Mengganti Kartu Modem Smartfren EC1261-2 dan Seting Profil Internet Baru

Pada modem keluaran Smartfren saya lihat ada 2 tipe modem, yaitu Lock dan Unlock. Modem Lock artinya modem ini tidak bisa diganti kartu/simcard karena pembelian modem Lock sudah dibundling dengan nomor Smartfren alias dilock hanya untuk nomor Smartfren, misalnya saja modem Smartfren AC682. Walaupun anda mengganti kartu simcard modem Smartfren AC682 dengan kartu lain selain Smartfren tetap tidak bisa karena pasti tidak ada sinyal yang muncul. Menurut informasinya sih anda masih bisa mengganti nomor Smartfren anda dengan datang langsung ke Galeri Smartfren, tetapi tidak bisa mengganti nomor selain nomor Smartfren.

Sedangkan modem Unlock artinya modem keluaran Smartfren yang bisa diganti-ganti kartu/simcard dengan provider CDMA lain selain Smartfren. Modem Unlock ini misalnya modem Smartfren EC1261-2. Modem Smartfren EC1261-2 juga dibundling dengan kartu simcard perdana dari Smartfren, akan tetapi anda bisa mengganti simcard ini dengan provider lain selain Smartfren. Ini menjadi satu kelebihan agar suatu saat nanti jika anda sudah bosan dengan Smartfren anda bisa beralih mencoba provider lain yang mungkin lebih baik daripada Smartfren, dengan hanya mengganti kartu simcard dengan modem yang sama, dengan catatan harus sesama provider CDMA. Jadi modem tidak akan terbuang sia-sia.

Biasanya modem yang Lock lebih murah daripada Unlock. Terserah anda mau pilih yang mana, kalau merasa yakin ke depannya Smartfren akan konsisten, ya beli yang Lock tidak apa-apa, tapi kalau anda tidak yakin dengan janji-janji yang digemborkan Smartfren lebih baik beli yang Unlock agar suatu saat anda bisa mengganti kartu dengan provider lain selain Smartfren tanpa harus membeli modem baru lagi. Yang jelas, sebelum anda menggunakan Smartfren terlebih dahulu anda harus tahu beberapa poin penting seputar provider Smartfren.

Oke, karena saya sudah terlanjur menjadi pelanggan Smartfren selama 3 minggu ini, maka di sini saya akan menjelaskan sedikit tentang modem Smartfren EC1261-2 Unlock, yang bisa diganti-ganti kartu sesama provider CDMA.

Jika anda sudah teralnjur mebeli modem Smartfren EC1261-2, trus selama anda menggunakannya mengalami kendala misal internet lemot, tidak sesuai yang dijanjikan oleh pihak Smartfren, anda boleh-boleh saja mengganti kartu simcard Smartfren dengan provider CDMA lain yang mungkin menurut anda lebih kenceng daripada Smartfren. Mungkin anda bisa menggantinya dengan kartu AHA, siapa tahu kan AHA lebih menjanjikan. Atau menggantinya dengan provider CDMA yang lain.

Untuk proses penggantian kartu di sini mungkin anda sekalian sudah mengetahuinya. Seperti pada HP lah, orang simcard nya pun sama. Tinggal buka tutup yang menutup kartu simcard, cabut saja tuh kartu dan ganti dengan kartu baru, misal kartu AHA.

Nah, di sini yang terpenting adalah seting profil internet untuk kartu baru anda. Secara defaault setelah anda instal modem ke komputer maka profil internet Smartfren akan otomatis ada di dalamnya, jadi anda tidak perlu melakukan seting lagi. Dan profil default Smartfren ini tidak bisa anda ubah/edit. Jika anda ingin mengganti kartu anda harus membuat profil internet baru sesuai dengan kartu baru yang anda gunakan. Atau jika anda ingin merubah pengaturan profil Smartfren, anda juga harus membuat profil baru.

Untuk membuat profil internet baru atau mengganti pengaturan internet pada modem Smartfren EC1261-2 anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Colokkan modem ke komputer, buka aplikasi Smartfren Connex tetapi jangan dihubungkan ke internet dulu. Biasanya begitu modem dicolokkan ke komputer aplikasi Smartfren Connex akan otomatis terbuka sendiri.

2. Pilih Menu Tools >> Options

3. Pada jendela Options pilih pada Profil Management, untuk membuat profil bari klik pada New

3. Buat pengaturan internet anda, di sini saya contohkan pengaturan internet pada kartu AHA adalah sebagai berikut

Profile Name: AHA
Access number: #777
User name: [email protected]
Password: aha

4. Klik Save kemudian klik OK

5. Kembali ke halaman awal aplikasi Smartfren Connex, pilih profil internet AHA kemudian klik Connect

6. Kini anda bisa berinternet menggunakan kartu baru anda.

Catatan: Jika anda ingin mengganti kartu modem Smartfren EC1261-2 selain AHA anda juga terlebih dahulu harus membuat profil baru seperti cara di atas.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
84 Comments
  1. Sylvia
    June 5, 2013 | Reply
    • Rury
      July 11, 2013 | Reply
  2. Hari Anact Poor Djoe
    June 14, 2013 | Reply
  3. nhofri
    August 4, 2013 | Reply
  4. September 17, 2013 | Reply
  5. Heri Anton
    October 14, 2013 | Reply
  6. Heri Anton
    October 14, 2013 | Reply
  7. Audie
    December 11, 2013 | Reply
  8. Siti Nurasiah
    June 10, 2014 | Reply
  9. della
    July 9, 2014 | Reply

Add a comment. Please do not leave link on comment form!

Your email address will not be published. Required fields are marked *