Cara Mengaktifkan Fitur SMS dan Panggilan Telepon Pada Modem Smartfren EC1261-2

Salah satu fitur yang menarik pada modem Smartfren EC1261-2 adalah adanya fitur Panggilan Telepon (Voice Call Function) yaitu anda bisa melakukan panggilan langsung dari komputer/laptop anda menggunakan modem Smartfren EC1261-2. Jadi saat anda sedang asyik berinternet ria, anda juga bisa melakukan panggilan telepon atau juga bisa menerima panggilan telepon.

Jika anda adalah pengguna laptop, untuk bisa melakukan panggilan ataupun menerima panggilan telepon anda tidak perlu peralatan tambahan seperti Headset karena laptop sendiri sudah memiliki Speaker dan Microphone. Tapi juga tidak ada larangan jika anda ingin menggunakan Headset. Akan tetapi untuk pengguna komputer PC anda memerlukan peralatan tambahan Headset untuk bisa melakukan panggilan atau menerima panggilan telepon.

Di samping fitur Voice Call, modem Smartfren EC1261-2 juga memiliki fasilitas SMS, jadi anda juga bisa berkirim SMS kepada teman/saudara anda langsung dari komputer/laptop. Tapi saya rasa fasilitas SMS ini juga tersedia di hampir semua modem, baik yang modem GSM maupun CDMA.

Lalu bagaimana cara kita melakukan panggilan atau berkirim SMS melalui modem Smartfren EC1261-2? Jika anda adalah pengguna baru modem Smartfren EC1261-2, setelah anda menginstal modem pada komputer/laptop, pastinya anda langsung bisa berinternet. Tapi apakah anda bisa malakukan panggilan atau berkirim SMS? Jawabannya adalah Tidak. Kenapa? Ini dikarenakan ada 2 hal.

1. Modem Smartfren EC1261-2 tidak berisi pulsa alias masih 0 rupiah. Jadi anda tidak bisa melakakuan panggilan telepon atau berkirim SMS (kecuali untuk SMS registrasi kartu saat pertama kali digunakan). Tetapi anda masih bisa menerima panggilan telepon kok. Lantas apa solusinya? Yah, pasti isi pulsa dulu lah. Beli pulsa baru bicara….promosi ah.

2. Pengaturan jaringan modem pada pilihan EVDO only. Jika pengaturan jaringan modem ada pada pilihan EVDO only maka walaupun Smartfren anda berisi pulsa tetapi tetap saja anda tidak bisa melakukan panggilan telepon/menerima telepon atau berkirim SMS. Untuk solusi masalah ini silahkan anda merubah pengaturan jaringan modem dan ikuti petunjuk berikut.

– Matikan hubungan internet komputer anda dengan mengklik Disconnect pada aplikasi Smartfren Connex

– Pada aplikasi Smartfren Connex klik Tools >> Options

– Pada jendela Options klik pada Network >> Hybrid kemudian klik Apply >> OK

Sekarang modem Smartfren EC1261-2 anda bisa digunakan untuk berinternet maupun melakukan Panggilan Telepon atau berkirim SMS, dengan catatan harus berisi pulsa.

Catatan:

Mangktifkan jaringan Hybrid ini secara otomatis akan mengaktifkan jaringan 1x dan EVDO. Apa sih jaringan 1x dan EVDO itu? Saya tidak akan menjelaskannya di sini. Tapi yang jelas, mengaktifkan jaringan Hybrid ini memiliki kekurangan dan resiko yang jelek. Apa saja itu? Insya Allah kita akan bahas di artikel berikutnya.

 

Tags: Mengaktifkan Jaringan Hybrid Mengaktifkan SMS Pada Smartfren EC1261-2 Mengatifkan Panggilan Telepon Pada Smartfren EC1261-2 Voice Call Function

Related Post "Cara Mengaktifkan Fitur SMS dan Panggilan Telepon Pada Modem Smartfren EC1261-2"

Tips Cara Mempercepat Loading Dashboard UI Smartfren EC1261-2
Bagi pengguna modem Smartfren EC1261-2 pastinya anda
Driver Modem Smartfren AC682, EC1261-2, EC1260-2, Dll
Sekedar sharing saja nih, mungkin ada di
Cara Mengubah PRL 1900 Menjadi 800 Modem Pantech PX-500
Setelah kemarin saya membahas masalah frekuensi jaringan
Review Hasil Speedtest (Kecepatan) Modem Smartfren Pantech PX-500
Dengan sangat terpaksa akhirnya saya harus share
  1. author

    R@in3 years agoReply

    gan, aq dah coba brkali2 EC1261-2 voice call gak jd2. udah beli headset yg punyanya nokia asli yg colokannya sama besar, gak jd2 juga.panggilan/penerima, suara mereka bisa d dengar tapi suaraku gk bisa d dengar,padahal headsetnya jadi klo d pasang ke hp nokia..mohon pencerahannya? ada yg tahu? please…

    • author

      Thekrim3 years agoReply

      Udah coba headset biasa yang ada 2 colokkan gan, satu colokkan speaker satunya microphone. Di colok ke komputer.

  2. author

    ani3 years agoReply

    modem aku gk bisa cek pulsa,gak bisa trima sms masuk klu hbs isi plsa,gk bsa nerima sms msuk dri no lain jga,knp ya?

  3. author

    dadi3 years agoReply

    sy baru beli modem smart fren cara mengaktifkan kartunya gymana ya ko di hap ga keluar data daftar gymana ya

  4. author

    Darmanto3 years agoReply

    hehehehe kalo ngak bisa cek pulsa *999 atau *995 ini masalah klasik modem smart tipe ini (nemu trit di kaskus), colok aze kalo di pc, bagian sound card>pilih>mic-micropon>terserah mau pake mic beneran atau pake headset bekas/rusak…coba deh pasti …bisa (sim salabin prok3x). katenye orang kaskus ini bugnya windows 7…….(ane nanya ama cs smart ngak tau kalo masalah itu..aneh)….okelah kalaw begitu

  5. author

    lailatul3 years agoReply

    Assalam,,, gmna se caranya mengaktifkan nie modem low buat sms ko’ g bisa? tapi klow ada tfon / sms ko’ bisa masuk githu? padahal juga udh di isi pulsa 10.000,00?

  6. author

    chaff ali2 years agoReply

    tlp pake note book suara saya gax kedengaran dari yg terima tlp

  7. author

    Edi Soekarso2 years agoReply

    bagaimana cara aktifasi unlimited smartfren bos?

  8. author

    Andi Aslan Monangkir2 years agoReply

    Aku udah paham Sob, tapi gmn carax biar suara kita bisa di dengar si penelpon krn klw suara penelpon kita dengar sedangkan suara kita tidak bisa di dengar oleh si penelpon.

  9. author

    Infoso5 months agoReply

    Iya nih ada yang punya solusi agar suara kita bis di dengar oleh penelpon?

1 2

Leave a reply "Cara Mengaktifkan Fitur SMS dan Panggilan Telepon Pada Modem Smartfren EC1261-2"

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *