Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Kemarin-kemarin sempat sibuk mencari cara untuk kompres video tapi tanpa mengurangi kualitas video yang ada. Kompres video ini ditujukan untuk memperkecil ukuran file video. Biasanya kan jika video dikompres maka kualitas gambar ataupun suara video menjadi berkurang. Setelah Googling kesana kemari akhirnya ketemu juga software yang cukup baik untuk kompres video tanpa mengurangi kualitas gambar maupun suara. Software ini bernama Ashampoo Movie Shrink & Burn. Software ini cukup handal dalam urusan kompres mengkompres video file.

Oh ya, sebelumnya sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang cara membuat video slideshow dari foto/gambar kan. Tapi ternyata software yang dipakai untuk membuat video tersebut (Total Video Converter) file output video yang dihasilkan ukurannya terlalu besar. Sehingga nantinya akan merepotkan saat upload ke Youtube. Mungkin jika koneksi internet anda kenceng tidak masalah sih mau upload video dengan ukuran besar. Tapi jika koneksi internet pas-pasan atau bahkan lemot, hal ini akan sangat memakan waktu untuk mengupload video ke Youtube. Nah, salah satu caranya yaitu dengan mengkompres video tersebut sebelum diupload ke Youtube agar file bisa berukuran lebih kecil.

Untuk software Total Video Converter kemarin bisa diatur juga sih agar ukuran file video tidak terlalu besar, akan tetapi setelah saya coba mengubah ukuran resolusi video ke yang lebih kecil ternyata kualitas video nya menjadi lebih jelek, begitu pula dengan kualitas suaranya. Jadi lebih baik menggunakan software kompres video saja. Walau pekerjaan menjadi dua kali, tapi tak apalah, orang juga baru belajar membuat video.

Sebagai pemberitahuan saja ya, tujuan saya membuat atau mengkompres video ini nantinya akan diupload ke Youtube, bukan hanya sekedar koleksi video pribadi saja.

Langsung saja ya ke tutorial cara kompres video tanpa mengurangi kualitas video originalnya.

1. Download dulu software Ashampoo Movie Shrink & Burn lewat Softpedia DI SINI

2. Instal Ashampoo Movie Shrink & Burn ke komputer anda

3. Siapkan video anda dengan ekstensi .mpg atau .mpeg, silahkan baca tutorial cara membuat video slideshow

Note: pada tutorial sebelumnya, pada langkah no. 10, silahkan anda convert video ke MPEG, seperti pada gambar berikut

convert video ke mpeg

4. Jika video sudah sipa sekarang buka Ashampoo Movie Shrink & Burn, kemudian pilih menu Internet

Ashampoo Movie Shrink Interface

5. Pilih format Youtube kemudian klik Next

kompres video ke youtube

6. Tentukan Target Size video, artinya anda tentukan ukuran video setelah dikompres nantinya. Misal sebelumnya video anda berukuran 30MB, mau anda kompres menjadi 15MB, maka masukkan angka 15 pada Target Size, setelah itu klik Add

Ashampoo Movie Shrink Target Size

7. Pilih video yang akan anda kompres, kemudian klik Next

kompres video slideshow

8. Langkah selanjutnya tentukan lokasi file hasil kompres, atau biarkan saja secara default, kemudian klik Start maka proses kompres video akan berjalan. Tunggu hingga proses selesai

Start kompres video

proses kompres video sedang berjalan

9. Setelah proses selesai silahkan klik Open destination folder untuk melihat hasil video

buka folder video hasil kompres

Selesai, demikian tutorial cara kompres video tanpa harus mengurangi kualitas video aslinya. Mungkin suatu hari nanti saya bisa menemukan software yang lebih bagus lagi untuk membuat video slideshow tanpa harus kerja dua kali seperti ini.

Berikut contoh video hasil kompres dengan software Ashampoo Movie Shrink & Burn. Semula ukuran video adalah 38 MB, setelah dikompres menjadi 12 MB saja.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
45 Comments
  1. June 25, 2014 | Reply
  2. afri
    July 22, 2014 | Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *