Modem Baru Speedy TP Link TD-W8151N Wireless N ADSL2 + Modem Router

Awal bulan Desember 2012 ini saya kembali pasang line Speedy untuk warnet dengan maksud untuk mencoba speed yang up to 3 Mbps. Menurut petugas Speedy nya sih kawasan saya sudah mendukung jaringan baru, jadi bisa untuk line up to 3 Mbps. Kalau line lama menurut mereka tidak bisa untuk speed 3 Mbps, bakalan putus-putus gitu. Jadi mumpung pasang baru ada harga promo jadi sekalian mencoba speed yang up to 3 Mbps. Dengan maksud ingin memberikan kecepatan yang maksimal bagi pengunjung warnet maka saya langsung pasang line Speedy up to 3 Mbps.

Kenapa saya menggunakan Speedy lagi? Padahal sebelumnya saya sudah kecewa dengan pelayanan teknisi Speedy. Nah, pada artikel saya tersebut juga telah saya singgung bahwa ISP Speedy adalah salah satu ISP yang menawarkan harga berlangganan yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan ISP lain dengan penawaran speed yang sama. Speedy memberikan harga promo di tahun pertama. Jadi menggunakan ISP Speedy ini sangat cocok bagi pengusaha warnet yang masih baru dengan modal yang “pas-pasan”. Bahkan di daerah saya juga ada warnet yang sudah bertahun-tahun berdiri tetapi masih setia dengan ISP Speedy. Mungkin karena perbandingan harga tadi kali ya.

Waktu pasang kemarin saya terkejut ketika teknisi Speedy mengeluarkan modem dari box, terlihat modem yang dikeluarkan berbeda dengan modem sebelumnya (waktu saya berlangganan line up to 2 Mbps). Modem yang sekarang terlihat lebih keren bentuknya, ini adalah penampakan modem Speedy tersebut.

Modem Speedy TP-Link TD-W8151N

Penasaran dengan modem baru tersebut, saya menanyakan pada teknisinya apakah ini modem keluaran Speedy yang terbaru. Ternyata jawabannya adalah bukan, ini modem sama saja dengan modem sebelumnya. Saya perhatikan box nya ternyata memang benar, modem ini adalah modem tipe TP-Link TD-W8151N, sama dengan tipe modem yang sebelumnya. Cuma model modem sebelumnya adalah berbentuk kotak biasa.

TP-Link TD-W8151N kotak biasa

Modem model lama belum ada tulisan Speedy, sedangkan yang model baru ini sudah ada tulisan Speedy, sama-sama modem TP-Link TD-W8151N Wireless N ADSL2 + Modem Router. Jadi selain sebagai modem sekaligus juga sebagai Wireless AP. Seperti biasa lah, bagi pelanggan Speedy yang berlangganan paket 2 Mbps dan 3 Mbps akan mendapatkan modem yang bisa untuk Wifi sekaligus.

Menurut situs resminya, modem TP-Link TD-W8151N ini memiliki fitur yang cukup lumayan dan tangguh juga, diantaranya:

  • Kecepatan tinggi DSL modem, 1-port NAT router dan N nirkabel jalur akses dalam satu perangkat menyediakan solusi ‘one-stop network solution’
  • Wireless N kecepatan hingga 150Mbps membuatnya sangat baik untuk bermain game online, panggilan Internet dan video streaming
  • Easy Setup Assistant mendukung kecepatan & kemudahan instalasi
  • Proteksi petir 4000V membantu perangkat Anda untuk menghindari kerusakan dari serangan petir
  • Fitur QoS untuk melancarkan streaming IPTV dan lag-free untuk bermain game online
  • SPI dan NAT firewall melindungi perangkat anda dari serangan potensial dari seluruh Internet
  • Enkripsi WPA-PSK/WPA2-PSK menyediakan jaringan pengguna dengan pertahanan aktif melawan ancaman keamanan
  • Memudahkan setup keamanan koneksi enkripsi WPA dengan menekan tombol QSS
  • Annex M memungkinkan untuk menggandakan data rate upstream
  • WDS wireless bridge menyediakan kelancaran dan memperluas jaringan wireless Anda
  • Auto-reconnect membuat pengguna dapat online tanpa batas

Selama hampir dua minggu menggunakan modem TP-Link TD-W8151N ini saya belum merasakan kendala apapun, alhamdulillah masih lancar-lancar saja. Demikian juga dengan speed yang ditawarkan 3 Mbps, selama ini sih belum mengalami over drop, masih di ambang batas wajar saja karena saya juga menyadari bahwa speed yang diberikan masih “up to” bukan dedicated 1:1. Mudah-mudahan saja ke depannya tidak terjadi masalah yang rumit dengan modem TP-Link TD-W8151N ini.

Di artikel berikutnya Insya Allah akan saya jelaskan cara/proses seting modem TP-link TD-W8151N ini ataupun cara reset nih modem. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. ryan | Reply
  2. yani | Reply
  3. Anonymous | Reply
  4. Share All Info | Reply
  5. Agus | Reply
  6. slamet riadi | Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *