Cara Mudah Menjadikan Laptop Sebagai Wifi Hotspot Pribadi

Memiliki hotspot pribadi di rumah mungkin banyak sekali manfaatnya buat anda yang suka internetan. Koneksi melalui Wifi saat ini memang sedang populer, terlebih banyak sekali gadget yang mendukung koneksi internet melalui Wifi. Dan juga semakin banyaknya hotspot gratisan yang tersebar di berbagai tempat seperti di mall-mall maupun di cafe. Tapi bagi anda yang tidak mau repot untuk keluar rumah, hanya untuk mencari jaringan Wifi gratisan demi bisa internetan, anda pun bisa membuat koneksi Wifi Hotspot sendiri di rumah. Hanya dengan bermodal laptop dan modem internet, anda sudah bisa membuat hotspot sendiri di rumah.

Kenapa harus mempunyai Wifi hotspot sendiri di rumah? Kenapa anda harus bisa membuat sendiri hotspot di laptop? Manfaatnya banyak sekali, salah satunya, hanya dengan bermodal 1 koneksi internet ataupun 1 modem, anda bisa berbagi koneksi internet tersebut ke semua perangkat yang sudah mendukung koneksi Wifi. Terlebih bagi anda yang saat ini memiliki gadget atau tablet yang hanya mendukung koneksi internet hanya melalui Wifi saja, tidak mungkin kan anda harus tiap hari keluar rumah mencari jaringan Wifi hanya untuk internetan.

Kemudian satu lagi kegunaan menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot pribadi. Jika anda internetan menggunakan SSH, yang notabene kecepatannya lebih whuzzz daripada ISP di Indonesia, mubazir kalo koneksi yang whuzz tersebut hanya bisa dinikmati untuk laptop saja. Lebih baik anda share koneksi tersebut sehingga keluarga ataupun teman anda di rumah yang memiliki gadget dengan dukungan Wifi bisa ikut menikmati internet.

Untuk menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot, cara yang akan saya bagi kali ini adalah menggunakan bantuan software yang bernama Connectify. Pasti banyak yang sudah tahu tentang software Connectify ini. Sebenarnya ada juga sih cara membuat hotspot pribadi di laptop tanpa bantuan software apapun, akan tetapi saya merasa dengan bantuan software Connectify ini setingan akan terasa lebih mudah.

Nah, untuk cara menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot pribadi, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Download dahulu software Connectify langsung dari situs resminya http://www.connectify.me/. Software ini ada yang versi berbayar (PRO) dan ada yang versi gratisan (Lite), download yang versi Lite saja.

2. Install Connectify di laptop, gampang saja kok proses instalasinya.

3. Anggap saja Connectify sudah terinstal di laptop anda, kemudian buka Connectify. Untuk menggunakan software Connectify ini, di sini ada sedikit pengaturan yang harus diubah, perhatikan gambar berikut.

UI Connectify PRO

4. Hotspot Name isi dengan nama hotspot anda, password minimal 8 karakter, terserah anda atau klik Generate Password untuk mendapatkan random password. Internet to Share pilih koneksi internet yang sedang aktif, misal saya menggunakan modem Smartfren dengan APN smart, maka saya pilih smart. Share over pilih Wifi dan untuk Sharing Mode pilih Wifi Access point, Encrypted (WPA2). Untuk Firewall centang saja semua. Setelah ini baru klik Start Hotspot.

Deteksi Wifi di gadget

Sampai di sini koneksi internet di laptop anda sudah dishare dan laptop anda kini sudah menjadi hotspot pribadi. Untuk mencobanya, silahkan gunakan gadget anda yang ada fitur koneksi Wifi nya, nyalakan Wifi di gadget kemudian hubungkan dengan access point Wifi laptop anda.

Gadget terhubung dengan wifi laptop

Catatan Penting!!!!!

Dari pengalaman saya selama menggunakan software Connectify ini, pertama masalah yang muncul adalah laptop jadi bluescreen saat menjalankan Connectify ini. Solusinya sangat mudah, ternyata saya hanya perlu mengupdate driver Wifi card/ Wlan. Kebetulan driver Wlan laptop saya menggunakan Atheros, jadi tinggal cari driver Atheros terbaru saja. Setelah update driver wlan, software Connectify bisa berjalan lancar. Dan juga tidak semua Wifi adapter laptop mendukung software Connectify, jika driver Wifi/ Wlan anda sudah diupdate tapi Connectify tidak mau jalan, berarti memang driver Wifi anda tidak mendukung.

Masalah kedua adalah gadget tidak bisa terhubung ke hotspot laptop alias client tidak bisa terhubung ke hotspot. Solusinya ternyata hanya perlu mematikan Firewall laptop sementara. Sebenarnya ada rules Firewall yang perlu dibenahi, tapi berhubung saya tidak mengerti tentang Firewall ini jadi lebih baik saya matikan saja Firewall untuk sementara. Dan setelah Firewall mati, client hotspot bisa terhubung.

Oke, demikian sedikit penjelasan dari saya tentang cara menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot pribadi dengan bantuan software Connectify. Semoga sedikit mencerahkan buat anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
15 Comments
  1. someone
    June 14, 2014 | Reply
  2. anonimus
    June 21, 2014 | Reply
  3. Cment
    July 1, 2014 | Reply
  4. heri
    August 16, 2014 | Reply

Add a comment. Please do not leave link on comment form!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *