Kompensasi dari Smartfren Penggantian Kuota Internet 50%

Kabar baik datang dari Smartfren. Smartfren memberikan kompensasi atau ganti rugi atas gangguan Smartfren yang terjadi pada tanggal 23 Maret 2013 lalu yang berlangsung kurang lebih selama 4 hari, kalau di tempat saya sih 4 hari gangguan tapi ada juga pengguna Smartfren lain yang merasakan gangguan selama seminggu lebih. Smartfren akan memberikan kompensasi atau ganti rugi berupa penambahan kuota internet sebesar 50% saat anda melakukan pengisian ulang pulsa (bagi pengguna EVO) atau saat anda mendaftarkan paket Internet Smartfren Connex.

kompensasi Smartfren

Seperti yang anda ketahui bahwa beberapa hari lalu Smartfren sempat mengalami gangguan selama beberapa hari. Gangguan ini menimbulkan komplain dari pengguna Smartfren sehingga sampai-sampai menghebohkan dunia internet kemarin. Bahkan emosi pengguna sempat meledak dengan melontarkan cemoohan terhadap pihak Smartfren melalui beberapa media dan jejaring sosial. Yang saya perhatikan sih pada situs Facebook, Twitter, dan Kaskus menjadi tumpahan emosi para pengguna Smartfren. Pokoknya ramai deh di sana.

Bagaimana tidak emosi, selama beberapa hari pengguna Smartfren tidak bisa mengakses situs-situs luar seperti Facebook, Twitter dan lainnya. Sementara admin Facebook Smartfren enak saja update status yang tidak berguna sama sekali. Bukannya memberikan informasi atas gangguan yang terjadi tetapi malah update kuis yang tak berguna. Saya yakin admin Facebook menggunakan operator lain saat update status, jelas-jelas kan semua pengguna Smartfren tidak bisa buka situs Facebook. Atau mungkin dia pakai proxy kali ya.

Pengguna Smartfren juga semakin emosi ketika banyak yang bertanya kenapa mereka tidak bisa mengakses internet tetapi jawaban dari pihak Smartfren cuma itu-itu saja, biasalah, pasti jawabannya adalah sedang ada peningkatan kualitas jaringan atau sedang dalam proses optimalisasi jaringan, ini adalah alasan klasik yang sering dipakai Smartfren ketika jaringan mereka mengalami gangguan.

Smartfren sengaja menutup-nutupi apa yang sebenarnya terjadi, sehingga menimbulkan amarah para pengguna. Saking ricuhnya pengguna Smartfren di beberapa media sampai-sampai Menkominfo turun tangan langsung untuk menanyakan apa yang sebenarnya terjadi pada jaringan Smartfren. Nah, setelah Menkominfo turun tangan barulah pihak Smartfren mau mengakui dan memberikan jawaban sebenarnya. Pasti anda sudah tahu kan penyebab gangguan Smartfren selama beberapa hari kemarin. Menurut pengakuan pihak Smartfren sih jaringan kabel utama Smartfren yang berada di Sumatera yang menghubungkan ke Singapura dan ke Global mengalami putus jaringan diakibatkan oleh jangkar kapal. Entah benar atau tidak sebab putusnya jaringan Smartfren ini terjadi secara beruntun selama beberapa hari. Benar-benar musibah yang besar selama ini.

Berkat kejadian itu, sebagai gantinya atas gangguan internet Smartfren selama beberapa hari itu Smartfren sudah meminta maaf kepada semua pengguna dan memberikan kompensasi berupa penggantian bonus ekstra kuota internet sebesar 50% saat anda membeli paket internet Smartfren. Bonus ekstra ini akan diberikan selama periode 1 April sampai 30 April 2013. Jadi pengguna yang melakukan pendaftaran paket internet selama periode tersebut akan diberikan tambahan bonus sebesar 50%. Mekanismenya adalah sebagai berikut.

  1. Untuk Paket Unlimited, anda akan mendapatkan tambahan Kuota FUP sebesar 50% dari Kuota FUP Paket Utama yang dipilih. Jadi misal anda mendaftar Paket Neo Reguler berarti anda mendapatkan kuota FUP 2 GB, ditambah bonus 50% berarti anda mendapatkan 3 Gb selama 1 bulan
  2. Untuk Paket Volume Based juga begitu, anda akan mendapatkan tambahan Bonus volume sebesar 50% dari volume Paket Utama yang dipilih.
  3. Untuk Paket Connex  EVO, mendapatkan bonus volume sebesar 50% dari volume Paket Utama yang dipilih diberikan dengan masa aktif sesuai dengan paket yang dipilih.

Biar lebih jelas berikut adalah daftar penambahan bonus ekstra pada masing-masing Paket Internet Smartfren.

Tabel bonus paket volume based1

Tabel bonus paket EVO

Tabel bonus paket Unlimited

Tabel bonus paket Postpaid

Sumber: Smartfren

Mudah-mudahan dengan tabel di atas anda semakin jelas mengenai perhitungan ekstra bonus 50% yang diberikan oleh Smartfren. Bonus ekstra akan berlaku jika anda mulai mendaftarkan paket internet per 1 April – 30 April 2013. Soalnya ada pelanggan yang kemarin mendaftarkan paket tetapi dia tidak mendapatkan bonus ekstra 50%, berarti benar saja mulai berlaku 1 April. Paket Internet saya sendiri akan berakhir pada 7 April 2013 besok, jadi masih sempat menikmati bonus 50% nanti.

Semoga setelah semua kejadian ini kita semua bisa mengambil hikmahnya, terutama pihak Smartfren, yang sudah tahu bagaiman rasanya jika penggunanya melampiaskan amarahnya, sampai-sampai Bapak Mentri turun tangan, apa tidak malu tuh. Syukur-syukur nantinya ada perubahan tarif atau kuota paket Internet Smartfren (ngarep). Oke, ini sedikit informasi mengenai kompensasi ganti rugi dari pihak Smartfren, semoga bermanfaat bagi anda.

 

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

14 Komentar

  1. Smart B4B1 May 25, 2013
  2. Yazid Maulana August 26, 2013
  3. Yazid Maulana August 26, 2013

Tinggalkan Komentar Anda