Google Chrome Menjadi Browser Tercepat Saat Ini Menurut Hasil Tes Peacekeeper

Berbicara tentang browser lagi. Kemarin saya telah membahas Tampilan Sederhana Browser Mempercepat Loading Startup Browser. Pada artikel tersebut telah saya tunjukkan 5 Browser populer yang saya gunakan dengan tampilan yang sangat sederhana, minimalis dan tidak neko-neko yang memungkinkan loading startup browser dengan cepat. Lantas dari kelima browser tersebut (Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer dan Safari), sebenarnya browser mana yang paling cepat? Di sini kita akan bisa menentukan browser mana yang paling cepat di antara kelima browser tersebut dengan melakukan uji tes Benchmark.

Jika masing-masing orang disuruh menentukan antara browser Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer atau Safari mana yang lebih cepat, kemungkinan jawaban mereka akan berbeda-beda. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh selera, pengalaman selama menggunakan browser, kebiasaan atau juga karena kemudahan dalam menggunakan browser itu. Ibarat jika kita disuruh memilih Sistem Operasi mana yang paling bagus, kemungkinan jawaban sebagian besar adalah sistem operasi Windows karena kebiasaan dan kemudahan dalam pengoperasiannya.

Dan saya sendiri jika disuruh memilih dari kelima browser tersebut, saya lebih memilih browser Firefox sebagai browser yang tercepat (menurut saya). Mungkin ini dikarenakan kebiasaan dan kemudahan Firefox kali ya. Saya sendiri pun sudah mencoba berbagai macam browser, akan tetapi bagi saya Firefox lah yang tercepat. Saya hanya melihatnya hanya dari segi waktu yang dibutuhkan untuk membuka suatu halaman web, loading Firefox lebih cepat daripada browser lainnya.

Lantas bagaimana jika kecepatan masing-masing browser diukur menggunakan tool yang memang didesain untuk mengukur kecepatan browser, apakah benar browser pilihan anda adalah browser yang tercepat? Untuk itu mari kita lakukan sedikit uji coba.

Di sini saya akan menggunakan tool dari sebuah website yang memang dikhususkan untuk mengukur kecepatan performa browser, yaitu Peacekeeper, produk dari Futuremark. Baru-baru ini Futuremark telah merilis versi terbaru dari Peacekeeper. Dan di versi terbaru ini telah dibuat menggunakan standar HTML 5 terbaru. Di samping digunakan untuk mengukur performa browser PC, Peacekeeper juga bisa digunakan untuk mengukur browser bawaan Smartphone dan Tablet PC. Pokoknya segala sesuatu yang memanfaatkan koneksi internet baik PC maupun Mobile Phone.

Futuremark sendiri adalah website Benchmark yang paling netral, artinya mereka tidak terhubung dengan vendor browser mana pun sehingga pantas jika digunakan untuk uji performa dari kelima browser tersebut di atas. Jika anda mengunjungi website Peacekeeper maka di sana akan ditunjukkan bahwasanya browser Google Chrome adalah browser tercepat sejak 19 September 2011.

Apakah benar memang Google Chrome adalah browser yang paling tercepat saat ini? Mari kita buktikan.

Di sini saya akan melakukan uji coba Benchmark dari lima browser berbeda yaitu Firefox 8, Google Chrome 15, Opera 11.52, Internet Explorer 9 dan Safari 5.1.2. Kita lihat browser mana yang memiliki skor paling tinggi jika dilihat dari segi standar HTML5, maka browser tersebut bisa disebut sebagai browser tercepat dan memiliki performa yang paling tinggi. Dan setelah saya lakukan tes didapatlah hasil sebagai berikut.

Skor Browser Firefox 8

Skor Browser Google Chrome 15

Skor Browser Opera 11

Skor Browser Internet Explorer 9

Skor Browser Safari 5

Jika dilihat dari hasil Benchmark di atas memang terlihat skor browser Google Chrome adalah yang paling tinggi, ini berarti menunjukkan performa Google Chrome memang melebihi daripada browser lainnya. Ini dikarenakan saat saya melakukan pengujian hanya browser Google Chrome yang menjalankan semua tes dengan sempurna, tidak ada yang dilewatkan. Sedangkan browser lain seperti Firefox ada tes yang dilewati dikarenakan terdapat peringatan jika browser tersebut tidak memiliki fitur yang mendukung dengan tes yang dijalankan. Berarti memang browser Google Chrome memiliki standar HTML5 yang dibutuhkan.

Tapi walaupun demikian saya tetap memilih Firefox sebagai browser yang menurut saya paling cepat dalam mengakses halaman website. Firefox sendiri juga menjadi browser yang paling populer saat ini. Dari rekaman website Peacekeeper sendiri, 30% dari browser yang telah mengakses website mereka untuk uji tes adalah menggunakan browser Firefox. Ini menunjukkan bahwasanya masih banyak orang yang menggunakan browser Firefox dibandingkan browser lainnya.

Tags: Browser Terbaik Saat Ini Browser Tercepat Saat Ini Browser Tercepat Tahun 2011 Cara Melakukan Uji Kecepatan Browser Google Chrome Menjadi Browser Tercepat Saat ini Peacekeeper Benchmark Performa Browser Yang Paling Cepat Uji Performa Browser Menggunakan Peacekeeper

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Google Chrome Menjadi Browser Tercepat Saat Ini Menurut Hasil Tes Peacekeeper"

Cara Install Flash Player di Browser Android Jelly Bean
Kali ini saya ingin berbagi tips cara
Cara Setting Proxy Pada Browser Firefox, Google Chrome dan Internet Explorer
Berikut akan saya jelaskan cara memasukkan/ setting
  1. author

    Hacking5 years agoReply

    Hacking says : ” you result google is 1146, terkecil diantara yang lain”
    People says : ” yang benar la bro, gmana nya ngasi post”
    wkwkwkwkw

  2. author

    Blog Berita5 years agoReply

    Sampai saat ini masih pngguna setia google chrome utk browsing, dan utk donlot tetap menggunakan mozila,,,

    • author

      Thekrim5 years agoReply

      Sama mas, saya juga kalo internetan bukanya browser Firefox sama Chrome, udah 2 browser itu aja yang utama, cuma yang sering aktif browsing maupun download tetap pake Firefox.

  3. Blog Teknik IT Ganti Theme Baru5 years agoReply

    […] thrednya http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/147635. Kopi paste saja alamat tersebut di browser anda karena di sini gak boleh live link, wakakaka, ikut-ikutan […]

  4. author

    wisnu gundul4 years agoReply

    kebanyakan pada make firefox mas,
    tp ok info nya dan lam kenal yo

  5. author

    boy milano3 years agoReply

    Lebih cepat pakai browser palemoon, turunan firefox buatan mozilla.

  6. Bisakah Menghilangkan Fitur Facebook Timeline?3 years agoReply

    […] sekarang anda menggunakan browser Firefox, Google Chrome atau Internet Explorer 8 ke atas maka anda bisa mendownload plugin atau ekstensi Timeline Remover untuk browser anda. […]

  7. Cara Mengetahui Software Yang Kompatibel Dengan Windows 83 years agoReply

    […] beberapa software pada Windows 8 Consumer Preview seperti Photoscape, Firefox, ESET Smart Security, Google Chrome, Solid Capture, semua saya laporkan ke situs Compatibility Center. Beberapa game seperti Counter […]

  8. author

    sewa mobil murah bali3 years agoReply

    Hasil pencarian berbeda beda juga di masing masing search engine. Di satu search engine bisa muncul dihalaman pertama search engine yang lain di halaman berbeda. Apa memang begitu?

Komentar di "Google Chrome Menjadi Browser Tercepat Saat Ini Menurut Hasil Tes Peacekeeper" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan