Kartu Bawaan Modem Smartfren Tidak Bisa Dipakai Untuk Modem Lain

Artikel ini saya tulis karena terinspirasi oleh komentar agan Rofiq di cara mengganti kartu modem Smartfren EC1261-2. Dia mengatakan kalau baru beli modem baru akan tetapi setelah digunakan ternyata koneksi internet malah lemot dan putus-putus. Padahal dengan modem yang lain sama-sama kartu Smartfren koneksinya lancar-lancar saja. Niatanya ingin memindah kartu bawaan modem Smartfren ke modem lain, tapi ternyata kartunya tidak bisa dipakai untuk modem lain. Kenapa bisa begini, padahal modem Smartfren EC1261-2 kan Unlock?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa modem Smartfren EC1261-2 adalah modem unlock, artinya modem ini bisa diganti kartu dengan provider lain. Ada modem Unlock ada juga modem lock. Modem lock artinya modem ini tidak bisa diganti kartu selain provider Smartfren. Jadi memang modem lock sudah dikontrak mati oleh pihak Smartfren, contohnya modem Smartfren AC682.

Akhir-akhir ini Smartfren memang aneh-aneh saja. Di samping mereka meluncurkan modem lock dan unlock, juga meluncurkan kartu Smartfren lock dan unlock. Kartu lock artinya kartu Smartfren yang sudah dibundling dengan modem bawaan dan tidak bisa dipakai untuk modem lain, jadi hanya bisa digunakan pada modem bawaan saja, walaupun sama-sama modem Smartfren dengan tipe yang sama. Misal kartu bawaan modem Smartfren EC1261-2 punya teman saya tidak akan bisa dipakai di modem Smartfren EC1261-2 saya. Mungkin kartu lock ini sudah dipaketkan dengan IMEI modem kali ya.

Sedangkan kartu unlock berarti anda sudah tahu sendiri kan, kebalikannya, ya kartu Smartfren yang sudah dibundling dengan modem bawaan akan tetapi kartu ini bisa dipakai untuk modem lain, modem Smartfren yang lain atau pun modem selain modem Smartfren.

Saya lihat modem-modem baru keluaran Smartfren sekarang dibundling dengan kartu lock, jadi tidak bisa digunakan pada modem lain. Ini hanya akal-akalan Smartfren saja sih untuk meraup lebih banyak keuntungan, dan agar banyak yang menggunakan modem milik mereka. Tapi jika pelayanan mereka masih saja mengecewakan ya tetap saja nantinya banyak pengguna yang berpindah ke provider lain.

Nah, ciri-ciri kartu Smartfren yang lock dan unlock menurut informasi yang saya dapat adalah bahwa kartu lock biasanya yang berwarna merah, tahu kan. Sedangkan kartu Smartfren yang unlock biasanya yang berwarna putih. Ini menurut informasi yang saya dapat dari deler modem loh, maaf kalau salah.

Contoh Kartu Smartfren Lock

Contoh Kartu Smartfren Unlock

Bagi anda yang ingin menggunakan kartu Smartfren yang lock tadi untuk modem lain, anda bisa meng-unlock atau mereplacenya. Caranya datang saja ke Galeri Smartfren terdekat, bilang saja mau mereplace kartu Smartfren agar bisa dipakai untuk modem lain. Nanti pihak Smartfren akan mengganti kartu anda. Nomor kartu masih tetap sama dan seumpama kartu anda sebelumnya berisi pulsa atau berisi bonus internet maka pulsa atau bonus internet anda masih ada dan tidak akan hilang, tenang saja, cuma fisik kartunya saja kok yang diganti.

Saya juga pernah mencoba mereplace kartu lock Smartfren. Dan memang benar, semula kartu Smartfren saya yang berwarna merah diganti dengan kartu baru yang berwarna putih. Oh ya, anda akan dikenakan biaya replace, jadi tidak gratis loh, biayanya 15 ribu. Tuh kan, Smartfren mau cari untung lagi. Soalnya mungkin mereka tahu kalo kartu bawaan modem Smartfren ada bonus internetnya, bahkan ada yang bonus internet gratis selama 2 bulan. Mungkin banyak yang memanfaatkan kartu bawaan modem untuk dijual kali ya. Contohnya saja saya, hehe, saya masih punya 4 kartu lock Smartfren yang ada bonus internet gratis 2 bulan loh, beli dari teman seharga 130 ribu, yah, buat stok lah.

Nah, bagi anda yang mempunyai masalah kartu bawaan modem Smartfren tidak bisa dipakai untuk modem lain, anda bisa langsung datang ke Galeri Smartfren untuk mereplacenya dengan biaya 15 ribu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

73 Comments
  1. angga
    July 28, 2013 | Reply
  2. August 3, 2013 | Reply
  3. jois
    August 3, 2013 | Reply
  4. habib syarif
    August 20, 2013 | Reply
  5. September 8, 2013 | Reply
  6. September 8, 2013 | Reply
  7. wayah
    September 14, 2013 | Reply
  8. Rizal fu
    January 2, 2014 | Reply

Berkomentarlah sesuai isi artikel! Please, do not spam!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *