Tips Sederhana & Mudah Untuk Mempercepat Kinerja Komputer Lama

Kinerja komputer yang melambat, inilah hal yang umum terjadi dikalangan pengguna komputer baik profesional maupun pengguna yang sekedar menggunakan komputer untuk bermain atau menulis. Bila hal ini terjadi kepada kita rasanya sangatlah menjengkelkan, kinerja komputer yang “lemot” seringkali menghambat produktivitas pekerjaan kita, walau hanya sekedar menyelesaikan tugas atau browsing di Internet. Solusi untuk hal ini bila Anda memiliki budget yang cukup adalah dengan beli komputer baru. Tapi membeli komputer baru bukanlah satu-satunya cara untuk kita meningkatkan produktivitas kegiatan komputasi kita.

komputer lambat

Lambatnya kinerja komputer tersebut dapat terjadi karena hal-hal teknis yang rumit dimana diperlukan perbaikan orang yang sudah ahli, tapi tidak ada salahnya bila beberapa hal sederhana juga kita perhatikan agar kita dapat setidaknya meminimalisir terjadinya kelambatan kinerja komputer lama kita sehingga maksimal seperti komputer baru, ada beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan sehari-hari tanpa memerlukan kemampuan teknik khusus tersebut, contohnya seperti yang akan kita ulas berikut ini.

1. Minimalkan Start-up Program

Tahukah Anda apa itu start up program? Strart up program adalah program atau aplikasi yang telah terinstall pada komputer kita yang sudah tersetting secara otomatis akan berjalan saat kita baru menghidupkan laptop/komputer, contohnya seperti Anti-virus, aplikasi add-on, atau widget dan masih banyak lagi, nah seiring waktu kita telah lama menggunakan komputer kita, terkadang dengan tidak sadar kita mendownload dan menginstall program dengan aturan otomatis berjalan saat start-up. Hal inilah yang kadang membuat komputer kita lambat dalam kondisi mati sampai siap dipakai. Lalu bagaimana cara mengatur start-up program tersebut? Seperti yang ditulis pada Opera Software: Pada Windows 8, klik Ctrl + Shift + Esc untuk membuka task manager, pilih tab startup dan non-aktifkan item apapun yang kamu tidak ingin mulai secara otomatis. Pengguna Mac bisa pergi ke System Preferences > Users & Groups/Accounts > Login Items untuk menghapus program.

2. Meminimalkan File Pada Desktop

File pada desktop yang menumpuk selain mengganggu pemandangan juga bisa sedikit berkonstribusi pada lambatnya kinerja komputer lama kita, sebaiknya Anda merapihkan file-file pada desktop Anda. Bila sudah terlalu banyak menumpuk, pilihlah file yang sudah tidak Anda gunakan lagi atau jarang Anda gunakan untuk kemudian di simpan didalam folder, sehingga selain terlihat rapih, desktop Anda tidak akan menghambat kinerja komputer.

3. Disk Defragment

Penyebab umum dari lambatnya kinerja komputer adalah file yang tidak beraturan dan berantakan, hal ini dapat Anda cegah dengan cara rutin melakukan Disk Defragmenter, caranya cukup mudah, hanya dengan mengetikkan kalimat “Disk Defragmenter” pada kolom search di menu start, dan Anda pun dapat memulai proses disk defragment. Perlu diingat disk defragmenter memerlukan waktu yang agak lama, jadi pastikan Anda tidak sedang dalam kegiatan apapun saat proses berlangsung.

4. Virus Scan

Anti-Virus adalah program yang wajib dimiliki bagi setiap komputer, karena virus dapat membuat berbagai hal buruk bagi komputer kita, termasuk menjadi lambatnya komputer. Program Antivirus biasanya memiliki fasilitas “virus scan”, manfaatkanlah fitur ini untuk tetap menjaga komputer kita dari virus sehingga kinerja komputer kita menjadi maksimal.

5. Disk Clean-up

Komputer menyimpan file-file yang sudah tidak kita perlukan lagi, singkatnya file ini disebut dengan “temporary file” atau file sementara, file ini tidak terlalu penting bagi kita gunakan. Dengan melakukan “Disk Clean Up”,  kita dapat menghapus file-file tersebut. caranya cukup sederhana, hanya dengan mengetikkan kalimat “Disk clen up” pada kolom search di menu start, dan Anda pun dapat memulai proses pembersihan komputer Anda dari file-file yang tidak diinginkan.

6. Menyimpan File Besar

Hindari menyimpan file-file besar dalam hardisk internel komputer anda. Komputer yang memorinya penuh umumnya memiliki kinerja yang lambat, jadi untuk file-file besar seperti film atau video sebaiknya Anda pindahkan pada sebuah penyimpanan lain diluar komputer Anda, seperti hard disk external atau USB. Sehingga komputer lama Anda dapat bernafas lebih lega seperti komputer baru.

Tags: Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat Kenapa Komputerku Menjadi Lambat Komputer Lama Jadi Lambat Konerja Komputer Lambat Penyebab Komputer Lambat Tips Mempercepat Kinerja Komputer

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Tips Sederhana & Mudah Untuk Mempercepat Kinerja Komputer Lama"

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD Dibandingkan HDD
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas
Cara Migrasi/ Cloning Sistem Operasi Windows Dari HDD ke SSD
Langkah selanjutnya setelah anda memasang/ install SSD
Modif Laptop Acer Aspire E5-552G: Pasang SSD + HDD Caddy
Seperti yang sudah saya rencanakan pada artikel
Ayo Bongkar Laptop Acer Aspire E5-552G AMD FX-8800P
Setelah satu bulan menggunakan laptop Acer Aspire
  1. author

    budi4 years agoReply

    thanks Bro,,,bermanfaat sekali
    saya sdh coba d lptop gue, hasilnya dahsyat

    thanks agai…selamat berkarya, dinantikan tulisan-tulisan selanjutnya.

  2. author

    Fijai4 years agoReply

    bro, kalau untuk minimalkan starup pada win XP gimana?

    thank’s

  3. author

    erjud4 years agoReply

    benar kang, nomer 6 itu yang paling terasa dilaptop saya …

  4. author

    Suga Sadewa4 years agoReply

    bguz bnget infonya…
    mkciz, ea…

  5. author

    Dede Kojon Anamal's3 years agoReply

    thank, s info nya broww…

Komentar di "Tips Sederhana & Mudah Untuk Mempercepat Kinerja Komputer Lama" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan