Ini Dia Ponsel Nokia Yang Pernah Booming di Masa Kejayaannya

Di saat sedang cari cari informasi tentang ponsel Nokia terbaru, entah kenapa tiba tiba saja saya teringat akan masa kejayaan prusahaan ponsel terkemuka Nokia yang dulu di tahun 2002 sampai kalau tidak salah taun 2010 masih merajai ponsel dunia. Memang benar dulu Nokia menjadi vendor ponsel yang menguasai pasaran. Saya masih ingat waktu itu kurang lebih 40% pasaran ponsel dunia di pegang oleh merk Nokia, sedangkan sisanya dikuasai pesaingnya seperti Siemens, Motorola, Sony Erricson, Samsung, dan sebagian kecil berasal dari vendor ponsel yang belum ternama. Waktu itu vendor ponsel asal Korea Selatan, Samsung memang masih tenggelam namanya, tapi ternyata saat ini menjadi titik balik kesuksesan Samsung yang sudah mengalahkan Nokia.

Walaupun kini Nokia tidak sejaya dulu, namun ada kenangan tersendiri akan produk produknya yang dulu sempat booming. Dulu memang Nokia sering berinovasi, mengeluarkan ponsel dengan fitur yang beda dari ponsel lain, selalu baru, selalu fresh, selalu unik. Sempat juga saya menjadi pengguna setia ponsel Nokia mulai dari tahun 2005 sampai 2013. Tahun 2013 kemarin baru saja saya tertarik dengan Android, sehingga ponsel Nokia saya terlupakan. Terakhir kali saya pegang ponsel Nokia adalah Nokia 5730 yang bisa bertahan hingga 2 tahun lebih.

Memang waktu itu saya akui sendiri dan sudah saya coba sendiri, diantara merk ponsel hanya Nokia yang saya rasa bisa awet digunakan. Belum pernah saya klaim garansi ponsel Nokia gara gara rusak. Memang kerusakan ponsel Nokia yang saya pakai semuanya dikarenakan kesalahan penggunaan. Tapi bagi saya Nokia memang ponsel yang awet. Di saat ponsel China mulai bermunculan yang menawarkan harga murah pun saya tidak beralih dari Nokia. Mungkin anda yang sudah mengenal ponsel di tahun 2007 atau 2008 lah, pasti anda sempat tahu munculnya ponsel China dengan desain yang hampir mirip dengan Nokia. Waktu itu banyak sekali ponsel China yang meniru desain ponsel Nokia, hingga hampir mirip.

Nah, sambil bernostalgia lagi, saya kembali teringat beberapa produk ponsel Nokia yang dulu begitu unik, lain daripada yang lain, sempat booming, dan memiliki kesan tersendiri dari ponsel keluaran Nokia tersebut. Mungkin anda tahu beberapa ponsel Nokia berikut ini. Ponsel berikut adalah ponsel yang memiliki keunikan dan kesan yang sampai saat ini tidak bisa saya lupakan. Yuk, bernostalgia lagi.

1. Nokia 3650 dan Nokia 3660

Nokia 3650 dan Nokia 3660

Masih ingat dengan kedua ponsel Nokia di atas? Gambar di atas adalah ponsel Nokia 3650 sebelah kiri dan Nokia 3660 sebelah kanan. Antara Nokia 3650 dengan Nokia 3660 memiliki bentuk, ukuran, dan fitur yang sama, yang membedakan hanya pada bentuk keypadnya saja. Kalau tidak salah ponsel ini menjadi ponsel pertama Nokia yang menggunakan sistem operasi Symbian. Ukuran fisiknya memang cukup besar dan tebal dengan dimensi 130 x 57 x 26 mm dan berat 130 gram.

2. Nokia N Gage dan N Gage QD

Nokia N Gage QD

Gamer mana sih yang tidak tahu Nokia N Gage di tahun 2005 ke bawah? Mereka yang suka main game pasti sudah tahu ponsel Nokia satu ini. Ya, Nokia N Gage dan Nokia N Gage QD. Generasi pertama yang muncul adalah Nokia N Gage baru diteruskan generasi selanjutnya Nokia N Gage QD. Tapi dari segi desain menurut saya lebih mantap Nokia N Gage. Nokia N Gage ini menjadi ponsel game pertama yang diluncurkan Nokia tahun 2003. Hingga tahun 2009 pun masih banyak teman saya waktu itu yang menggunakan Nokia N Gage ini.

3. Nokia 7610

Nokia 7610

Anda tahu apa keistimewaan atau apa yang unik dari ponsel Nokia 7610? Bentuknya? Bukan.

Kalau anda lupa, satu keistimewaan dari Nokia 7610 adalah ponsel ini menjadi ponsel Nokia pertama yang menyematkan kamera dengan resolusi 1MP. Ponsel Nokia 7610 menjadi ponsel pertama yang menggunakan kamera Mega Pixel. Sebelumnya kamera pada ponsel ponsel Nokia masih CIF dan paling besar adalah VGA. Dan waktu itu sempat booming karena fitur kamera ini. Di samping itu desain yang unik mirip ketupat menjadikan Nokia 7610 ini banyak peminatnya.

4. Nokia 3250

Nokia 3250

Waw, bernostalgia lagi nih. Nokia 3250 ini merupakan ponsel musik pertama yang diluncurkan Nokia sehingga diberi nama Nokia 3250 Express Music. Saya hafal betul karena pernah memilikinya di tahun 2005. Kalau tidak salah dulu saya beli seharga 3,4 jutaan waktu masih hangat hangatnya diluncurkan. Nokia 3250 menjadi HP musik pertama yang kemudian ditiru teknologinya oleh pesaingnya Sony Ericsson dengan meluncurkan ponsel seri Walkman.

5. Nokia N70

Nokia N70

Kalau ponsel Nokia satu ini apa keistimewaannya? Jelas, Nokia N70 atau sebut saja N70 merupakan ponsel Nokia seri N pertama yang sekaligus memiliki fitur kamera depan. Ini berarti ponsel ini menjadi ponsel pertama Nokia yang mendukung video call. Kebetulan waktu itu memang jaringan 3G sudah mulai diluncurkan pertama kali oleh provider Telkomsel. Baru disusul provider lain, sehingga banyak sekali produk Nokia yang kemudian mendukung video call termasuk Nokia seri N lainnya N71, N72, N73. Tapi ingat, N70 ini menjadi ponsel pertama yang mendukung video call.

6. Nokia 9300 Communicator

Nokia 9300 Communicator

Ponsel Nokia 9300 menjadi ponsel communicator yang cukup terkenal waktu itu. Ponsel ini banyak disukai oleh para pebisnis dan pekerja kantor karena ponsel ini bisa menjadi komputer mini. Sebenarnya Nokia 9300 bukan menjadi ponsel communicator pertama, sebab sebelumnya sudah ada Nokia 9210 Communicator. Akan tetapi kepopuleran ponsel communicator baru terlihat sejak Nokia 9300 diluncurkan dengan fitur yang jauh lebih lengkap daripada Nokia 9210. Setelah kesuksesan Nokia 9300 tersebut juga Nokia menghadirkan kembali ponsel Nokia 9500 Communicator sebagai generasi penerus Nokia 9300. Bahkan di tahun 2014 ini saya kemarin sempat mendengar berita bahwa ponsel Nokia Communicator ini sedang diburu. Banyak yang mencari ponsel communicator jadul ini.

Mungkin hanya 6 ponsel Nokia di atas yang masih saya ingat memiliki kesan tersendiri karena keunikannya. Mungkin jika anda ada kenangan tersendiri dari ponsel Nokia yang pernah anda gunakan bisa berkomentar di bawah. Memang waktu itu Nokia masih sering berinovasi meluncurkan produk yang berbeda daripada yang lain, produk yang unik, produk yang tidak pernah bisa dibayangkan oleh pesaingnya. Apakah kejayaan Nokia akan terulang lagi di masa yang akan datang? Kita tunggu saja.

Tags: Nokia Yang Pernah Booming Ponsel Bagus Nokia Ponsel Nokia Jadul Ponsel Nokia Unik Ponsel Nokia Yang Berkesan Ponsel Nokia Yang Pernah Sukses

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Ini Dia Ponsel Nokia Yang Pernah Booming di Masa Kejayaannya"

Aplikasi Android Peta Offline Gratis Nokia HERE Maps
Di penghujung tahun 2014 ini, atau tepatnya
Inilah Penyebab Sebenarnya Baterai HP Menggelembung
Baterai HP menggelembung, ini merupakan masalah yang
Review HP Samsung Galaxy Ace 3 Kelebihan dan Kekurangan
Ponsel Samsung Galaxy Ace 3 ini sebenarnya
Game Flappy Bird Akan Hadir Lagi Agustus 2014 Mendatang
Pasti anda sudah pada tahu dengan game
  1. author

    Mitha Purnamasari1 year agoReply

    Akuu pengguna nokia n73 nich, hp yg memakai lensa carl-zeiss. Meski kamera cuma 3 MP, tapi itu teknologi yg tercanggih pada zaman nya. ^_^
    Uhmm.. Kyaknya akuu beli tahun 2006.
    Yach.. Skarang hp nokia udah gak produksi lg hp symbian yg hebat ituu.
    Tapi, salut deh dgn teknologi yg nokia punya.
    Horrayyy !!

  2. author

    Numz5 months agoReply

    jadi kangen hp Ngage QD waktu jaman kuliah dulu

1 2

Komentar di "Ini Dia Ponsel Nokia Yang Pernah Booming di Masa Kejayaannya" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan