Syarat Untuk Bisa Mendapatkan Kecepatan Internet Smartfren Up To 3,1 Mbps

Akhir-akhir ini memang sering terdengar keluhan pelanggan Smartfren yang mengeluhkan atas kualitas internet Smartfren yang makin lama makin menurun, semakin lelet saja. Atau bahkan pada pengguna baru Smartfren yang baru saja membeli modem Smartfren ternyata kecepatan internet tidak sesuai dengan yang diiklankan ‘I HATE SLOW’. Padahal sebenarnya untuk mencapai kecepatan internet yang maksimal dari Smartfren yang anti lelet itu pasti ada syarat-syarat yang harus anda ketahui dan beberapa syarat-syarat ini sudah sedikit saya bahas pada artikel sebelumnya.

Keluhan banyak pelanggan seperti ini seharusnya tidak akan terjadi jika saja Smartfren tidak mengiklankan produknya yang terlalu LEBAY. Siapa yang tidak tertarik dengan iklan ‘I HATE SLOW’ atau ‘Smartfren ANTI LELET’? Pastinya semua ingin mencoba Smartfren. Saya saja menggunakan Smartfren karena tertarik dengan iklan yang ada di TV. Dan alhamdulillah sampai sekarang saya belum mengalami kendala selama menggunakan Smartfren. Internet masih lancar, ya walau ada penurunan kecepatan tapi saya anggap itu masih dalam kewajaran.

Saya kasih tahu sedikit nih, ini menurut pengalaman saya loh, untuk mencapai internet yang kenceng yang bilangnya Smartfren anti lelet, kecepatan sampai 3,1 Mbps. Satu saja nih, anda harus mendapatkan sinyal FULL BAR SINYAL 100% EVDO. Kadang ada pengguna yang bilang dapat sinyal full bar tapi kecepatan internetnya lelet, berapa full bar nya? 4 bar? 4 bar itu belum bisa dikatakan full sinyal, sinyal 4 bar itu masih 60%. Full sinyal 5 bar? 5 bar juga belum bisa dikatakan full sinyal karena 5 bar saja masih dikatakan 80%. Lantas full 100% nya berapa? Jika 5 bar sinyal saja masih dapat 80% berarti full sinyal EVDO Smartfren kemungkinan adalah 6 bar. Ingat ya 6 bar. Jika anda saat ini sudah bisa mendapatkan sinyal 6 bar bisa dikatakan kecepatan internet anda kenceng banget tuh mungkin bisa sampai 3,1 Mbps. Tapi kayaknya tidak ada yang bisa sampai full sinyal 6 bar alias 100%. Saya sendiri belum pernah merasakannya. Mungkin jarak 1 meter dari BTS kali ya.

Saya telah menguji kecepatan internet Smartfren saat saya mendapatkan sinyal EVDO di 4 bar dan 5 bar. Dan hasilnya sangat terpaut jauh. Berikut ini screenshotnya.

1. Saat saya mendapatkan sinyal EVDO 5 bar

2. Saat saya mendapatkan sinyal EVDO 4 bar

Screenshot di atas bisa anda jadikan perbandingan kecepatan download Smartfren saat anda mendapatkan sinyal EVDO di 5 bar, terlihat lumayan kenceng. Sedangkan saat mendapatkan sinyal EVDO di 4 bar kecepatan download terlihat turun drastis. Jadi bisa dibayangkan kalau anda hanya mendapatkan sinyal EVDO di 3 bar saja atau di bawahnya lagi.

Jadi paling tidak anda harus mendapatkan sinyal 5 bar agar bisa mendapatkan kecepatan download yang maksimal. Stabil di 5 bar ya, jangan turun naik 4 ke 5 ke 4 atau banyakan ke 4 bar daripada 5 bar. Sinyal 4 bar juga lumayan kenceng kok, tapi jangan mengharapkan kecepatan sesuai iklan yang up to 3,1 Mbps kalo cuma dapet sinyal 4 bar atau di bawahnya 3 bar, pasti lelet tuh, yakin dah. Untuk mendapatkan sinyal yang stabil saya sarankan anda menggunakan mode EVDO only, jangan menggunakan mode Hybrid. Karena menggunakan mode Hybrid menurut saya hanya mebuat sinyal tidak stabil saja. Untuk caranya anda bisa melihat pada artikel saya sebelumnya.

Sedangkan anda yang masih mendapatkan sinyal hanya di CDMA 1x jangan mengeluh kalau internet anda super lemot, karena saya sudah menjelaskan sedikit poin-poin yang harus anda ketahui sebelum menjadi pelanggan Smartfren. Apalagi bagi anda yang baru beli modem Smartfren trus setelah dipakai ternyata anda tidak mendapatkan sinyal, bahkan sinyal CDMA 1x. Setelah anda tanya ke CS Smartfren ternyata daerah anda belum menjangkau jaringan Smartfren, pasti nyesel banget deh. Itu sebenarnya bukan kesalahan pihak Smartfren tapi kesalahan anda sendiri kenapa sebelum membeli anda tidak tanya-tanya dulu teman anda sesama daerah apakah daerah anda menjangkau jaringan Smartfren. Kalaupun anda mengeluh kepada pihak Smartfren tidak mungkin saat itu juga Smartfren membangun BTS di tempat anda, atau tidak mungkin juga bulan depan Smartfren membangun BTS di tempat anda.

Kesimpulan:

1. Smartfren Anti LELET yang menjanjikan kecepatan up to 3,1 Mbps itu bukan berarti semua pengguna Smartfren bisa mendapatkan kecepatan segitu, semua itu ada syarat-syaratnya karena internet Smartfren itu adalah wireless broadband yang artinya sinyal atau internet yang bisa anda nikmati tergantung oleh beberapa faktor diantaranya: faktor topografi, kepadatan penduduk, ketebalan dinding bangunan, dan perangkat yang anda gunakan.

2. Menurut pengalaman saya, kecepatan maksimal dari Smartfren bisa anda nikmati jika anda mendapatkan sinyal EVDO paling tidak 5 bar (80%). Sinyal 4 bar juga bisa dikatakan lumayan tapi jika anda uji di speedtest.net anda hanya mendapatkan kecepatan download di bawah 1 Mbps. Jika anda saat ini masih mendapatkan sinyal EVDO cuma 3 bar coba anda cari cara atau cari lokasi yang bisa mendapatkan sinyal 4 bar atau 5 bar dan lihat perbandingannya.

3. Jika anda sudah mendapatkan sinyal EVDO di 4 bar atau 5 bar tetapi kecepatan internet anda masih juga lelet, saya yakin ini hanya terjadi di sebagian kecil daerah saja. Dan seperti biasa dengan alasan klasik karena pengguna Smartfren di daerah anda semakin banyak, sehingga bandwidth yang disediakan tidak mecukupi.

4. Dan intinya semua ini kita kembalikan ke pihak Smartfren, bagaimana mereka bisa mengatasi masalah ini. Bagaimana cara mereka untuk lebih meningkatkan kualitas internet mereka. Smartfren seharusnya juga harus meningkatkan kualitas dan pelayanan seiring dengan peningkatan jumlah pelanggan. Jangan cuma ingin menarik pelanggan sebanyak-banyaknya tetapi tidak meningkatkan kualitasnya.

Update Mas Bro!!!

1. Ternyata Memang Benar Lokasi Menentukan Prestasi

2. Sinyal Full Bar Belum Tentu Speed Bagus

3. Dan terakhir, Semua hanya faktor keberuntungan saja

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. Abah Jugil | Reply
  2. Info Harga Terbaru | Reply
  3. Maruf Maruf | Reply
  4. reza sipenjahat kelamin | Reply
  5. dudung | Reply
  6. sumarjono | Reply
  7. Fernando II | Reply
  8. Gunjack | Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *