Cara Mengetahui Status Bonus Internet atau Sisa Kuota Paket Internet Smartfren

Lucu juga ya kalau sudah lama menggunakan modem Smartfren tapi belum tahu cara mengetahui/cek status bonus internet atau pun sisa kuota paket internet yang telah digunakan. Makanya kali ini saya akan berbagi cara mengetahui sisa bonus internet atau sisa kuota paket internet yang sudah anda gunakan. Di samping untuk mengetahui sisa bonus/kuota internet anda juga akan mengetahui kapan masa aktif bonus internet/paket internet anda akan habis. Ini sangat wajib anda ketahui, terutama jika kartu Smartfren anda masih berisi pulsa yang cukup lumayan, agar nantinya tidak tersedot secara misterius oleh pihak Smartfren apabila masa aktif paket internet anda telah habis.

Jika anda sebelumnya telah berlangganan paket internet Smartfren Connex, baik itu yang True Unlimited maupun Volume Based, anda harus mengetahui kapan status berlangganan paket internet anda akan berakhir. Atau jika anda telah berlangganan paket internet Volume Based maka anda harus sering-sering cek sisa kuota paket anda. Terlambat 1 detik atau 1 menit, jika status berlangganan paket internet anda telah habis waktu atau habis kuota maka jangan salahkan jika pulsa reguler anda yang akan tersedot untuk biaya internetan. Itu kalo kartu anda masih ada sisa pulsa loh ya, tapi kalau sisa pulsa anda nol rupiah ya tenang-tenang saja lah.

Untuk pengguna baru Smartfren (pengguna baru modem Smartfren) pastinya anda akan mendapatkan bonus gratis internet selama satu bulan, ada juga yang dua bulan. Bonus internet yang anda dapatkan ini sebenarnya unlimited (tapi tetap pakai FUP harian) sebenarnya anda tidak perlu mengetahui sisa kuota/sisa bonus modem anda. Ataupun jika anda yang sebelumnya telah berlangganan paket internet True Unlimited. Untuk yang ini anda hanya perlu mengetahui kapan status berlangganan anda akan berakhir. Unlimited gan, jadi tidak perlu khawatir.

Tapi bagi anda yang sebelumnya telah berlangganan paket internet Volume Based, pengecekan rutin sisa kuota anda wajib dilakukan. Sebab ada beberapa pengguna yang mengalami hal buruk saat berlangganan paket Volume Based, yaitu ketika dia mengisi pulsa 100 ribu kemudian mendaftar paket Volume Based 2 GB per bulan seharga 50 ribu. Nah, kan masih ada sisa pulsa tuh 50 ribu. Setelah dipakai untuk internetan ternyata kuota 2 GB tersebut cepat habisnya tapi dia tidak mengetahuinya dan emang jarang melakukan cek sisa kuota paket. Lantas apa yang terjadi? Saat kuota telah habis dan dia masih terhubung ke internet maka sisa pulsa 50 ribu itulah yang akan tersedot. Padahal pulsa 50 ribu kalau dipakai internetan dengan tarif reguler akan habis dalam beberapa jam saja. Nah, amblas deh pulsa 50 ribu, komplain lah ke CS Smartfren.

Jadi saya harap anda tidak mengulangi kesalahan yang seperti itu. Jika anda berlangganan paket Volume Based anda harus rutin untuk cek sisa kuota paket anda.

Untuk mengetahui status bonus internet atau sisa kuota paket internet anda, di sini saya menemukan ada 3 cara yang bisa anda lakukan. Yang pertama dengan melakukan panggilan telepon, yang kedua dengan mengirim SMS, dan yang ketiga dengan cara cek di website Smartfren.

1. Cek status bonus internet /sisa kuota paket internet melalui fitur panggilan

Beberapa modem Smartfren menyediakan fitur panggilan telepon langsung dari UI Smartfren. Untuk mengecek sisa kuota/bonus internet anda caranya adalah dengan masuk ke menu panggil/dialer kemudian lakukan panggilan ke nomor *995 kemudian tekan panggil, maka anda akan menerima SMS balasan yang berisi status berlangganan paket internet anda.

2. Cek status bonus internet /sisa kuota paket internet melalui fitur SMS

Beberapa tipe modem Smartfren juga ada yang tidak menyertakan fitur panggilan pada UI, jadi hanya ada fitur SMS saja. Tapi walupun begitu anda masih tetap bisa cek bonus internet/sisa kuota paket dengan mengirim SMS. Caranya adalah masuk ke menu Teks (Text), buat SMS baru dengan format: Cek, kemudian kirim ke 995. Maka anda akan menerima SMS balasan yang berisi status berlangganan paket internet anda.

Note: untuk cara 1 dan 2 modem anda harus dalam kondisi terputus dari koneksi internet dan berada pada mode jaringan 1x only atau mode Hybrid, tutorialnya ada di sini.

3. Cek status bonus internet /sisa kuota paket internet melalui website Smartfren

Kata kebanyakan orang sih, cek status berlangganan paket internet melalui website Smartfren ini seringnya tidak up to date, jadi misal di website Smartfren sisa kuota masih 1 GB padahal sebenarnya masih 500 MB, jadi rawan juga sih kalau cek lewat website Smartfren, itu katanya sih. Tapi untuk lebih amannya ya di samping cek lewat website juga cek lewat SMS/panggilan telepon. Cara ini biasanya terjadi pada anda yang malas mau mendiskonek/memutuskan internet karena mungkin sedang asik download atau biasanya dipakai jika anda tidak bisa melakukan panggilan telepon ataupun SMS. Nah, ini biasa terjadi pada pengguna Linux, kan kalau menggunakan modem Smartfren di Linux tidak disediakan UI sendiri.

Untuk cara cek status bonus internet /sisa kuota paket internet melalui website Smartfren ini ada beberapa tahapan.

– Kunjungi link http://data.smartfren.com/

– Jika sebelumnya anda sudah melakukan registrasi kartu lewat website Smartfren pastinya anda sudah diberi username dan password untuk login, nah masukkan username (nomor Smartfren tanpa diawali nol) dan password anda untuk login.

– Tapi jika anda sebelumnya belum pernah mendaftar di website smartfren klik saja Request Password. Kemudian isikan data yang diperlukan seperti nomor Smartfren (tanpa diawali nol), security code, untuk Password send mode pilih saja Via SMS, tapi pastikan modem berapa pada mode 1x only atau mode Hybrid. Kemudian klik Send Password.

– Tunggu sampai ada SMS masuk yang berisi password untuk login ke website Smartfren

– Jika sudah dikirim password kembali login menggunakan nomor Smartfren dan password anda

– Pada halaman awal pilih pada menu User Info. Di menu ini akan ditampilkan beberapa informasi termasuk masa aktif kartu, sisa pulsa, tipe paket yang anda gunakan, masa aktif paket internet, dan sisa kuota jika anda berlangganan paket Volume Based

– Seperti terlihat pada gambar di atas, sisa kuota paket internet Volume Based saya masih 199.201 KB atau 199 MB. Sering-seringlah anda melakukan cek kuota anda. Oh ya, jangan lupa untuk segera mengganti password yang anda dapatkan tadi agar nantinya tidak lupa.

Oke, demikian informasi dari saya mengenai Cara Mengetahui Status Bonus Internet atau Sisa Kuota Paket Internet Smartfren menggunakan 3 cara yang saya sebutkan di atas. Semoga membantu.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

64 Responses to “Cara Mengetahui Status Bonus Internet atau Sisa Kuota Paket Internet Smartfren”
  1. najwa
  2. tour senggigi lombok
  3. batucincin
  4. Paket Internet Murah
  5. CARI PAKET MURAH
  6. Istana Balon
  7. paket internet simpati
  8. Uptodit.com

Leave a Reply