Cara Mengaktifkan Fitur SMS dan Panggilan Telepon Pada Modem Smartfren EC1261-2

Salah satu fitur yang menarik pada modem Smartfren EC1261-2 adalah adanya fitur Panggilan Telepon (Voice Call Function) yaitu anda bisa melakukan panggilan langsung dari komputer/laptop anda menggunakan modem Smartfren EC1261-2. Jadi saat anda sedang asyik berinternet ria, anda juga bisa melakukan panggilan telepon atau juga bisa menerima panggilan telepon.

Jika anda adalah pengguna laptop, untuk bisa melakukan panggilan ataupun menerima panggilan telepon anda tidak perlu peralatan tambahan seperti Headset karena laptop sendiri sudah memiliki Speaker dan Microphone. Tapi juga tidak ada larangan jika anda ingin menggunakan Headset. Akan tetapi untuk pengguna komputer PC anda memerlukan peralatan tambahan Headset untuk bisa melakukan panggilan atau menerima panggilan telepon.

Di samping fitur Voice Call, modem Smartfren EC1261-2 juga memiliki fasilitas SMS, jadi anda juga bisa berkirim SMS kepada teman/saudara anda langsung dari komputer/laptop. Tapi saya rasa fasilitas SMS ini juga tersedia di hampir semua modem, baik yang modem GSM maupun CDMA.

Lalu bagaimana cara kita melakukan panggilan atau berkirim SMS melalui modem Smartfren EC1261-2? Jika anda adalah pengguna baru modem Smartfren EC1261-2, setelah anda menginstal modem pada komputer/laptop, pastinya anda langsung bisa berinternet. Tapi apakah anda bisa malakukan panggilan atau berkirim SMS? Jawabannya adalah Tidak. Kenapa? Ini dikarenakan ada 2 hal.

1. Modem Smartfren EC1261-2 tidak berisi pulsa alias masih 0 rupiah. Jadi anda tidak bisa melakakuan panggilan telepon atau berkirim SMS (kecuali untuk SMS registrasi kartu saat pertama kali digunakan). Tetapi anda masih bisa menerima panggilan telepon kok. Lantas apa solusinya? Yah, pasti isi pulsa dulu lah. Beli pulsa baru bicara….promosi ah.

2. Pengaturan jaringan modem pada pilihan EVDO only. Jika pengaturan jaringan modem ada pada pilihan EVDO only maka walaupun Smartfren anda berisi pulsa tetapi tetap saja anda tidak bisa melakukan panggilan telepon/menerima telepon atau berkirim SMS. Untuk solusi masalah ini silahkan anda merubah pengaturan jaringan modem dan ikuti petunjuk berikut.

– Matikan hubungan internet komputer anda dengan mengklik Disconnect pada aplikasi Smartfren Connex

– Pada aplikasi Smartfren Connex klik Tools >> Options

– Pada jendela Options klik pada Network >> Hybrid kemudian klik Apply >> OK

Sekarang modem Smartfren EC1261-2 anda bisa digunakan untuk berinternet maupun melakukan Panggilan Telepon atau berkirim SMS, dengan catatan harus berisi pulsa.

Catatan:

Mangktifkan jaringan Hybrid ini secara otomatis akan mengaktifkan jaringan 1x dan EVDO. Apa sih jaringan 1x dan EVDO itu? Saya tidak akan menjelaskannya di sini. Tapi yang jelas, mengaktifkan jaringan Hybrid ini memiliki kekurangan dan resiko yang jelek. Apa saja itu? Insya Allah kita akan bahas di artikel berikutnya.

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

22 Comments
  1. chaff ali
    December 17, 2012 | Reply
  2. June 12, 2013 | Reply
  3. July 22, 2013 | Reply

Berkomentarlah sesuai isi artikel! Please, do not spam!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *