Rekomendasi Modem 4G/ LTE Murah Bisa Semua Operator

Teknologi internet saat ini, terutama di Indonesia sudah mencapai teknologi 4G. Tak heran jika banyak perangkat internet termasuk HP/ ponsel dan modem sudah mendukung jaringan 4G. Namun jika dibandingkan dengan HP, jumlah modem yang sudah mendukung jaringan 4G di Indonesia ini lebih sedikit. Kalau HP sudah tidak bisa diaragukan lagi sekarang sudah banyak bermunculan HP keluaran baru yang sudah mendukung jaringan 4G. Tapi untuk modem? Iya memang ada tapi tidak sebanyak HP.

Bahkan untuk modem yang mendukung jaringan 4G/ LTE ini biasanya dibundling oleh masing masing operator yang sudah meluncurkan jaringan 4G. Seperti pada operator Bolt, Smartfren, bahkan yang terbaru ini Telkomsel belum lama ini juga meluncurkan modem (mifi) yang dibundling dengan produk mereka. Namun, biasanya produk modem yang mereka luncurkan masin lock, artinya hanya bisa dipakai untuk kartu operator tersebut. Misal modem Smartfren (Mifi Smartfren Andromax) hanya bisa dipakai untuk kartu Smartfren, trus Modem Bolt juga hanya bisa dipakai untuk kartu Bolt saja.

Iya, mungkin anda sudah sering dengar atau tahu bahwa ada beberapa modem Bolt yang bisa dipakai untuk kartu lain selain kartu Bolt. Modem Bolt yang sudah bisa dipakai semua operator di Indonesia berarti modem tersebut sudah diunlock. Siapa yang unlock modem tersebut? Yang pasti orang yang ahli. Jadi sebenarnya pihak Bolt sendiri menjual modem Bolt mereka masih dalam keadaan lock, kemudian ada semacam orang/ distributor membeli modem tersebut dan setelah sampai ke tangan mereka baru modem tersebut di-unlock agar bisa dipakai untuk semua kartu. Dan terakhir mereka (distributor) menjual lagi modem Bolt tersebut ke end user dalam kondisi unlock bisa untuk semua operator baik GSM maupun CDMA.

Biasanya harga modem unlock lebih mahal daripada modem yang masih lock. Dan juga biasanya modem yang sebelumnya masih lock dari operator, kemudian di-unlock maka garansi akan hilang. Anda juga sebenarnya bisa unlock sendiri beberapa modem yang masih lock, asal tahu caranya dan mau menanggung resiko. Banyak sekali tutorial cara unlock modem khususnya modem di internet, tinggal anda berani praktek atau tidak, kalau tidak ya beli modem yang sudah unlock saja.

Lanjut ke rekomendasi modem, di sini saya akan merekomendasikan beberapa modem baik modem USB maupun modem Wifi yang sudah mendukung jaringan 4G dan bisa dipakai kartu semua operator di Indonesia (Bolt, Smartfren, Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Three). Perlu anda ketahui juga, mungkin banyak modem yang ngakunya sudah bisa 4G/ LTE tapi ternyata tidak bisa 4G. Jadi kalau ada kasus begini, anda lihat lagi spesifikasi modem tersebut. Di frekuensi jaringan berapa saja modem tersebut bekerja. Untuk operator Bolt dan Smartfren jaringan 4G mereka menggunakan frekuensi 2300 MHz, Smartfren ada beberapa yang masih menggunakan frekuensi 850 MHz. Sedangkan untuk operator Telkomsel, Indosat, dan XL mereka menggunakan frekuensi 1800 MHz untuk jaringan 4G. Jadi gampangnya jika ada modem 4G yang spesifikasinya tidak tertulis frekuensi 1800 MHz maka tidak bisa digunakan untuk 4G Telkomsel, Indosat dan XL. Dengan catatan, jaringan 4G nya saja, namun kemungkinan masih bisa digunakan untuk jaringan 3G.

Berikut ini beberapa modem 4G yang bisa dipakai untuk semua kartu. Untuk masalah harga sih memang kalau dibilang murah ya tidak murah, kalau dibilang mahal ya tidak mahal, soalnya masih ada beberapa modem 4G yang harganya jauh lebih mahal daripada modem 4G yang saya rekomendasikan berikut, Yang jelas jika anda ingin membeli modem 4G pastikan budget anda di atas 300 ribu.

1. Modem Bolt Slim 2 Huawei E5577

Rekomendasi modem 4G pertama yang bisa semua operator adalah modem Bolt Slim 2. Ada juga modem Bolt Max 2. Keduanya hampir sama tapi yang saya rekomendasikan yang modem Bolt Slim 2 karena saya sudah pernah mereviewnya walau sedikit di sini >> http://teknikit.com/2015/12/review-modem-wifi-mifi-bolt-slim-2-unlock-kartu-gsm.html.

Modem Bolt Slim 2

Kalau modem Bolt ini bukan modem USB loh ya, tapi modem Wifi (MiFi) yang biasanya harganya lebih mahal daripada modem USB.  Namun walau harga mahal, saya pastikan tidak terlalu banyak masalah akan modem ini ke depannya. Sudah hampir satu tahun saya pakai Bolt Slim 2 ini dan hampir tidak ada masalah di modem ini, lancar jaya. Ya saya akui masalah cuma di baterai saja yang saat ini sudah menggembung karena saya colok ke charger hampir 24 jam, jarang dilepas 😀 .

Kalau mau cari modem Bolt Slim 2 cari yang sudah unlock semua operator. Soalnya ada juga yang jual modem Bolt Slim 2 masih lock. daripada anda harus repot unlock sendiri, belum lagi kalau salah salah modem malah tidak bisa dipakai semua operator.

Untuk harga sendiri saat ini modem Bolt Slim 2 masih di kisaran harga 500 ribu atau 600 ribuan paling mahal. Ya memang ada beberapa modem Bolt unlock yang harganya lebih murah daripada Slim 2, seperti Bolt Orion, namun untuk harga modem Bolt yang lebih murah daripada Bolt Slim 2 tidak bisa dipakai untuk jaringan 4G selain Bolt dan Smartfren. Jadi 4G Telkomsel, Indosat, Xl tidak bisa, namun masih bisa untuk jaringan 3G nya.

2. Modem Huawei E3372

Modem 4G yang kedua adalah Huawei E3372. Modem ini merupakan modem USB, beda dengan modem Bolt Slim 2 di atas. Modem ini sudah unlock dan mendukung jaringan 4G semua operator di Indonesia. Bisa dipakai untuk kartu Bolt, Smartfren, Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Three.

Modem 4G LTE Huawei E3372

Keunggulan dari modem USB ini yaitu ukurannya lebih kecil, lebih simpel, mudah dibawa kemana mana. Tidak perlu baterai jadi tidak perlu khawatir kehabisan baterai karena tinggal colok ke komputer. Namun untuk kekurangannya ini satu modem hanya bisa dipakai untuk satu laptop/ PC. Kalau modem Wifi kan bisa untuk ramai ramai. Kekurangan yang kedua yaitu jika lokasi anda minim sinyal, maka anda harus menempatkan modem di suatu titik di mana terdapat lebih banyak sinyal. Kalau tidak dibantu dengan kabel USB yang panjang maka anda akan kesulitan mencari sinyal. Kalau modem Wifi kan tinggal pindah saja posisi modem sesuai keinginan, mana posisi yang sinyalnya lebih banyak.

Namun terlepas dari kekurangan di atas, modem Huawei E3372 ini sangat saya rekomendasikan sebagi modem 4G yang bisa digunakan untuk semua kartu/ semua operator di Indonesia. Bukan hanya semua kartu, tapi semua jaringan 4G provider Indonesia. Kalau bisa digunakan untuk semua kartu namun tidak semua jaringan 4G ya sama saja bohong, mending beli modem 3G saja yang lebih murah.

Nah, untuk harga modem Huawei E3372 masih tergolong murah daripada modem Bolt. Untuk saat ini anda bisa mendapatkan modem ini di harga 400 ribuan sampai 500 ribuan.

Itulah 2 modem 4G/ LTE yang bisa saya rekomendasikan kepada anda. Tidak perlu banyak banyak nanti anda malah bingung memilih. Jangan asal membeli modem 4G yang katanya bisa semua jaringan 4G semua operator, namun kenyataannya untuk beberapa operator GSM hanya bisa dipakai di jaringan 3G nya saja. Dan jangan tergiur dengan harga murah. Sekali lagi kalau mau beli modem 4G tanyakan ke penjualnya apakah bisa dipakai untuk jaringan 4G semua operator, tidak hanya bisa dipakai untuk semua kartu loh ya, tapi bisa dipakai untuk semua jaringan 4G provider.

Catatan Tambahan!!

Sebagai catatan tambahan buat anda. Mungkin ada yang nawarin beberapa tipe modem 4G yang lebih murah, yang support semua kartu termasuk kartu GSM, namun ternyata hanya support di jaringan 3G saja. Ada modem Bolt Orion, seperti yang sudah saya jelaskan sedikit di atas. Modem Bolt Orion yang sudah unlock memang bisa dipakai untuk semua kartu termasuk kartu GSM, namun hanya mentok pada jaringan 3G nya saja, tidak bisa untuk 4G. Namun untuk modem Bolt Orion bisa untuk 4G Bolt dan Smartfren. Kemudian ada modem Huawei E3276, modem ini juga termasuk modem 4G/ LTE yang katanya support semua kartu. Tapi sekali lagi untuk operator Telkomsel, Indosat. dan XL hanya mentok di jaringan 3G saja, tidak bisa untuk 4G.

Tags: Modem 4G Bisa Kartu Telkomsel Indosat XL Modem 4G Bolt Modem 4G Harga di Bawah 500 Ribu Modem 4G LTE Modem 4G LTE Paling Murah Modem 4G Murah Modem 4G Smartfren Modem 4G Support Semua Kartu Modem 4G Support Semua Operator Modem Bisa Kartu GSM dan CDMA Modem Bolt Paling Murah Modem Bolt Unlock Semua Kartu

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Rekomendasi Modem 4G/ LTE Murah Bisa Semua Operator"

Review Modem Wifi (MiFi) Bolt Slim 2 Unlock Kartu GSM
Setelah kemarin mencoba menukar kartu SIM Indosat
Dapat Juga Modem GSM Murah Huawei E303CS6-1
Setelah kemarin melakukan perburuan modem GSM murah
Pilihan Harga Modem GSM Murah Bisa 3G/ HSDPA
Artikel kali ini terinspirasi karena saat ini
  1. author

    apip3 months agoReply

    Sya ada modem e3372 tp kok gk bisa pake smartfren 4G

    • author

      ade2 months agoReply

      logo nya apa gan , kebanyakan dipasaran memang bisanya 4g gsm ?

  2. author

    DENI SAPUTRO2 weeks agoReply

    Kalau modem 4G yg GSM apa ya bgus? Yg GSM lho ya…

Komentar di "Rekomendasi Modem 4G/ LTE Murah Bisa Semua Operator" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan