ROM Distributor Xiaomi Kelebihan dan Kekurangannya Serta Cara Mengetahuinya

Bagi pengguna baru smartphone Xiaomi saat ini mungkin kalian masih asing dengan yang namanya ROM distributor. Yak, ROM distributor Xiaomi mulai populer di Indonesia sejak Xiaomi tidak lagi melakukan penjualan smartphone mereka secara resmi di Indonesia karena masalah aturan TKDN. Lantas selama ini ponsel ponsel Xiaomi yang banyak dijual di pasaran itu tidak resmi? Jawabannya bisa dikatakan begitu. Smartphone Xiaomi yang saat ini beredar/ dijual di Indonesia kebanyakan melalui distributor tertentu yang memang sudah sering mengimpor produk produk elektronik seperti Smartphone. Itulah yang nantinya akan memunculkan ponsel Xiaomi bergaransi distributor.

Jadi untuk garansi ponsel Xiaomi itu juga ada 2 macam, ada garansi resmi, dan ada garansi distributor. Tapi garansi distributor menjadi sangat populer semenjak Xiaomi tidak menjual smartphone mereka secara resmi di Indonesia. Namun di sini saya tidak akan membahas masalah garansi distributor maupun garansi resmi. Tapi masalah ROM yang dipakai oleh smartphone Xiaomi bergaransi distributor. Banyak yang mengatakan ROM yang dipakai pada Xiaomi garansi distributor itu adalah ROM distributor atau biasa disebut juga ROM abal abal. Apa itu ROM distributor/ ROM abal abal? Yaitu ROM yang dipakai pada smartphone Xiaomi yang sudah dioprek atau dimodifikasi dalamannya. Misal sudah ditambah multi bahasa termasuk Bahasa Indonesia, sudah ditambah Google Playstore, sudah tidak ada aplikasi bloatware, dan lainnya.

Namun, ini namun ya, tidak semua ponsel Xiaomi garansi distributor menggunakan ROM abal abal, ada yang sudah menggunakan ROM official (ROM asli) dari Xiaomi. ROM distributor biasanya dimasukkan pada ponsel ponsel Xiaomi tertentu yang baru ada ROM China-nya, belum ada/ keluar ROM Global-nya. ROM Global itu adalah ROM official Xiaomi yang sudah mendukung multi bahasa termasuk Bahasa Indonesia dan sudah ada Google Playstore di dalamnya. Sedangkan ROM China itu hanya ada Bahasa China dan English (belum multi language) dan belum ada Google Playstore. Nah untuk device Xiaomi yang hanya ada ROM China saja, biasanya oleh distributor di China sana (yang mungkin pengertian) sudah dimodifikasi sedikit. Artinya, misal pada ponsel Xiaomi Redmi 4 Prime, kan saat ini belum ada ROM Global, nah oleh distributor sana ROM nya diinjek dengan memasukkan multi bahasa dan Google Playstore, kemudian baru dijual ke Indonesia dan beberapa negara lain. Ketika itu ponsel sudah sampai di Indonesia maka bisa dikatakan ponsel Xiaomi tersebut menggunakan ROM distributor atau ROM abal abal.

Lantas bagaimana caranya bisa tahu ROM yang dipakai di ponsel Xiaomi itu ROM distributor (ROM abal abal) atau ROM resmi Xiaomi?

1. ROM distributor itu biasanya dimasukkan pada ROM China kemudian pada versi MIUI nya diganti MIUI Global Stable (MIUI Global Stabil). Biar banyak pengguna yang mengira mereka sudah memakai ROM Global Stable, padahal sebenarnya itu adalah ROM China yang dioprek diganti ROM Global Stabil.

Jadi untuk bisa tahu ponsel anda sudah ada ROM Global resmi apa belum, caranya kunjungi saja halaman download ROM MIUI di sini >> http://en.miui.com/download.html, pilih tipe ponsel anda, dan lihat apakah sudah tersedia ROM Global apa belum. Misal pada Redmi 4 Prime, di sana belum ada ROM Global, yang ada hanya ROM China.

ROM China Xiaomi Redmi 4 Prime

Sekarang cek pada versi MIUI device anda, misal Redmi 4 Prime. Caranya masuk ke menu Settings >> About phone, jika versi MIUI tertulis Global Stable maka bisa dipastikan ROM yang dipakai adalah ROM distributor.

Berbeda dengan, misal pada ponsel Xiaomi Mi4i, kalau Mi4i di sana sudah ada ROM Global.

ROM Global Xiaomi Mi4i

2. Cara lain untuk mengetahui ponsel Xiaomi anda menggunakan ROM distributor atau tidak yaitu dengan mengecek updater. ROM dsitributor itu selamanya tidak akan mendapatkan update walau ada update terbaru dari official MIUI. Misal saat ini anda masih menggunakan MIUI versi 7 (misal saja MIUI 7.5.1.0) sedangkan saat ini versi MIUI sudah sampai MIUI 8. Coba anda masuk ke menu Tools >> Updater, kalau ponsel anda terhubung ke internet maka akan mengecek apakah ada update terbaru. Kalau anda menggunakan ROM distributor maka tidak akan mendapatkan update.

Misal ini pada device Xiaomi Mi4i yang menggunakan ROM Global Stable (ROM resmi). Dicek versi MIUI nya adalah MIUI 8.0.1.0.

ROM Resmi Xiaomi Mi4i

Kemudian saya cek di halaman download ROM MIUI Xiaomi Mi4i >> http://en.miui.com/download-263.html. Di sana akan terlihat versi terbaru dari ROM Global Stable adalah versi 8.0.2.0

ROM versi terbaru Xiaomi Mi4i

Maka ketika saya masuk ke menu Tools >> Updater, pada ponsel seharusnya akan ada pemberitahuan update terbaru. Jika tidak ada update bisa dipastikan ponsel saya menggunakan ROM distributor alias ROM abal abal.

Muncul Pemberitahuan Update ROM Terbaru

3. Cara lain lagi untuk mengetahui ROM distributor yaitu dilihat pada versi MIUI nya. Versi MIUI standar dan resmi dari Xiaomi itu adalah 4 karekater di antara titik. Misal MIUI 8.0.2.0 untuk versi Stable ROM, sedangkan untuk versi Beta/ Developer ROM biasanya 3 karakter misal MIUI 6.12.1. Jika versi MIUI anda lebih dari 4 karakter misal MIUI 8.0.2.0.0, bisa dipastikan ROM anda adalah ROM abal abal.

Lantas setelah anda mengetahui bahwa ponsel Xiaomi anda ternyata menggunakan ROM distributor, apa yang harus dilakukan? Dari informasi yang saya dapat, beberapa pengguna ponsel Xiaomi yang menggunakan ROM distributor banyak yang mengeluhkan saat pemakaian, misal saja ngelag saat bermain game, beberapa aplikasi tidak bisa dibuka, dan ada yang lebih parah yaitu tiba tiba muncul banyak iklan di mana mana. Berarti ROM distributor yang dipakai tidak hanya diinjek dengan Bahasa Indonesia atau Google Playstore, bahkan sudah diinjek dengan malware yang akan menampilkan iklan. Ini yang harus diwaspadai.

Tapi ada juga beberapa pengguna ROM distributor yang merasa nyaman menggunakannya untuk kegiatan sehari hari. Tidak ada masalah apapun, bahkan beberapa ROM distributor itu lebih ringan/ smooth saat digunakan. Ini biasanya dibuktikan oleh pengguna yang sebelumnya menggunakan ROM distributor terus diflash ke ROM official dan ternyata ROM official lebih berat daripada ROM distributor saat digunakan.

Nah itu hanya beberapa pengalaman pengguna ponsel Xiaomi selama menggunakan ROM distributor. Jadi saran saya, ketika anda membeli smartphone Xiaomi dan ternyata menggunakan ROM distributor, silahkan anda gunakan beberapa hari, apakah baik baik saja atau malah mengganggu. Misal ternyata anda merasa tidak nyaman menggunakan ROM distributor, silahkan anda flashing ke ROM official menggunakan Mi Flash Tool lewat PC atau komputer. Jika anda tidak memiliki komputer, ya sudah, nikmati saja ROM distributor tersebut sampai anda bosan. Atau mungkin minta bantuan orang lain untuk flashing ROM.

Jadi melakukan flashing dari ROM distributor ke ROM resmi itu juga tidak wajib. Jika anda merasa nyaman di ROM distributor ya silahkan dilanjut, karena ROM distributor itu tidak semenakutkan yang anda kira. Sebab ada beberapa/ atau mungkin banyak pengguna ROM distributor yang merasa nyaman menggunakannya. Namun perlu diingat juga, walau anda merasa nyaman menggunakan ROM distributor, selamanya anda tidak akan mendapatkan update ROM versi terbaru dari MIUI. Update itu biasanya memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru. Jadi kalau ponsel anda tidak up to date maka anda tidak akan bisa menikmati fitur terbaru yang disediakan Xiaomi untuk penggunanya.

Itulah sekelumit tentang ROM distributor atau ROM abal abal pada device Xiaomi, maaf kalau terlalu panjang kali lebar ya. Pada intinya ROM distributor itu sebenarnya adalah ROM China yang ngaku ngaku sebagai ROM Global. Tapi memang yang jelas ada kelebihan dan kekurangan pada ROM distributor ini. Mungkin bisa dipersingkat, kelebihan ROM distributor yaitu sudah ada Bahasa Indonesia, sudah ada Google Playstore, sudah tidak ada aplikasi berbahasa China. Sedangkan kekurangannya yaitu beberapa sudah diinjek script iklan, kadang sering ngelag, dan tidak mendapatkan update ROM. Jadi silahkan tentukan sendiri apakah anda masih ingin menggunakan ROM distributor atau mau flash ke ROM official, terserah anda.

Tags: Apa Itu ROM Abal abal Xiaomi Apa Itu ROM Distributor Xiaomi Apakah Harus Flashing ROM Xiaomi Cara Mengetahui ROM Distributor Xiaomi Flashing ROM Distributor Xiaomi Kekurangan ROM Distributor Xiaomi Kelebihan ROM Distributor Xiaomi Perbedaan ROM Distributor Dengan ROM Resmi Xiaomi ROM Distributor Xiaomi Tidak Semenakutkan Yang Anda Kira ROM Xiaomi Tidak Mendapatkan Update Update ROM Distributor Xiaomi

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "ROM Distributor Xiaomi Kelebihan dan Kekurangannya Serta Cara Mengetahuinya"

  1. author

    Jono5 months agoReply

    gan mau tanya. di xiaomi sy adanya cuma keybord baidu dan sogou. kok yg sy baca2 punya org2 ada keyboard google y gan? mohon infonya gan.

    • author

      Blog Teknik IT (Author)5 months agoReply

      install aja sendiri google keyboard, klo udah ada google playstore tinggal cari di sana google keyboard

      • author

        tyas marina3 months agoReply

        Assalamualaikum.
        Min saya mau downgrade miui 8 ke 7,bagaimana yaa caranya?
        Mohon bantuannya min
        Terimakasih
        Walaikumsalam

  2. author

    Usman4 months agoReply

    Min hp ku xiomi 3s ada terus pembaruanx tpi kok gak bisa di update ke miu8,,,masalhx klo hp ku mulai ulang susah hidup,,munkin itu masalhx susah di updet,,,,
    Min gmna yah carax atasi bug pada saat mulai ulang?mohon solusix karn saya suka skali ini hp!!!😢😢😢😢😢

  3. author

    Muhammad Raynaldi Lubis4 months agoReply

    Assalamu’alaykum… Gan mohon sarannya. Ane punya Redmi 3s Rom distributor global stable 7.5.4.0.0 (malmide) Ram 2 gb, internal 16 gb, os marshmallow. Ga pernah ada update an nya. Barang beli d lazadun, baru 2 bulanan. Ane pengen flashing jadi miui 8, menurut agan baik nya ane flash ke global stable atau dev china? Trus apa kelemahan dan kelebihan dr keduanya? Apa bisa flashing pake tutorial agan yg redmi 3? Mohon bantuannya… Terimakasih

  4. author

    Rioman3 months agoReply

    Setelah upgrade ke miul 8 jaringan 4G nya hilang

  5. author

    Rioman3 months agoReply

    Gimana cara nya 4G kembali lagi

  6. author

    m huda2 months agoReply

    malam min, maaf newbe mau tanya
    hp ane xiaomi 4c rom cina setelah ane cek seperti yang mimin contohin di atas
    versi miui 8 6.12.22|beta dan ada pemberitahuan update ke 8 7.2.23, apa gk masalah jika ane updete min? makasih infonya

  7. author

    Anonimo1 week agoReply

    nice info

  8. author

    rony1 week agoReply

    Permisi min….4a saya versinya juga distributor…setelah saya cek di developer option…posisinya sudah unlock….apakah 4a saya sudah di unlock bootloadernya

Komentar di "ROM Distributor Xiaomi Kelebihan dan Kekurangannya Serta Cara Mengetahuinya" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan