Cara Instal Windows 8 Developer Preview Dual Boot Dengan Windows 7

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menikmati Windows 8 Developer Preview pada komputer anda, Sistem Operasi masa depan dari Microsoft yang rencananya akan diluncurkan tahun depan. Salah satu caranya adalah menggunakan VirtualBox yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Atau jika anda hanya ingin menikmati tampilan Windows 8 saja tanpa ingin mencoba fitur-fiturnya, anda bisa menggunakan software Windows 8 UX Pack yang bisa diinstal pada Windows 7 anda. Yang terpenting di sini anda tidak dianjurkan menginstal Windows 8 sebagai sistem operasi utama, artinya pada komputer anda hanya diinstal satu Windows saja yaitu Windows 8 Developer Preview, tidak ada sistem operasi lain.

Menjadikan Windows 8 Developer Preview sebagai sistem operasi utama tidak dianjurkan karena Windows 8 Developer Preview masih dalam tahap uji coba dan banyak sekali bug di dalamnya. Saya yakin sekali jika anda menginstal Windows 8 Developer Preview sebagai sistem operasi utama suatu saat anda akan instal ulang lagi ke Windows lama.

Hal ini dikarenakan belum ada software yang mendukung Windows 8. Jika anda menggunakan Windows 8 Developer Preview sebagai sistem operasi utama, ke depannya anda bisa apa dengan Windows 8 ini? Setelah instal Windows 8 Developer Preview ini pun belum tentu driver komputer anda bisa diinstal. Memang ada sebagian software/driver yang kompatibel dengan Windows 7 juga bisa diinstal di Windows 8, tapi itu hanya sedikit saja dan pasti kerja software tersebut akan cacat, yakin deh, saya sudah mencobanya kok.

Maka dari itu kebanyakan orang menjajal Windows 8 Developer Preview melalui Mesin Virtual, salah satunya menggunakan software VirtualBox. Lantas bagaimana jika komputer anda tidak mendukung mesin virtual atau tidak bisa diinstal VirtualBox, komputer dengan spek rendah mungkin? Tenang saja, anda bisa menginstal sistem operasi Windows 8 Developer Preview berdampingan dengan Windows 7 atau biasa disebut Dual Boot (Dual Booting). Dengan catatan komputer anda sudah memenuhi syarat untuk instal Windows 8. Saya sebutkan lagi nih spesifikasi komputer yang mendukung Windows 8.

– Prosesor dengan kecepatan 1 GHz atau yang lebih cepat, baik yang 32-bit (x86) atau 64-bit (x64)

– 1 GB RAM untuk sistem 32-bit atau 2 GB RAM untuk sistem 64-bit

– 16 GB ruang hardisk untuk sistem 32-bit atau 20 GB untuk sistem 64-bit

– VGA yang telah mendukung DirectX 9 graphics device dengan WDDM 1.0 atau driver yang lebih tinggi

Bisa diambil kesimpulan intinya di sini komputer anda harus menyediakan space hardisk kosong minimal 20 GB dan RAM minimal 2 GB, spek ini yang saya anjurkan. Jika syarat di atas sudah dipenuhi maka anda sudah siap untuk instal Windows 8 Developer Preview Dual Boot Dengan Windows 7.

Dalam kenyataannya menjalankan Windows 8 Developer Preview dual boot dengan Windows 7 adalah lebih baik daripada harus menggunakan Mesin Virtual karena tidak akan memakan banyak memori komputer. Sehingga jika anda bermaksud ingin menikmati benar-benar Windows 8 anda bisa instal berdampingan dengan Windows 7 anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Oke, langkah pertama untuk instal Windows 8 Developer Preview dual boot dengan Windows 7 adalah anda harus punya installer (file ISO) Windows 8 Developer Preview, installer file ISO ini bisa anda temukan di http://msdn.microsoft.com/en-us/windows/home/. Atau untuk direct link download file ISO Windows 8 Developer Preview bisa anda cari-cari pada artikel saya sebelumnya.

2. Setelah anda mendapatkan file ISO Windows 8 Developer Preview, anda bisa bakar (burn) ke dalam DVD atau anda bisa menggunakan flashdisk untuk dijadikan bootable Windows 8.

3. Siapkan partisi hardisk kosong di komputer anda, minimal 20 GB atau lebih, 100 GB juga tidak apa-apa. Jika anda belum menyiapkan partisi hardisk anda bisa dengan mudah melakukannya dari Windows 7 tanpa bantuan software. Klik Start >> Run (atau dengan menekan tombol Windows + R), ketikkan ‘diskmgmt.msc’ kemudian enter atau klik OK.

4. Perintah ini akan membuka jendela Disk Management. Pilih partisi hardisk yang akan dibagi, klik kanan >> Shrink Volume

5. Masukkan jumlah ruang hardisk untuk partisi baru, misal di sini 20000 MB, boleh lebih. Kemudian klik Shrink.

6. Klik kanan pada partisi baru yang telah dibuat dan pilih ‘New Simple Volume.’


7. Akan terbuka Wizard untuk membuat volume baru, klik Next dan biarkan secara default. Sampai pada memasukkan Volume Label atau nama patisi, masukkan nama partisi misal Windows 8, klik Next.

Setelah ini akan memformat dan membuat partisi baru sehingga siap untuk diinstal Windows 8 Developer Preview.

8. Masukkan DVD atau flashdisk yang telah anda buat bootable pada langkah 2 di atas kemudian restart komputer, seting BIOS untuk pilihan first boot.

9. Jika anda menggunakan DVD setelah booting dan muncul tulisan ‘press any key to boot from CD or DVD’ pada layar maka tekan sembarang tombol pada keyboard.

10. Proses instalasi akan berlangsung dan ketika memasuki jendela ‘Which type of installation do you want?’ pilih ‘Custom (advanced)’ kemudian pilih partisi hardisk yang akan diinstal, misal tadi pada partisi dengan nama ‘Windows 8’. Klik Next dan ikuti langkah selanjutnya sampai selesai.

11. Jika komputer anda terhubung dengan internet atau Wireless network lakukan aktivasi online saat itu juga dengan menghubungkan ke internet. Tetapi anda bisa juga melakukan aktivasi setelah instalasi selesai maka lakukan Skip untuk proses ini.

12. Kini anda memiliki dua sistem operasi terinstal pada komputer anda, Windows 7 dengan Windows 8 Developer Preview

13. Jika anda belum melakukan aktivasi, silahkan hubungkan komputer anda ke internet. Bagi anda yang memiliki modem Smartfren EC1261-2 anda bisa instal langsung pada Windows 8 seperti instalasi pada Windows 7

14. Aktivasi Windows 8 Developer Preview akan secara otomatis dilakukan setelah komputer terhubung ke internet. Kilk kanan pada Computer >> Properties dan lihat Windows anda telah aktif.

Tags: Cara Aktivasi Windows 8 Developer Preview Cara Partisi Hardisk Windows 7 Cara Partisi Hardisk Windows 7 Tanpa Software Dual Boot Windows 7 Dual Boot Windows 8 Developer Preview Dual Boot Windows 8 Developer Preview Dengan Windows 7 Instal Windows 8 Developer Preview Berdampingan Dengan Windows 7 Instal Windows 8 Developer Preview Dual Boot Dengan Windows 7 Instal Windows 8 Developer Preview Pada Windows 7

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Cara Instal Windows 8 Developer Preview Dual Boot Dengan Windows 7"

Cara Mengetahui Software Apa Saja Yang Kompatibel Dengan Windows 8
Salah satu kekurangan menggunakan Sistem Operasi Windows
Panduan Instal Windows 8 Consumer Preview Lengkap Dengan Gambar
Setelah anda berhasil mendownload Windows 8 Consumer
Cara Instal Windows 8 Consumer Preview Dari Flashdisk
Cara Instal Windows 8 Consumer Preview Dari
Windows 8 Consumer Preview Dirilis, Download Sekarang!
Kurang lebih 5 bulan sejak rilis Windows
  1. Panduan Instal Windows 8 Consumer Preview3 years agoReply

    […] partisi kosong dalam hardisk anda. Saya menganjurkan anda menginstal Windows 8 Consumer Preview ini dual boot dengan Windows yang anda gunakan sekarang, jadi siapkan partisi hardisk minimal ukuran 20 GB. Tapi […]

1 2 3

Komentar di "Cara Instal Windows 8 Developer Preview Dual Boot Dengan Windows 7" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan