Review Xiaomi Redmi 1S Ponsel Android Quad Core 1 Jutaan

Setelah harus nunggun inden selama beberapa hari, akhirnya dapat juga ni ponsel Xiaomi Redmi 1S belanja langsung dari Lazada dengan harga Rp 1.499.000,00, lebih murah dari yang dijual toko toko biasa seperti di Tokopedia. Penjualan smartphone Xiaomi Redmi 1S memang dibatasi, dibagi seperti kloter kloteran gitu, jadinya agak susah untuk mendapatkan ponsel ini. Sementara permintaan pasar begitu banyak, tapi penjualan dibatasi, ini menjadikan ponsel Xiaomi Redmi 1S jadi seperti rebutan.

Bagaimana tidak rebutan? Smartphone yang digadang gadang menawarkan spesifikasi cukup tinggi seperti prosesor Quad Core hanya dibendrol dengan harga 1,5 jutaan. Maklumlah, produk besutan negeri Tiongkok ini memang menang di harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan vendor populer lain, dengan spesifikasi yang sama. Andai saja spesifikasi yang ada pada Xiaomi Redmi 1S ini diterapkan pada ponsel sekelas Samsung misal, maka harga ponsel Samsung itu bisa lebih dari 3 jutaan. Sedangkan pada Xiaomi Redmi 1S cukup dibayar dengan harga 1,5 jutaan. Ini menjadikan smartphone satu ini banyak peminatnya.

Isi Paket Xiaomi Redmi 1s

Oke, langsung saja kita bedah daleman Xiaomi Redmi 1S ini. Dalam paket pembelian Xiaomi Redmi 1S hanya ada 1 ponsel Xiaomi Redmi 1S, 1 buah charger, 1 buah baterai, 1 buah micro USB yang digunakan untuk menghubungkan ponsel ke komputer dan untuk menyambungkan ke charger, dan buku petunjuk penggunaan ponsel yang sangat simpel. Tidak disediakan headset di dalamnya. Yah, isi sesuai dengan harga lah.

Membuka Casing Xiaomi Redmi 1S

Untuk memasukkan SIM Card, Micro SD, dan baterai harus terlebih dahulu membuka casing belakang ponsel. Cara membuka casing hampir mirip dengan Ponsel Nokia X, ada tempat untuk mencongkel dengan kuku di samping kanan bawah. Di buku petunjuk juga sudah disediakan gambar cara membuka casing Xiaomi Redmi 1S ini. Silahkan anda baca baca dulu sebelum menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 1S.

Ponsel Xiaomi Redmi 1S ini mendukung dual ON SIM Card GSM yang bisa bekerja di jaringan HSDPA, dan disediakan slot Micro SD up to 32GB. SIM Card yang digunakan bukan Micro SIM Card seperti pada Samsung Galaxy Ace 3, jadi kita tidak perlu susah susah memotong SIM Card terlebih dahulu.

Tampilan Muka Xiaomi Redmi 1S

Tampilan UI Xiaomi Redmi 1S ini sangat sederhana. Xiaomi Redmi 1S ini menggunakan antarmuka MIUI versi 5 dengan sistem operasi Android Jelly Bean 4.3. Ponsel ini sudah menggunakan custom launcher yang menjadi ciri khas antarmuka Xiaomi yang bisa diubah ubah tampilannya. Anda bisa mengganti theme ponsel semau anda karena sudah disediakan banyak pilihan theme, tapi harus didownload terlebih dahulu.

Semua menu langsung bisa diakses dari home, tinggal anda geser saja. Tidak seperti ponsel Android pada umumnya yang harus menekan tombol menu dulu untuk masuk ke aplikasi. Kesederhanaan tampilan antarmuka ponsel ini yang menjadikan tampilannya agak sedikit lega, tidak dipenuhi banyak aplikasi. Ditambah lagi ponsel ini merupakan salah satu ponsel layar lebar dengan bentang layar 4,7 inch, dengan tipe layar IPS Retina Display Capacitive Touchscreen, 16M warna, 720 x 1280 pixels, Corning Gorilla Glass 2.

Di bagian muka ada 3 tombol navigasi mulai dari kiri adalah tombol untuk melihat aplikasi yang berjalan, tombol tengah adalah home, dan tombol kanan adalah back (kembali). Kekurangan dari ketiga tombol navigasi ini adalah tidak adanya backlight tombol, sehingga pada keadaan gelap ketiga tombol navigasi tersebut tidak akan terlihat.

Hasil Tes Benchmark Xiaomi Redmi 1S

Dilihat dari hardware, ponsel Xiaomi Redmi 1S sudah menggunakan prosesor Quad Core 1.6 GHz Qualcomm Snapdragon 400 MSM8228 dan GPU Adreno 305. Dengan dibekali RAM 1GB dan memory internal yang cukup besar 8GB menjadikan ponsel ini mampu bekerja secara optimal pada pengoperasian standar. Memory internal Xiaomi Redmi 1S memang disediakan 8 GB tapi setelah dikurangi sistem hanya tersedia sekitar 6GB kemudian dipakai untuk data dan konten media tinggal 4,7GB. Jadi memory yang masih kosong dan bisa digunakan untuk pengimpanan adalah 4,7GB.

Sedangkan untuk RAM memang yang disediakan 1GB, tapi dalam kondisi ponsel hidup tanpa menjalankan aplikasi apapun, RAM yang bebas cuma tersedia sekitar 190MB saja. Free RAM cuma segitu kemungkinan besar anda tidak bisa menjalankan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan.

Memory Internal dan RAM Xiaomi Redmi 1S

Dari segi multimedia, smartphone Xiaomi Redmi 1S ini sudah dibenamkan kamera utama 8MP dilengkapi dengan lampu flash di belakang. Fitur kamera utama terdiri dari Focus Mode, White balance presets, Face detection, High Dynamic Range mode (HDR), ISO control, Exposure, Scenes dan Effect. Ketika mengambil gambar, fokusnya sangat cepat, tidak terasa lag. Dari kamera utama anda bisa merekam video kualitas full HD 1080p. Sedangkan di depan juga sudah disediakan kamera sekunder “untuk selfie” 1,6MP.

Kemudian untuk fitur lainnya, Xiaomi Redmi 1S juga dibekali aplikasi bawaan khusus ponsel Xiaomi yang tidak ada pada ponsel Android lainnya seperti Torch, WPS Office, Mi Talk, Mi Cloud, Lite Mode, Swift Key Pro, dan Security apps. Aplikasi Torch bisa digunakan sebagai senter yang akan bekerja dengan menyalakan lampu flash. Aplikasi WPS Office adalah aplikasi office bawaan yang bisa dipakai untuk mengedit dan membuat dokumen Word, Excel, dan Powerpoint. Aplikasi Mi Talk adalah aplikasi chating/ messenger yang bisa dipakai untuk chatingan sesama pengguna Xiaomi. Mi Cloud digunakan untuk media penyimpanan awan lintas perangkat, bisa juga digunakan untuk melacak ponsel yang hilang. Ada juga Security Apps yang berfungsi untuk cleaner, data usage, blocklist, power, virus scan dan permission.

Selain dilengkapi aplikasi bawaan, Xiaomi Redmi 1S juga dilengkapi aplikasi Google Mobile Service seperti pada kebanyakan ponsel Android lainnya seperti Gmail, Youtube, Play Store, Maps, dan lainnya.

Untuk konektifitas, ponsel ini sudah dilengkapi Dual SIM, Quad band GSM, Dual band HSDPA, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Hotspot Portable, Bluetooth v4.0 with A2DP, micro USB v2.0, USB On-the-go (OTG), dan GPS. Sedangkan untuk kapasitas baterai Xiaomi Redmi 1S adalah sebesar 2000 mAh Li-Ion batteray.

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan mengenai spesifikasi ponsel Xiaomi Redmi 1S di atas mungkin bisa kita ambil kesimpulan akan kelebihan dan kekurangan ponsel Xiaomi Redmi 1S ini. Untuk kelebihannya mungkin sudah jelas terletak pada harga yang sangat murah untuk ponsel dengan spesifikasi yang wah, prosesor Quad Core, RAM 1GB, Kamera 8MP, Internal Memory 8GB, dan layar lebar 4,7 Inch. Sedangkan kekurangan dari ponsel Xiaomi Redmi 1S ini mungkin terletak pada paket penjualan yang tanpa headset, tombol navigasi depan tanpa backlight, free RAM cuma 190MB dari total 1GB, masih Android Jelly Bean, dan juga stok yang terbatas.

Tags: Cara Membuka Casing Xiaomi Redmi 1S Harga Ponsel Xiaomi Redmi 1S Jual Xiaomi Redmi 1S Kekurangan Xiaomi Redmi 1S Kelebihan Xiaomi Redmi 1S Kualitas Ponsel Xiaomi Redmi 1S Review Xiaomi Redmi 1S Spesifikasi Xiaomi Redmi 1S

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Review Xiaomi Redmi 1S Ponsel Android Quad Core 1 Jutaan"

Review Xiaomi Redmi Pro Dua Kamera Belakang Kelebihan dan Kekurangan
Xiaomi untuk pertama kalinya merilis sebuah smartphone
  1. Review Nexian Journey One Smartphone Android Lollipop 1 Juta Pas2 years agoReply

    […] diuji dengan aplikasi AnTuTu benchmark sih mendapatkan skor 19 ribuan, tidak beda jauh dengan skor Xiaomi Redmi 1S, cuma memang lebih besar sedikit Redmi 1S. Kemudian untuk uji coba game, saat ini masih sebatas […]

  2. author

    Tia1 year agoReply

    Sayang juga ya ga ada headsetnya, tapi mungkin kalau target pasarnya bukan penyuka musik sih aman ya.

  3. Review Xiaomi Mi 4i Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan1 year agoReply

    […] Mi 4i, dalam paket penjualan Mi 4i ini sama seperti pada smartphone smartphone terdahulunya, Redmi 1S, Redmi Note, Redmi 2, dan lainnya. Karena ponsel Xiaomi ini tergolong ponsel murah, maka dalam […]

  4. Cara Mengatasi Redmi Note 2 Bootloop, Hardbrick, Softbrick1 year agoReply

    […] dari cara mengatasi ponsel Xiaomi Redmi Note 2 atau ponsel Xiaomi lain (Redmi 1S, Redmi 2, Redmi Note, Redmi Note 2, Mi4i, dan Xiaomi lainnya), yang terkena bootloop, hardbrick, […]

  5. Cara Backup Restore Data Aplikasi Ponsel Xiaomi (All Xiaomi)7 months agoReply

    […] data maupun aplikasi pada ponsel Xiaomi. Bisa dilakukan pada ponsel Xiaomi jenis apapun, mau Xiaomi Redmi 1s, Redmi Note, Redmi Note 2, Xiaomi Mi 4i, Xiaomi Redmi 3, dan ponsel Xiaomi yang lain. Tapi yang […]

1 2

Komentar di "Review Xiaomi Redmi 1S Ponsel Android Quad Core 1 Jutaan" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan