Menggunakan Bonus Internet 500 MB Smartfren Setelah Pengisian Pulsa Minimal 50 Ribu

Banyak keuntungan atau bonus yang diberikan oleh Smartfren jika kita membeli modem baru (Smart data bundling). Misalnya saja dengan membeli modem Smartfren paling tidak anda mendapatkan gratis internet selama 30 hari bahkan ada yang 60 hari gratis internetan. Ada juga potongan 50% jika anda membeli paket internet Smartfren Connex pada bulan ke-2 sampai bulan ke-4. Dan juga bonus kuota 500 MB gratis jika anda melakukan pengisian pulsa minimal 50 ribu. Bonus 500 MB ini hanya memiliki masa aktif selama 7 hari. Akan tetapi tahukah anda, apakah benar memang ada bonus 500 MB jika anda melakukan pengisian pulsa minimal 50 ribu?

Nah di sini saya akan sedikit membahas masalah bonus gratis 500 MB saat pengisian pulsa minimal 50 ribu berlaku untuk 7 hari. Sebenarnya memang ada bonus 500 MB jika kita melakukan isi ulang pulsa 50 ribu. Bonus ini juga cukup lumayan karena memberikan kecepatan download up to 3,1 Mbps dan kecepatan upload 1,8 Mbps.

Apakah benar saya sudah membuktikannya? Sebenarnya saat isi ulang pertama kartu Smartfren saya kemarin-kemarin saya tidak menggunakan bonus 500 MB tersebut akan tetapi langsung mendaftar paket internet Smartfren Connex 6 GB seharga 100 ribu. Loh, kenapa tidak dipakai, sayang banget tuh bonus 500 MB tidak dipakai? Tapi saya lebih sayang kalo dapat bonus 500 MB tapi pulsa 100 ribu hilang entah ke mana. Kok bisa?

Nah, kemarin sebelum saya melakukan isi ulang pulsa, saya penasaran juga sama bonus 500 MB tersebut, apakah benar memang ada atau hanya bohongan. Saya sempat mencari tahu lewat forum-forum dan blog. Ternyata dari mereka yang menggunakan bonus 500 MB banyak yang mengeluh karena tidak akuratnya perhitungan kuota 500 MB oleh pihak Smartfren, artinya pihak Smartfren korupsi terhadap bonus 500 MB, sebenarnya mereka (Smartfren) tidak memberikan 500 MB melainkan kurang dari itu. Kenapa bisa begitu? Karena dari laporan pengguna Smartfren yang menggunakan bonus 500 MB, mereka merasa belum menghabiskan kuota 500 MB tetapi sudah habis duluan, karena mereka hanya browsing-browsing saja dan tidak melakukan download file apa pun, masa bisa secepat itu habis.

Kalau dipikir-pikir sih 500 MB lumayan besar kan, benar juga sih kalau cuma browsing-browsing dalam sehari tidak mungkin habis. Nah dengan habisnya kuota 500 MB ini akibatnya apa? Yah, jika mereka masih internetan tapi tidak tahu kalau bonus 500 MB telah habis ya otomatis pulsa reguler lah yang kesedot. Tidak heran jika pengguna yang menggunakan bonus 500 MB tanpa sadar pulsa regulernya juga ikut habis. Padahal setahu mereka, mereka masih menggunakan bonus 500 MB. Hal ini memang sangat mengesalkan, pikirnya mau menggunakan bonus 500 MB tapi pulsa malah habis.

Dari pengalaman pengguna Smartfren yang memanfaatkan bonus 500 MB yang cepat sekali habis itu sebenarnya saya juga mengalaminya kemarin, tapi bukan yang bonus 500 MB.

Seperti yang saya jelaskan di atas, setelah saya melakukan pengisian ulang pulsa sebesar 100 ribu, saya langsung mendaftarkan paket internet 100 ribu yang dapat kuota 6 GB dengan kecepatan up to 3,1 Mbps. Saya berharap dengan membeli paket Volume Based saya bisa mendapatkan kecepatan internet yang lumayan, karena memang saya benci lelet (walau kenyataannya tidak secepat yang diiklankan). Benar juga sih kalau dibilang Smartfren korupsi dalam hal kuota internet. Saya pikir 6 GBG cukup untuk 1 bulan, tapi kenyataannya lain, masa baru dipakai 2 hari kuota saya sudah habis 2 GB, padahal saya tidak melakukan download file-file besar, hanya browsing dan sesekali buka Youtube.

Saya juga heran, kenapa bisa secepat itu kuota habis 2 GB dalam 2 hari. Saya yakin begitu pula dengan pengguna smartfren lain, tidak mungkin secepat itu kuota bisa habis, yakin seyakin-yakinnya, tidak secepat itu habis. Seperti apa ya perhitungan Smartfren ini, apakah memang dikorupsi kali ya?

Nah dari pengalaman saya dan pengguna Smartfren lain, saya hanya sedikit berpesan. Jika anda menggunakan paket internet Smartfren berupa kuota internet, entah itu bonus internet 500 MB atau paket Volume Based, sering-seringlah anda pantau penggunaan kuota anda karena sepertinya Smartfren ngawur dalam melakukan perhitungan kuota, cepat habis. Jangan mengecek pemakain kuota anda melalui websitenya tapi cek melalui *995 karena menurut informasinya di website Smartfren kurang up to date dalam pelaporan. Jadi sering-seringlah cek bonus anda melalui panggilan *995. Lihat juga cara cek pulsa Smartfren.

Dan satu yang jelek pada sistem Smartfren ini, jika kuota internet telah habis Smartfren tidak otomatis melakukan pemutusan hubungan internet (diconnect), jadi dilanjutkan dengan menyedot pulsa reguler. Kuota cepat habis, pulsa reguler kesedot pula, habis deh. Makanya untuk antisipasi agar pulsa anda tidak dikorupsi Smartfren (hilang tanpa bekas) sebaiknya anda tidak usah menggunakan bonus 500 MB tersebut, sayang kalau cuma demi 500 MB tapi 50 ribu amblas, ini cuma saran saya sih. Jika anda masih tetap ingin menggunakan bonus 500 MB ya seperti yang saya katakan di atas, sering-sering lah cek bonus kuota anda di *995 jangan di website Smartfren.

Image credit by Smartfren.com

Artikel bermanfaat lainnya...

57 Comments

  1. Ronaldo
  2. zaki
  3. Mavika VickMavick
  4. Maya
  5. arzack
  6. moke
  7. Joe

Leave a Reply