Cara Lock/ Setting Jaringan 4G/ LTE Ponsel Xiaomi MIUI 8

Bagi anda pengguna ponsel Xiaomi, khususnya untuk produk Xiaomi garansi distributor, yang masuk ke Indonesia secara tidak resmi, mungkin anda pernah atau sedang mengalami masalah setting jaringan 4G/ LTE di ponsel Xiaomi anda. Saya pun juga begitu. Sebagai pengguna smartphone Xiaomi Redmi 3, akhir akhir ini saya terkendala masalah setting jaringan 4G/ LTE pada device ini. Masalah muncul ketika saya mengupdate ROM dari MIUI 7 ke MIUI 8.

Bagi anda pengguna ponsel Xiaomi khususnya Xiaomi Redmi 3 yang sudah mengupdate ponsel anda ke MIUI 8 mungkin juga mengalami kendala yang sama seperti saya ini, yaitu tidak bisa nge-lock jaringan di 4G, padahal sebelum menggunakan ROM MIUI 8 bagus saja bisa lock di jaringan 4G. Pada MIUI 8 untuk ponsel Xiaomi ini ternyata settingan untuk memilih jaringan 4G dihilangkan, seperti gambar berikut.

Pengaturan Setting Jaringan 4G Hilang Pada MIUI 8

Pada ROM MIUI 8 versi sebelumnya, hal tersebut masih bisa diakali, dan kita masih bisa memilih jaringan 4G pada ponsel. Caranya yaitu masuk ke menu Phone dan tekan *#*#4636#*#* >> pilih SIM 1 atau SIM 2 yang digunakan untuk internet >> Set preferred network type. Untuk lock ke jaringan 4G anda bisa pilih LTE only. Jika jaringan 4G di lokasi anda tidak stabil anda bisa memilih LTE/WCDMA.

Setting Jaringan 4G Xiaomi Redmi 3

Jadi bagi pengguna ponsel Xiaomi khususnya Xiaomi Redmi 3, jika pengaturan jaringan 4G di ponsel hilang, anda masih bisa mengaturnya di *#*#4636#*#*.

Permasalahan yang sering dialami jika setting jaringan lewat *#*#4636#*#* adalah kalau HP direstart maka settingan balik lagi ke awal, sehingga harus setting ulang. Tidak seperti setting jaringan langsung lewat menu Pengaturan yang bisa permanen. Kadang tidak direstart pun tiba tiba setting jaringan balik lagi ke awal.

Sedangkan untuk update terbaru MIUI 8 ini semakin tidak karuan untuk settingan 4G. Pilihan Set preferred network type pada *#*#4636#*#* malah dihilangkan atau tidak bisa memilih jaringan. Jadinya jaringan sudah otomatis di lock di 3G.

Untuk mengakalinya anda bisa ikuti langkah berikut.

1. Untuk pengguna double simcard, tempatkan kartu 4G pada slot 1, dan untuk slot sim 2 sementara anda nonaktifkan dulu. Untuk pengguna single sim, langsung saja ke langkah berikut.

2. Cabut simcard (sim holder) kemudian masuk ke menu Phone dan tekan *#*#4636#*#*
pilih Phone information1

3. Tanpa simcard malah Set preferred network type bisa dipilih

Cara Lock 4G Xiaomi Redmi 3

4. Tap saja pada Set preferred network type tapi jangan dipilih dulu jaringannya

Cara Setting Jaringan 4G MIUI 8

5. Masih pada tampilan menu jaringan tersebut di atas, masukkan simcard (sim holder), tunggu sampai sinyal muncul, baru anda pilih jaringan LTE only atau bisa juga pilih LTE/WCDMA, kemudian keluar

Lock 4G LTE Ponsel Xiaomi

Setelah ini maka jaringan ponsel sudah dilock/ dipilih untuk 4G (4G preferred). Sekali lagi settingan jaringan ini ada kekurangannya, yang kadang balik lagi ke settingan 3G. Usahakan jangan matikan/ restart ponsel atau jangan cabut slot simcard lagi, soalnya settingan jaringan akan kembali ke 3G setelah ponsel restart atau simcard dicabut. Tapi jika suatu saat ponsel anda restart, silahkan anda ulangi lagi cara di atas untuk setting jaringan 4G/ LTE. Jika anda merasa ribet harus setting jaringan 4G mulu, silahkan anda nikmati saja ROM MIUI 7 (ROM sebelumnya) dan tunggu fix dari Xiaomi untuk setting jaringan 4G pada MIUI 8 ini.

Update Tambahan!!!

Cara lain adalah flash file Patch_LTE melalui TWRP. Otomatis untuk bisa fix LTE yang ini anda diharuskan sudah pasang custom recovery TWRP pada ponsel Xiaomi anda. Untuk pengguna Xiaomi Redmi 3 sudah pernah saya jelaskan cara pasang recovery TWRP di sini >> http://teknikit.com/2016/04/cara-install-recovery-twrp-pada-xiaomi-redmi-3.html.

Bila sudah terpasang recovery TWRP, download dulu file Patch_LTE >> https://drive.google.com/file/d/0B6u8ynybJKIiTkpwYlF0YXc5dmc/view. Salin file tersebut ke internal memory atau external memory terserah, masuk ke TWRP, flash file Patch_LTE tersebut. Restart ponsel dan taraaaa, pengaturan Prefer LTE sudah muncul lagi.

Tags: Cara Lock 4G MIUI 8 Cara Lock Jaringan 4G LTE Cara Memilih Jaringan Ponsel Xiaomi Lock 4G LTE Ponsel Xiaomi Menu Jaringan 4G MIUI 8 Hilang ROM MIUI 8 Tidak Bisa Pilih 4G LTE Setting Jaringan 4G Xiaomi Setting Jaringan 4G Xiaomi MIUI 8 Settingan 4G Xiaomi Redmi 3 Update MIUI 8 Plihan Jaringan 4G Hilang Xiaomi Tidak Bisa Lock 4G

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Cara Lock/ Setting Jaringan 4G/ LTE Ponsel Xiaomi MIUI 8"

  1. author

    Kopi musi3 weeks agoReply

    Alhamdululillah mantap gan, kuota 4G (xiaomi redmi 3pro) MIUI8) tidak terlantar setelah ikuti tutorial d atas, thanks ?

  2. author

    Tarman2 weeks agoReply

    Sya dah ikutin cara dia atas, berhasil sih gan, tpi ada masalh baru nih gan, klo sya pindah ke sim 2 data nya, sim 1 nya jdi non aktif, solusinya gmn ya gan,?

  3. author

    Topa2 weeks agoReply

    TRIms bro..berhasil pake *#*#4636#*#* hp ane Redmi Note 3 Pro 3/32

  4. author

    aspi2 weeks agoReply

    Min tolong pencerahannya, ni ane baru beli note 3 pro, sudah MIUI8 rom global 6.9.29|beta, sudah ikutin tutorial via dial numbwr lepas kartu ama pilih CDMA ONLY sama LTE ONLY tetep aja dua2nya gak mau muncul 4Gnya, mohon pencwrahannya min..

  5. author

    Marjuki2 weeks agoReply

    Manual setelah sekian banyak cara baru Kali in yang mantap

  6. author

    Marjuki2 weeks agoReply

    Mantap…… bisa lagi punyaku 8.0.6.0 Reno 3 pro

  7. author

    Lintang3 days agoReply

    Matur suwun gan,,,berkat artikel dari agan xiaomi note 3 saya sudah bisa berselancar dengan jaringan 4G dan paketan pun tak sia sia,,,,sekali lagi makasih gan,,,,

  8. author

    incefurqan1 day agoReply

    dulu sebelum update (masih pakai miui 8.0) pakai cara pertama bisa berhasil.

    setelah update (miui 8.1.1.0 MHOMIDI) cara pertama gagal terus.
    pakai cara kedua berhasil.

    thank u ya.

  9. author

    arka22 hours agoReply

    Ijin gan saya ko ga ada kolom yang di bawah set Prefered typenya? Mohon petunjuk

  10. author

    Surya8 hours agoReply

    Saya sempat panik saat redmi note 3 pro saya upgrade miui Global 8.0.2, jaringan 4G hilang, saya sempat googling dan oprek-oprek mencoba berbagai cara agar 4G nya muncul lagi namun hasilnya nihil meski tidak sampai flashing via pc, saya upgrade miui lagi ke versi lebh tinggi 8.0.4, 8.0.5 dan terakhir update versi 8.1.1.0(MHRMIDI), DI update terakhir jaringan 4G muncul sendiri.
    Mungkin agan-agan bisa mencoba cara saya tanpa oprek-oprek apapun buat munculkan 4G

1 2 3 4

Komentar di "Cara Lock/ Setting Jaringan 4G/ LTE Ponsel Xiaomi MIUI 8" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan