Cara Membongkar Modem Smartfren EC1261-2

Waduh, judul artikelnya aneh-aneh saja nih, Cara Membongkar Modem Smartfren EC1261-2. Apa tidak ada judul artikel yang lain apa ya? Atau apa lagi kurang kerjaan kali ya, bongkar pasang modem, baru lagi. Memang bener sih, lagi kehabisan akal untuk nulis artikel. Dan saya memang sengaja nulis artikel ini hanya untuk sekedar berbagi pengalaman dengan anda semua. Siapa tahu kan ada yang lagi Googling cara membongkar modem Smartfren, trus nyasar di blog ini. Seneng banget deh.

Sebenarnya tadi saya lagi iseng-iseng saja sih utak atik modem Smartfren EC1261-2 saya. Ingin tahu apa saja sih yang ada di dalamnya. Dari hati ada keinginan untuk membongkar isi modem Smartfren tersebut, tapi di hati yang lain kok menyayangkan ya. Kan ini modem baru, belum ada dua minggu sudah dibongkar. Masih garansi lagi. Modem Smartfren EC1261-2 kan garansinya 3 tahun. Hilang dong garansinya. Tapi saya pikir tidak apa-apa sih. Pengalaman saya menggunakan modem yang lama, yang masih GSM, sudah 2 tahun belum pernah rusak. Jadi saya pikir mudah-mudahan selama 2 tahun ke depan modem Smartfren EC1261-2 saya ini jangan sampai rusak duluan, repot jadinya kalau sampai rusak, sudah hilang garansinya.

Tapi ada kenyataan lain kok. Mungkin anda berpikir kalau bongkar modem pasti merusak segel, otomatis garansinya jadi hilang. Tapi di modem Smartfren EC1261-2 saya tidak begitu. Segel yang terpasang sebenarnya tidak akan rusak jika kita membongkar modem, karena segelnya tidak berada pada belahan modem. Jadi begitu kita belah/bongkar modemnya, segel masih tetap nempel di casing tanpa kerusakan apa pun. Tapi berhubung tadi saya belum tahu, terjadi kecelakaan deh. Jadinya segelnya malah saya lepas, padahal tidak mengganggu sih. Yah, saya anggap pengalaman saja lah. Tapi yang jelas anda yang membaca artikel ini setidaknya jadi tahu kan, kalau membongkar modem Smartfren EC1261-2 itu tidak akan merusak segel.

Eh tapi itu di modem saya loh, kalau modem anda belum tahu sih. Tapi menurut saya sama saja sih letak segelnya. Orang keluar dari pabrik yang sama.

Oke, setelah basa basi sedikit, kita mulai nih menjadikan modem Smartfren EC1261-2 sebagai kelinci percobaan, langsung aja ya langkah membongkar modem Smartfren EC1261-2.

1. Sebelum anda membongkar pastikan kartu Smartfren (sim card) yang di dalam sudah anda lepas, karena kartu ini nanti akan nyangkut saat pembongkaran.

2. Buka tutup modem dan akan terlihat dua lubang baut yang mengikat modem, satunya tertutup oleh kertas berwarna putih. Lepas kedua baut tersebut dengan obeng + yang paling kecil

3. Setelah kedua baut terlepas, berikutnya adalah cara yang agak susah. Bongkar casing modem dari samping. Gunakan alat yang sangat tipis. Saya menggunakan kuku untuk membongkar casing modem. Di sini memang agak keras karena casing modem terikat dengan kuat. Harus sedikit dipaksa dan harus tega, jangan takut rusak karena memang tidak akan rusak. Jika sudah ada yang terbuka sedikit, belah casing modem secara keliling sampai casing modem terlepas.

4. Jika casing modem telah terlepas hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini. Untuk membongkar komponen dalam dari casing modem, masih ada satu baut yang mengikat. Lepas baut tersebut menggunakan obeng + kemudian lepaskan komponen modem dari casingnya.

5. Nah sekarang komponen modem Smartfren EC1261-2 sudah bisa terlihat dalemannya semua. Apa saja yang ada di dalamnya? Saya juga tidak tahu, karena baru kali ini saya membongkar modem. Pelajari saja sendiri yah.

Catatan: Sampai sekarang saya menggunkan modem Smartfren EC1261-2 secara terbuka tanpa casing begini, hehe, kelihatan lebih keren kok. Yah anggap saja mengurangi panas modem, kan tidak lagi tertutup casing tuh, siapa tahu sih.

Tags: Bongkar Modem Bongkar Pasang Modem Smartfren EC1261-2 Cara Membongkar Modem Cara Mudah Membongkar Modem Smartfren EC1261-2 Mombongkar Modem Smartfren EC1261-2 Tutorial Bongkar Pasang Modem

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Cara Membongkar Modem Smartfren EC1261-2"

Tips Cara Mempercepat Loading Dashboard UI Smartfren EC1261-2
Bagi pengguna modem Smartfren EC1261-2 pastinya anda
Driver Modem Smartfren AC682, EC1261-2, EC1260-2, Dll
Sekedar sharing saja nih, mungkin ada di
Cara Mengubah PRL 1900 Menjadi 800 Modem Pantech PX-500
Setelah kemarin saya membahas masalah frekuensi jaringan
Review Hasil Speedtest (Kecepatan) Modem Smartfren Pantech PX-500
Dengan sangat terpaksa akhirnya saya harus share
  1. author

    Indrajid TriAt MoJoo4 years agoReply

    wah nyasar no sini… hahahaa

  2. author

    ardhianugroho4 years agoReply

    gan, port kecil (seperti port jack) pada modem smart itu fungsinya buat apa?

    • author

      davenjoe274 years agoReply

      port kecil itu buat antena external gan

  3. author

    Rodhi4 years agoReply

    dengan cara membuka casing modem sinyal akan muda masuk, aku juga membuka casing modem Prolink terus tak lilit dengan kawat email ukuran 1mm, kawat tersebut tak sambungkan ke antena yagi,,, WOW,,, bisa download kecepatan tinggi, sebelum membuka casing modem kecepatan cuma 500kb/sec, sekarang menjadi 1200kb/sec kadang 900kb/sec.
    ditempatku memang gak ada sinyal HSDPA makannya harus pake antena external untuk nangkap sinyal.
    ini pengalaman saya, untuk kalian yg suka otak-atik modem ingin download kecepatan tinggi, ingin sinyal full buka saja casing modem.

  4. author

    Diian4 years agoReply

    Saya kemarin baru beli modem baru, tapi tapi box modemnya hilang dan nomor dial, password, username-nya lupa, saat ganti kartu, semuanya invalid,, bagaimana cara membobolnya..??
    mohon bantuannya..

1 2 3 4

Komentar di "Cara Membongkar Modem Smartfren EC1261-2" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan