, Oke.com, Globalteleshop.com, Sentraponsel.com, dan Blibli.com. Tapi yang sudah saya temukan masih di Bhinneka.com. Di sana ada beberapa pilihan warna Nokia X ini. Ada warna Yellow, Black, Cyan, White, Bright Red, dan Bright Green. Harga HP Nokia X di Bhinneka juga relatif murah kok, Rp 1.399.000.

Kemudian untuk fitur dan spesifikasi Nokia X ini ada yang berbeda dengan ponsel ponsel Android pada umumnya. Nokia X menggunakan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean. Walau Nokia X bersistem operasi Android, akan tetapi di dalamnya tidak dibekali fitur Android Playstore. Selain Playstore, layanan Google yang tidak masuk di dalam ponsel ini adalah Google Maps. Sebagai ganti kedua layanan tersebut, Nokia telah membekali ponsel Nokia X ini dengan fasilitas Nokia Store dan Here Maps (peta khas Nokia). Akan tetapi memang untuk aplikasi Andorid di Nokia Store masih kalah banyak dengan yang ada di Google Playstore, akan tetapi Nokia berjanji akan selalu menambahkan aplikasi menarik ke dalam Nokia Store. Saat ini Nokia Store sudah memiliki ribuan aplikasi Android yang siap diunduh. Termasuk aplikasi populer seperti Path, Instagram, WhatsApp, Temple Run, Subway Surfer, Hay Day, Candy Crush dan Clash of Clans.

Anda yang suka hobi mendengarkan musik, Nokia X juga sudah dibekali aplikasi bernama Nokia MixRadio. Dengan aplikasi ini anda bebas mengunduh ataupun mendengarkan ribuan lagu secara gratis. Selain itu, dalam paket bundling pembelian Nokia X ini sudah dilengkapi beberapa aplikasi populer untuk Android, jadi anda tidak perlu susah susah mendownload aplikasi penting ini setelah membeli ponsel Nokia X. Beberapa aplikasi penting yang sudah dibenamkan di ponsel Nokia X ini antara lain BlackBerry Messenger (BBM), Twitter, Facebook, LINE, WeChat, dan aplikasi untuk melihat situs berita Kompas.com.

Untuk spesifikasi lain dari ponsel seharga 1,4 juta ini memang tidak terlalu mewah, karena memang ponsel ini ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah. Untuk prosesor Nokia X sudah dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon™ S4 Dual Core 1 GHz, dengan kapasitas RAM hanya 512 MB, memori internal 4 GB. Layar yang dipakai memiliki bentang 4 inci, warna TrueColor (24-bit/16 M) dengan resolusi 800×480 pixel. Kamera yang dipakai masih 3 MP tanpa lampu flash, tanpa kamera depan. Sudah mendukung dual SIM GSM tapi SIM yang dipakai adalah Micro SIM. Untuk ketahanan baterai sendiri Nokia X ini sudah menggunakan baterai dengan kapasitas 1500 mAh.

Demikian sedikit ulasan mengenai ponsel Nokia Android pertama, Nokia X. Mudah mudahan saya cepat mendapatkan ponsel ini untuk memberikan review lebih lanjut.

Artikel bermanfaat lainnya...

One Response

Leave a Reply