Cara Menghapus Windows 8 Developer Preview Dari Dual Boot Windows 7

Tutorial cara menghapus Windows 8 Developer Preview kali ini saya sajikan hanya untuk anda yang sebelumnya pernah menginstal Windows 8 Developer Preview dual boot dengan Windows 7. Jadi di dalam komputer anda ada dua sistem operasi, Windows 7 dan Windows 8 Developer Preview. Cara ini berbeda jika pada komputer anda hanya ada sistem operasi Windows 8 Developer Preview saja. Karena memang menjadikan Windows 8 Developer Preview sebagai sistem operasi utama sangat tidak dianjurkan.

Jika anda sudah lama menjajal Windows 8 Developer Preview saya rasa sampai saat ini anda sudah kewalahan menghadapi Windows 8 ini. Karena menggunakan Windows 8 Developer Preview ini saya juga merasakan tidak bisa berbuat banyak. Sesuai yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa Windows 8 Developer Preview ini masih dalam tahap uji coba, banyak bug di sana sini. Kompatibilitas terhadap software juga masih kurang banyak. Tidak semua software bisa diinstal pada Windows 8 Developer Preview. Yang lebih menyedihkan lagi, setelah selesai proses instalasi Windows 8 Developer Preview belum tentu driver komputer anda bisa diinstal, ya kan? Apalagi komputer yang sudah berumur.

Agar anda tidak menyesal makanya pada artikel sebelumnya saya menyarankan bagi anda yang ingin menjajal Windows 8 Developer Preview sebaiknya anda menginstal pada Virtual Mesin atau instal dual boot dengan Windows 7, agar di kemudian hari anda tidak harus bersusah-susah instal ulang Windows.

Jika anda mengikuti apa yang saya sarankan sebelumnya, menjajal Windows 8 Developer Preview dual boot dengan Windows 7, mungkin jika sekarang anda merasa sudah puas atau malah kapok, sudah bosan dengan Windows 8. Atau jika menurut anda Windows 8 itu jelek, banyak software yang tidak bisa diinstal, tidak bisa internetan dengan Windows 8 Developer Preview, anda bisa dengan mudah menghapusnya dari komputer anda. Menghapus Windows 8 Developer Preview dari dual boot Windows 7 ini akan menghilangkan pilihan boot saat pertama kali komputer dihidupkan. Jadi yang semula ada pilihan masuk pada Windows Developer Preview atau masuk pada Windows 7, dengan menghapus Windows 8 Developer Preview maka saat komputer anda pertama kali start tidak akan dijumpai pilihan dual boot tersebut dan komputer anda akan langsung masuk pada Windows 7. Dan akan mengembalikan komputer anda seperti semula menggunakan Windows 7.

Pastikan anda sudah yakin untuk menghapus Windows 8 Developer Preview ini. Jika sudah yakin dan mantap maka akan saya berikan langkah-langkah cara menghapus Windows 8 Developer Preview dari dual boot dengan Windows 7.

1. Rastart komputer anda, maka anda akan memasuki pilihan boot untuk masuk ke Windows Developer Preview atau ke Windows 7. Anda jangan memilih salah satu Windows tapi klik pada ‘Change defaults or choose other options’

2. Klik pada pilihan tengah yaitu ‘Choose the default operating system’. Jika tampilan latar masih biru berarti kan default operating system masih Windows 8, kita akan mengganti defaultnya menjadi Windows 7, yang backroundnya hitam itu loh

3.Pilih ‘Windows 7’ untuk mengganti default operating system menjadi Windows 7

4. Setelah memilih Windows 7, pastikan default operating system sudah berubah menjadi Windows 7 ‘Current default Windows 7’ kemudian klik tanda panah ke kiri (back)

5. Masuk pada Windows 7

6. Setelah masuk Windows 7, kita akan menghapus pilihan boot Windows Developer Preview, yang semula ada dua pilhan boot yaitu Windows Developer Preview dan Windows 7 kini akan dihapus yang Windows Developer Preview, caranya klik start >> run atau dengan menekan tombol Windows + R, ketikkan msconfig kemudian tekan enter

7. Pilih pada menu ‘Boot’ kemudian pilih ‘Windows Developer Preview’, klik ‘Delete’ kemudian ‘OK’. Ini akan menghapus boot Windows 8 Developer Preview

8. Restart komputer anda. Sekarang komputer anda sudah tidak ada pilihan dual boot dan akan langsung masuk pada Windows 7. Kini saatnya anda menghapus seluruh file instalasi Windows 8 Developer Preview. Pastikan anda sudah tahu di partisi mana anda menginstal Windows 8 Developer Preview. Di sini saya mencontohkan instalasi Windows 8 Developer Preview pada partisi E (drive E), maka saya akan menghapus seluruh isi folder di partisi E, atau bisa juga dengan memformat partisi E.

9. Sampai di sini maka anda sudah selesai menghapus dan menghilangkan Windows 8 Developer Preview pada komputer anda. Kini hanya tinggal Windows 7 sebagai sistem operasi utama.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

8 Komentar

  1. Pak Yanto October 27, 2011
    • Thekrim October 27, 2011
  2. fooadz December 26, 2011
  3. Ben-Q March 6, 2012
    • Thekrim March 7, 2012
  4. Abu Tsuroyya April 13, 2012
    • Thekrim April 13, 2012
  5. amad April 9, 2016

Tinggalkan Komentar Anda