Blog Teknik IT Mendapatkan Sitelinks Dari Google Dalam Waktu 4 Bulan

Kemarin iseng-iseng saya mengetikkan kata kunci ‘teknikit’ pada pencarian Google (Google.co.id), bermaksud untuk mengetahui seberapa populer sih keyword teknikit di mata Google. Saya sangat terkejut dengan hasil yang ditampilkan ketika saya mengetikkan kata kunci teknikit. Ternyata blog ini telah mandapatkan hadiah Sitelinks dari Google. Benar-benar tidak saya duga sebelumnya. Baru berumur 4 bulan Blog ini sudah dihadiahi Sitelinks oleh Google. Ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya dan menambah motivasi saya untuk lebih semangat lagi di dunia maya ini, dunia Blogger.

Lantas apa sih untungnya mendapatkan Sitelinks? Apa bedanya dengan situs-situs lain yang tidak memiliki sitelinks namun masih padat trafik? Saya sendiri sebagai pemula (newbie) dalam urusan Blogging tidak tahu pasti apa untungnya mendapatkan Sitelinks. Yang saya tahu, Sitelinks itu diberikan oleh Google dengan penilaian tertentu menurut algoritma Google. Kalo Blog kita saja dihadiahi Sitelinks oleh Google berarti Google memiliki penilain yang lebih donk pada Blog kita.

Oh ya, sebelumnya apa sih Sitelinks itu? Ada yang belum tahu? Menurut Google sendiri Sitelinks adalah tautan link ke situs yang muncul dalam daftar pencarian Google dalam rangka untuk membantu pengguna menavigasi situs. Tidak semua Blog atau situs memiliki sitelinks, Google sendiri yang memberikannya dengan berbagai pertimbangan dan penilaian sendiri.

Karena Blog Teknik IT hanya terkenal di negara Indonesia maka Google hanya menampilkan sitelinks blog ini di pencarian Google.co.id. Untuk Google.com saya melihat hasil pencarian Blog Teknik IT masih biasa saja, mungkin belum dikenal di sana kali ya.

Bersamaan dengan mendapatkan sitelinks, Alhamdulillah Alexa Blog ini juga sudah berada di bawa 1 jutaan. Mudah-mudahan untuk ke depannya Alexa Blog ini ini bisa lebih menyusut lagi. Walaupun untuk mendapatkan peringkat di bawah 1 juta butuh waktu 4 bulan akan tetapi saya sangat senang karena apa yang saya lakukan selama ini adalah natural dan hasil kerja keras saya sendiri.

Alexa Certified Traffic Ranking for teknikit.com

Sebenarnya sejak pertama ngeblog saya tidak begitu mengejar Sitelinks, saya sebenarnya cuma mengejar trafik, hehe. Makanya mendapatkan Sitelinks ini sungguh mengejutkan bagi saya, karena selama 4 bulan ini saya tidak memakai jurus untuk mendapatkan Sitelinks. Saya sendiri juga tidak mempunyai tips untuk bisa cepat mendapatkan Sitelinks. Yang saya lakukan hanya ngeblog seperti biasa.

Oke, saya akan bocorkan sedikit tips, apa saja yang sudah saya lakukan selama ini dalam rangka menjadi Blogger sejati sehingga tanpa sengaja Blog ini bisa mendapatkan sitelinks. Semua yang saya lakukan adalah secara natural dan kerja keras.

1. Blogwalking dan mencari Backlink. Tentunya hal ini adalah syarat mutlak agar Blog kita bisa dikenal di dunia maya.

2. (Jika tidak terpaksa) Jangan kopas artikel dari blog lain. Usahakan artikel Blog kita seunik mungkin, jangan sampai kopas walaupun dengan mencantunmkan sumbernya.

3. Pertahankan blog kita dengan kata kunci tertentu. Ini kenapa artikel di Blog ini isinya berhubungan dengan Smartfren mulu, karena saya ingin mempertahankan niche Blog ini, jadi jangan bosan ya.

4. Berusaha menjadi nomor satu pada pencarian Google dengan kata kunci tertentu. Dan jika sudah menjadi nomor satu dipertahankan agar selalu di nomor satu.

Mungkin 4 saja kali ya, kalau saya tulis semua apa yang saya lakukan selama ini ya bisa sampai besok belum selesai nulis artikel ini. Dan ingat, 4 hal di atas bukan tips untuk bisa mendapatkan Sitelinks, tapi sekedar share apa yang saya lakukan selama ini hingga “tanpa sengaja” Blog ini mendapatkan Sitelinks. Karena saya kira hasil dari usaha anda masing-masing mungkin akan berbeda.

Artikel bermanfaat lainnya...

41 Comments

    • Thekrim

Leave a Reply