Perkenalkan Xiaomi Mi A1 Ponsel Android One Pertama Xiaomi Tanpa MIUI

Xiaomi secara resmi merilis ponsel baru mereka yang diberi nama Mi A1 pada Selasa 5 September 2017. Peluncuran ponsel Android One ini dilaksanakan di India, tepatnya di Hotel Andaz, New Delhi pada pukul 12.00 waktu setempat. Ya, Mi A1 merupakan ponsel pertama Xiaomi yang dibekali sistem operasi Android One.

Xiaomi Mi A1 Android One

Apa itu Android One? Secara garis besar saja, sistem operasi Android One itu merupakan atau memiliki tampilan asli Android (Stock Android). Xiaomi tidak ikut campur dalam urusan tampilan, bahkan malah justru Google yang ikut campur dalam urusan hardware. Untuk lebih detailnya lihat DI SINI. Dan untuk Mi A1 ini akan dibekalo Android Nougat 7.1.2 dan direncanakan akan mendapatkan update ke Android O.

Sebagai seri Mi, tentunya Xiaomi Mi A1 ini bukan merupakan smartphone murahan. Ponsel yang disebut sebagai salah satu flagship Xiaomi ini dibekali dengan dual kamera belakang dengan resolusi 12MP + 12MP wide angle. Dual kamera belakang inilah yang membuat Mi A1 disebut sebagai smartphone flagship.

Memang benar, Mi A1 bukan merupakan smartphone pertama yang menggunakan dual kamera belakang, smartphone seri sebelumnya juga banyak yang menggunakan dual kamera belakang, sebut saja ada Redmi Pro, Mi5s Plus, Mi6, sampai yang baru baru ini diluncurkan adalah Mi5x. Sedangkan karakteristik kamera yang diusung Mi A1 ini sangat mirip dengan kamera yang ada pada Mi5x. Bahkan secara keseluruhan, antara Mi A1 dengan Mi5x ini memang mirip, sangat mirip. Dari segi bodi dan spesifikasi, yang membedakan hanya pada tampilan saja. Mi5x menggunakan MIUI 9 sedangkan Mi A1 menggunakan Android One (stock Android).

Mi A1 memiliki desain premium layakanya smartphone Mi series lainnya. Dengan balutan metal body dan desain unibody, membuat tampilan fisiknya terasa premium. Ditambah lagi di bagian belakang ada sensor sidik jari dan dual kamera dilengkapi flashlight. Sedangkan bagian depan layar Full HD 5,5 Inchi Mi A1 ini dilindungi dengan Corning Gorilla Glass.

Port USB yang digunakan sudah USB type C. Dan seperti pada seri seri sebelumnya, Xiaomi masih tetap menyematkan IR blaster/ port infra red pada Mi A1. Sedangkan untuk mendengarkan musik masih disediakn port jack audio 3.5 mm.

Untuk urusan dapur pacu, Mi A1 dibekali prosesor dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dan GPU Adreno 506. Sedangkan untuk urusan memory, Mi A1 sudah dibekali internal memory dengan kapasitas yang sangat lega yaitu 64GB dan RAM 4GB.

Walau hanya dibekali dengan kapasitas baterai 3080 mAh namun bisa dipastikan berkat chipset Qualcomm Snapdragon 625 ini penggunaan daya tidak akan boros.

Dari semua fitur yang ada pada Xiaomi Mi A1 ini, yang terbaik dan jadi sorotan adalah pada dual kameranya. Kemampuan kamera Mi A1 yang hanya 12MP dikalim menjadi kamera terbaik layaknya kamera DSLR. Bahkan digadang gadang mampu menyaingi kamera iPhone 7 Plus. Dual kamera pada Mi A1 ini memiliki tugas masing masing, satu memiliki kemampuan wide angle, satunya untuk telephoto yang mampu menghasilkan foto bokeh layaknya kamera DSLR. Bahkan fitur stereoscopic imaging dan algoritma berbasis deep learning mampu menghasilkan foto bokeh yang lebih dalam.

Secara resmi rencananya Mi A1 akan dipasarkan di India pada 12 September 2017 nanti dengan harga sekitar 3,1 jutaan. Dan menurut kabar, selain India, Mi A1 juga bakal dijual secara resmi di Indonesia, ingat ya secara resmi loh penjualannya di Indonesia. Tapi untuk kapan penjualan dan harga di Indonesia belum ada konfimrasi secara langsung dari pihak Xiaomi. Untuk itu kita tunggu saja kehadiran Xiaomi Mi A1 di Indonesia.

 

Artikel bermanfaat lainnya...

Leave a Reply