Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Software QXDM dan QPST

Kali ini saya akan berbagi tentang cara menggunakan software QXDM dan QPST. Sebenarnya tutorial seperti ini sudah banyak beredar di blog-blog lain, tapi berhubung tidak dapat ide makanya cuma bisa memberikan tips yang sudah basi ini :D. Software QXDM dan QPST digunakan untuk mencari sinyal terbaik atau bisa juga untuk menentukan BTS terdekat. Biasanya sih QXDM dan QPST ini membantu kita saat ingin pointing antena eksternal misal antena Yagi, mengarahkan posisi antena eksternal pada posisi yang tepat sehingga bisa didapatkan sinyal yang bagus.

Beberapa bulan yang lalu saya telah menjelaskan tentang uji coba memasang antena eksternal yagi pada modem Smartfren EC1261-2. Waktu itu belum menggunakan software QXDM dan QPST, tapi masih manual, maklum dulu belum mengerti tentang software ini. Sekarang saya akan mencoba berbagi tutorial penggunaan software QXDM dan QPST.

Oh ya, sebelumnya software QXDM dan QPST ini hanya mendukung modem yang ber-chipset Qualcomm. Untuk modem produk Huawei dan Pantech sudah ber-chipset Qualcomm, untuk modem yang lain belum tahu juga. Di sini saya menggunakan modem EC306-2 sebagai bahan percobaan, langsung saja ke praktek.

1. Download dulu software QXDM dan QPST di sini. Jika anda sudah punya tidak perlu mendownload lagi.

2. Instal terlebih dahulu software QPST kemudian baru instal QXDM.

3. Matikan koneksi internet, buka Device Manager Komputer kemudian catat port yang digunakan oleh modem. Di komputer saya ada 2 port yang digunakan modem EC306-2 tapi saya memilih port pertama yaitu COM3. Catat ya, modem pada COM3. Untuk komputer anda mungkin berbeda port modem, sesuaikan saja.

4. Keluar dari aplikasi modem (UI) agar saat menjalankan QPST tidak berebut port. Jalankan software QPST Configuration. Klik pada Port kemudian klik Add new port

5. Hilangkan tanda centang pada Show serial and USB….. untuk melihat semua port. Pilih COM port yang digunakan pada modem anda. Lihat lagi langkah 3 di atas, saya memilih COM3, pilih satu saja ya.

6. Sekarang buka QXDM Professional. Klik pada Options >> Communications

7. Pada Target Port pilih port modem anda misal tadi COM3, untuk GPS server port biarkan Disconnect. Kemudian klik OK

8. Sekarang buka aplikasi modem (UI modem) dan hubungkan ke internet

9. Kembali ke QXDM, yang perlu diperhatikan di sini ada 2 item. HDR Power dan HDR Pilot Sets. Pada menu View pilih HDR Power kemudian pilih lagi HDR Pilot Sets

Bagaimana cara membaca software QXDM ini?

1. Lihat pada jendela HDR Pilot Sets

Perhatikan pada Active set dan pada Pilot Energy, semakin Pilot Energy mendekati 0 (nol) berarti semakin baik dan usahakan pada Active set ini yang terdeteksi satu sektor saja, terkadang ada sampai terdeteksi dua Pilot PN. Jika Pilot PN terdeteksi dua berarti anda harus memutar antena anda hingga mendapatkan stabil di satu sektor kemudian cari Pilot Energy paling kecil (yang mendekati nol), saya mendapatkan -1 berarti cukup bagus soalnya mendapatkan -0 sangat susah apalagi jika padat pengguna.

2. Lihat pada jendela HDR Power

Untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang anda dapatkan, klik kanan di dalam graph kemudian pilih Cursor

Maka di sebelah kanan akan ditampilkan kekuatan sinyal, lihat pada RX Antenna 0 dan RX Antenna 1

Di sini saya hanya mendapatkan sinyal -78 dbm. Semakin mendekati nol berarti sinyal semakin baik, semakin mendekati -100 berarti semakin buruk sinyal. Jika rumah anda tetanggaan atau malah di bawah BTS mungkin bisa mendapatkan -40. Saya mendapatkan -78 berarti jarak rumah saya ke BTS kurang lebih 2 Km.

Oke sekian dulu share saya tentang penggunaan software QXDM dan QPST, terutama jika anda ingin melakukan pointing antena eksternal, software QXDM dan QPST ini akan sangat membantu. Mungkin masih banyak kegunaan QXDM dan QPST ini, tapi akan saya share di lain waktu saja ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

98 Comments
  1. August 20, 2014 | Reply
  2. dally
    September 10, 2014 | Reply
  3. Abednego Ansel Ringgo
    September 21, 2014 | Reply
  4. dawan
    October 18, 2014 | Reply

Berkomentarlah sesuai isi artikel! Please, do not spam!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *