Cara Instal Windows 8 Developer Preview Melalui USB Flash Drive/ Flashdisk

Setelah kemarin selesai menerbitkan artikel tentang Tutorial Cara Aman Instal Windows 8 Developer Preview Menggunakan VirtualBox, kini saya akan berbagi informasi lagi seputar Windows 8 Developer Preview, yang sekarang lagi jadi topik hangat di luar. Kalau di Indonesia untuk saat ini kabar tentang Windows 8 Developer Preview, saya rasa belum begitu populer. Sebab saya cari di pencarian Google dengan kata kunci ‘cara instal windows 8 developer preview’ saja masih bisa dihitung jumlah blog Indonesia yang mengulasnya. Ini per hari ini loh, untuk hari berikutnya ya mungkin sudah berbeda. Dan alhamdulillah blog ini telah berada pada Halaman kedua pencarian Google dengan kata kunci tersebut. Jadi sengaja saya mengulas artikel tentang Windows 8 Developer Preview lagi.

Saya tidak lagi akan menjelaskan tentang apa itu Windows 8 Developer Preview, tetapi langsung saja ke inti topiknya yaitu Cara Instal Windows 8 Developer Preview Melalui USB Flash Drive atau orang Indonesi biasa menyebut USB Flash Drive dengan sebutan Flashdisk karena memang sudah populer. Tapi sebenarnya USB Flash Drive itu banyak macemnya bukan hanya Flashdisk.

Sebelum anda mulai menginstal Windows 8 Developer Preview melalui flashdisk terlebih dahulu harus anda mempersiapkan hal-hal berikut.

1. Keyakinan anda. Jadi anda harus yakin dan mantap untuk mencoba menginstal Windows 8 Developer Preview langsung dari komputer. Dan mau menerima segala resiko, karena Windows 8 Developer Preview ini masih dalam tahap beta alias percobaan, jadi kemungkinan masih banyak bug dan kekurangan. Tapi jika anda tidak mau instal langsung, anda bisa menggunakan virtual mesin untuk instal Windows 8 Developer Preview, lihat lagi artikel saya di Tutorial Cara Aman Instal Windows 8 Developer Preview Menggunakan VirtualBox. Yah resiko paling mentoknya paling instal ulang ke Windows lama.

2. Jika anda sudah mantap dan yakin silahkan anda mulai dengan mendownload salah satu dari ketiga macam Windows 8 Developer Preview melalui link di bawah.

Download Link: WindowsDeveloperPreview-64bit-English.iso (3,6 GB)

Download Link: WindowsDeveloperPreview-32bit-English.iso (2,8 GB)

Download Link: WindowsDeveloperPreview-64bit-English-Developer.iso (4,8 GB)

3. Jika anda sudah mempunyai installer Windows 8 Developer Preview lewati langkah nomor 2 di atas

4. Download Windows 7 USB/DVD Download tool (2,6 MB)

5. Flashdisk berukuran minimal 4 GB. Jika tidak ada flashdisk bisa menggunakan alternatif lain seperti micro SD, MMC, hardisk, dll yang terpenting bisa terhubung ke komputer dan ukuran minimal 4 GB. Sebaiknya flashdisk yang kosong, jangan diisi data karena nanti selama proses flashdisk akan diformat.

6. Laptop/komputer yang memenuhi spesifikasi Windows 8 Developer Preview. Apa saja spek komputer untuk bisa instal Windows 8 Developer Preview? Lihat saja artikel saya sebelumnya di sini atau di sini.

Nah, keenam hal di atas harus anda siapkan terlebih dahulu sebelum anda instal Windows 8 Developer Preview melalui falshdisk. Setelah semua siap baru kita melangkah ke langkah berikutnya.

Oh iya sebenarnya tutorial yang lebih menuju ke cara membuat Windows 8 Developer Preview bootable flashdisk, jadi bukan proses instalasi Windows 8 Developer Preview ke komputer.  Tetapi lebih ke cara membuat bootable flashdisk nya. Untuk proses instalasinya sama kok seperti instal Windows 8 Developer Preview menggunakan VirtualBox.

Untuk membuat Windows 8 Developer bootable flashdisk silahkan anda ikuti langkah berikt:

1. Instal Windows 7 USB/DVD Download tool yang telah anda download

2. Selesai instal langsung jalankan tool tersebut

3. Klik Browse untuk mencari lokasi file ISO Windows 8 Developer Preview yang telah anda download, kemudian klik Next

4. Pilih USB device pada jendela Choose media type

5. Tentukan lokasi flashdisk anda yang sebelumnya telah dihubungkan ke komputer

6. Klik Begin copying untuk memulai menyalin semau file Windows 8 Developer Preview ke dalam flashdisk. Tunggu hingga proses selesai 100%

7. Jika proses kopi file sudah selesai 100% anda bisa menutup aplikasi dan flashdisk anda telah bisa digunakan untuk instal Windows 8 Developer Preview. Di sini terlebih dahulu anda harus mengatur bios dan memilih boot pertama pada USB Flash Drive.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

3 Comments
  1. Teman
    November 1, 2011 | Reply
    • Thekrim
      November 1, 2011 | Reply
  2. muh fuad
    June 18, 2012 | Reply

Berkomentarlah sesuai isi artikel! Please, do not spam!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *