Tips Mempercepat Koneksi Internet Smartfren Menggunakan DNS Benchmark

Kali ini saya akan berbagi sedikit tips untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet Smartfren anda yang lelet atau lemot. Dalam artikel-artikel sebelumnya telah saya singgung sedikit tentang masalah pelayanan Smartfren yang saat ini sedang populer dibahas. Keluhan-keluhan banyak berdatangan dari para pelanggan Smartfren yang merasa kecewa atas kualitas internet Smartfren. Apa sih yang kebanyakan mereka keluhkan? Pastinya kebanyakan dari mereka mengeluh akan kecepatan internet Smartfren yang makin lama makin menurun. Makin lama makin lemot saja internet menggunakan Smartfren.

Lemot atau lelet di sini sebenarnya relatif sih ya. Ada yang mendapatkan kecepatan internet misal 20 KB/s itu dianggap lelet. Ada yang menganggap kecepatan 100 KB/s itu juga masih lelet. Mungkin bagi pengguna baru Smartfren yang dulunya masih setia dengan provider GSM, mendapatkan kecepatan download sampai 100 KB/s itu dianggap tinggi dan tidak lemot. Tapi tidak jika anda adalah pengguna lama Smartfren, yang dulunya sering mendapatkan kecepatan download di atas 200 KB/s. Dengan menurunnya kecepatan download sampai 100 KB/s mungkin anda langsung protes ke pihak Smartfren. Jadi sebenarnya lemot atau tidaknya kecepatan internet tergantung penilaian masing-masing.

Share sedikit nih, saya pernah berkunjung ke blog yang lagi membahas tentang internet menggunakan provider AHA, karena saya juga sedang mencari referensi provider internet CDMA yang bagus, termasuk ingin mencari review provider AHA yang KATANYA lebih baik daripada Smartfren dan ketemulah di blog itu. Tidak usah saya sebutin blognya ya, anda bisa mencari di Google, banyak kok yang membahas seputar provider AHA. Setelah saya membaca review yang tertulis di blog tersebut kemudian saya membaca komen-komen yang bisa tergolong banyak lah yang komen di blog itu. Dan apa isi dari komen mereka? Ya tidak jauh dari keluhan para pelanggan Smartfren lah, yang mengeluh kenapa semakin lama internet menggunakan AHA semakin lemot. Tidak cuma 1 atau 2 orang saja yang komen atas keluhannya, tapi hampir semua komen. Dari sini bisa saya ambil kesimpulan bahwa kualitas internet dari provider di Indonesia memang masih rendah, tidak hanya Smartfren tapi semua. Ya mau gimana lagi, bisanya provider kita memang segitu, pengen kualitas yang lebih baik? Bayar lebih mahal.

Oke, kita kembali ke topik tentang tips menambah kecepatan koneksi internet Smartfren. Sebenarnya tips ini bukan hanya untuk Smartfren sih, tapi bisa dikategorikan secara umum (all operator) karena tips ini hanya merubah seting DNS internet anda. Jika anda saat ini sedang kesal dengan koneksi internet Smartfren yang makin lama makin lelet. Tidak ada salahnya anda mencoba tips ini. Dan jujur saja, sebenarnya tips ini belum pernah saya coba, karena Alhamdulillah sampai saat ini saya belum menjumpai koneksi internet yang lemot selama menggunakan Smartfren seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel-artikel sebelumnya. Dan kalau pun nantinya saya mengalami masalah koneksi menggunakan Smartfren saya lebih baik menggunakan provider lain, maksudnya saya telah menyediakan beberapa kartu cadangan untuk internet. Daripada harus mengeluh yang belum tentu masalah saya terselesaikan saat itu juga. Waktu adalah uang. Dan uang yang saya dapatkan datangnya dari internet, internet macet uang pun macet, hehehe.

Tips ini saya dapatkan di forum Facebook yang sedang membahas masalah internet menggunakan Smartfren, tapi forum yang membagikan tips menambah kecepatan internet Smartfren malah sering dihapus oleh pihak Smartfren, aneh memang Smartfren, sudah tahu banyak pelanggannya yang mengeluh koneksi yang lambat, trus ada yang ingin membantu malah dihapus.

Pada tips ini intinya anda hanya perlu merubah seting DNS internet menggunakan suatu software yang bernama DNS Benchmark. Menurut orang-orang di forum sih tips ini berguna sekali, ya walaupun hanya sedikit setidaknya tips ini bisa menambah kecepatan internet anda. Untuk cara menggunakan DNS Benchmark adalah sebagai berikut.

1. Download software DNS Benchmark, software ini portable jadi tidak perlu instalasi

2. Buka program DNS Benchmark, pilih pada menu Nameservers

3. Klik pada Run Benchmark dan tunggu sampai proses pencarian DNS selesai. Mungkin ini akan memakan waktu lama jika koneksi anda lemot, jadi sabar saja

4. Jika proses pencarian selesai terlihat beberapa daftar DNS. DNS yang berwarna kecoklatan sudah tidak bisa dipakai sedangkan yang berwarna hitam masih bisa dipakai.

5. Cari DNS yang grafik biru sama hijau masih banyak atau panjang. Grafik berwarna merah menandakan bandwidth yang sudah terpakai.

6. Cari 2 DNS yang mempunyai kemiripan untuk primary dan secondary DNS. Misalnya DNS Google

Primary DNS: 8.8.8.8
Secondary DNS: 8.8.4.4

7. Untuk memasukkan DNS pada Smartfren, buat seting profil internet baru dengan pengaturan sebagai berikut:

Profile Name: Smart1
Access Number: #777
User name: smart
Password: smart

Untuk cara membuat profil internet baru bisa anda lihat pada artikel saya sebelumnya.

8. Klik Advanced untuk pengaturan lebih lanjut

9. Pada DNS Settings pilih Static kemudian isikan 2 DNS sebagai primary dan secondary DNS, klik OK

10. Kilk Save >> OK untuk menyimpan pengaturan profil baru

11. Pilih profil internet yang telah anda buat tadi, misal Smart1 kemudian klik Connect

12. Cobalah untuk browsing dan rasakan perubahannya. Apakah terasa lebih cepat? Jika belum atau tambah lemot anda bisa menggunakan DNS yang lain yang ada pada daftar DNS Benchmark. Ganti DNS Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) dengan DNS yang lain.

Catatan:

Mungkin perubahan yang terjadi tidak begitu kelihatan karena ini hanya mengganti pengaturan DNS, semua kita kembalikan kepada ISP masing-masing. Tapi sebagian besar pengguna merasa tips ini banyak membantu khususnya bagi pengguna Smartfren yang internetnya sangat lemot. Yang jelas untuk mendapatkan kecepatan internet yang bagus anda harus mengetahui syarat-syaratnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
103 Comments
  1. widya
    December 18, 2013 | Reply
  2. holi
    April 25, 2014 | Reply
  3. June 28, 2014 | Reply
  4. July 18, 2014 | Reply

Berkomentarlah sesuai isi artikel! Please, do not spam!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *