Bisakah Menghilangkan Fitur Facebook Timeline?

Pada bulan September 2011 lalu saya sudah pernah menuliskan tentang cara menggunakan Facebook Timeline, termasuk cara menghilangkan fitur Timeline, cara mengaktifkan dan menon-aktifkan Facebook Timeline. Tapi itu dulu, saat itu fitur Timeline Facebook masih dalam tahap uji coba dan belum diterapkan ke semua pengguna Facebook. Jadi waktu itu tampilan profil Facebook masih tampilan lama. Tetapi saat itu anda bisa mencoba menikmati tampilan Timeline dengan bantuan aplikasi Facebook. Jadi ketika anda mengaktifkan aplikasi Facebook ini maka tampilan profil Facebook anda menjadi seperti Timeline, dan setelah anda menonaktifkan atau menghapus aplikasi Facebook maka tampilan profil Facebook anda kembali seperti semula.

Sekali lagi itu dulu, saat fitur Timeline Facebook masih dalam tahap uji coba. Sekarang bagaimana? Ya anda tahu sendiri kan, bulan Januari 2012 kemarin Facebook secara paksa telah memberlakukan fitur Timeline untuk semua pengguna Facebook, mau tidak mau pengguna Facebook harus menggunakan fitur Timeline pada profil Facebook mereka. Profil Facebook saya sendiri saat ini juga menggunakan fitur Timeline. Saya tidak tahu pastinya kapan fitur Timeline ini diterapkan pada profil Facebook saya, tapi kalau tidak salah akhir Desember 2011 lalu profil Facebook saya sudah berubah menjadi Timeline. Dan pada Januari 2012 saya diberikan informasi oleh Facebook bahwa fitur Timeline akan segera diterapkan untuk semua pengguna Facebook. Saya diberi kesempatan 7 hari untuk mengatur tampilan Timeline profil, bersih-bersih profil, apa saja yang perlu ditampilkan dan tidak perlu ditampilkan dalam profil saya.

Sebenarnya apa sih yang ditampilkan pada fitur Timeline Facebook ini? Secara umum fitur Timeline akan menampilkan history update status, foto, riwayat penambahan teman, riwayat pekerjaan, status hubungan dan informasi lain yang diposting user dan terekam di Facebook. Ini membuat apapun yang pernah pengguna lakukan di Facebook, tak hanya update status tetapi juga postingan foto, video dan aktivitas mereka dari tahun ke tahun akan muncul dalam satu layar. Dan yang bisa melihat semua itu cuma anda dan teman anda saja. Walaupun teman anda yang melihat tapi Timeline ini terkesan membocorkan privasi pengguna. Bisa saja kan anda pernah putus nyambung dengan pacar-pacar anda di Facebook yang selalu anda update dan teman-teman anda bisa melihat historynya, malu ya….

Dan dengan diberlakukannya atau dipaksakannya fitur Timeline untuk semua pengguna Facebook ini sebenarnya banyak memunculkan kontra dari para pengguna. Banyak para pengguna yang tidak ingin menggunakan fitur Timeline Facebook, tetapi apakah bisa menghilangkan fitur Timeline sedangkan Facebook sendiri sudah memberlakukan/mewajibkan penggunaan Timeline kepada seluruh pengguna Facebook. Fitur Timeline ini wajib anda gunakan, anda tidak bisa lari dari Timeline. Bahkan ke depan saja Facebook bakal menerapkan fitur Timeline untuk Halaman Fans Page Facebook.

Lantas sekarang ada pertanyaan, kenapa anda ingin menghilangkan fitur Timeline Facebook, kan fitur ini sudah wajib? Di sini saya mendapat 2 (dua) jawaban.

1. Alasan yang pertama karena anda merasa asing dengan tampilan baru Facebook menggunakan Timeline, sepertinya anda tidak suka dengan tampilan baru ini, terlihat memusingkan, sehingga anda berniat tidak ingin menggunakan fitur Timeline. Kalau alasan anda seperti ini sepertinya anda butuh waktu untuk penyesuaian dan adaptasi saja menggunakan fitur Timeline ini. Lama kelamaan anda juga akan terbiasa dengan fitur Timeline.

2. Alasan yang kedua karena anda tidak ingin privasi anda dibocorkan ke teman anda. Anda tidak ingin teman anda melihat history anda. Semua hal-hal yang pernah anda lakukan, rahasia-rahasia yang sebenarnya teman anda tidak perlu mengetahuinya, foto-foto dan video yang pernah anda upload yang sebenarnya ingin anda lupakan, dengan fitur Timeline ini teman anda jadi bisa mengetahuinya. Jadi intinya anda tidak ingin privasi anda dibocorkan oleh pihak Facebook. Alasan yang seperti inilah yang sebagian besar pengguna Facebook menolak fitur Timeline.

Oke, sekarang jika alasan anda adalah alasan yang pertama maka ini sangat mudah. Anda bisa menikmati tampilan profil anda seperti tampilan lama sebelum ada fitur Timeline. Cara ini hanya sedikit memanipulasi browser yang anda gunakan. Bahkan jika anda saat ini menggunakan browser Internet Explorer 7, maka anda tidak akan pernah mendapati fitur Timeline Facebook, karena fitur Timeline hanya bisa dinikmati oleh pengguna browser Internet Explorer 8 ke atas, dan juga browser lainnya selain IE 7.

Jika sekarang anda menggunakan browser Firefox, Google Chrome atau Internet Explorer 8 ke atas maka anda bisa mendownload plugin atau ekstensi Timeline Remover untuk browser anda. Download plugin Timeline Remover di alamat http://www.timelineremove.com. Pilih plugin sesuai dengan browser anda atau plih saja lambang browser yang berkedip, ini menandakan browser yang anda gunakan sekarang. Setelah didownload kemudian instal plugin tersebut. Jangan lupa untuk restart browser anda untuk memastikan plugin sudah bekerja. Setelah ini coba anda kunjungi profil Fcebook anda maka yang anda dapati adalah tampilan profil Facebook tanpa fitur Timeline.

Sekarang anda bisa senang karena fitur Timeline sudah hilang pada profil Facebook anda. Tapi sekali lagi cara ini hanya memanipulasi browser anda saja. Artinya saat anda mengakses profil Facebook dengan browser yang menggunakan plugin Timeline Remover maka anda tidak akan mendapati tampilan Timeline. Tapi ketika anda mengakses profil Facebook menggunakan browser lain atau di komputer lain yang belum terinstal plugin ini, ya sama saja profil anda masih tetap menggunakan fitur Timeline. Intinya walaupun anda sudah mendapati tampilan Timeline sudah menghilang di profil Facebook, tetap saja teman anda masih bisa melihat history anda.

Itulah cara menghilangkan fitur Timeline Facebook jika anda menganggap fitur ini sangat mengganggu penglihatan. Tapi saya berharap itu bukan alasan anda, karena alasan yang seperti itu tidak ada bedanya dengan alasan anak-anak. Saya lebih berharap jika alasan anda menolak fitur Timeline adalah agar privasi anda tidak diketahui oleh teman-teman anda. Oke anda bisa menggunakan browser IE7 atau menggunakan plugin Timeline Remover, tapi sebenarnya itu tidak menyelesaikan masalah privasi anda. Tetap saja teman anda akan melihat fitur Timeline di profil Facebook anda. Jadi untuk saat ini jangan berharap untuk bisa menghilangkan fitur Timeline pada profil Facebook anda karena Timeline ini sudah diwajibkan untuk semua pengguna Facebook.

Tags: Cara Disable Timeline Facebook Cara Menghapus Fitur Timeline Facebook Cara Menghilangkan Fitur Timeline Facebook Disable Facebook Timeline Menghapus Facebook Timeline Menghapus Timeline Menghilangkan Facebook Timeline Menghilangkan Timeline

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Bisakah Menghilangkan Fitur Facebook Timeline?"

Aplikasi Chatting/ Messenger Terbaik Untuk Pengguna Android
Di jaman sekarang ini, chatting menjadi salah
  1. author

    bigi5 years agoReply

    Saya pernah menghapus aplikasi game di FB saya. Setelah saya install ulang, posting saya melalui game tsb tidak muncul di timeline, hanya terlihat di News feed aja. Padahal bila addon timeline remover (Chrome)saya aktifkan, semua posting tsb terlihat di wall saya. Apa yg hrs saya lakukan agar posting tsb bs muncul lg di timeline saya??
    Mohon bantuannya.. terima kasih

1 2

Komentar di "Bisakah Menghilangkan Fitur Facebook Timeline?" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan