Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Kali ini saya akan mengangkat lagi artikel yang bertemakan seputar Windows 10. Banyak sekali pengalaman berharga yang bisa saya ambil ketika saya menggunakan Windows 10 mulai dari pertama kali install sampai penggunaan Windows 10 yang sudah berjalan lebih dari setahun (hampir 2 tahun). Oh ya, saya sudah menikmati Windows 10 ini mulai dari pertama rilis ke publik dalam bentuk Technical Preview (belum final) pada 2014 yang lalu. Dan untuk saat ini Windows 10 sendiri sudah dirilis secara final oleh Microsoft dan sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna. Bahkan bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8 diberikan upgrade gratis ke Windows 10 jika ingin mencobanya.

Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Bagi anda yang ingin merasakan bagaimana sensasinya menggunakan sistem operasi terbaru (untuk saat ini) dari Microsoft yaitu Windows 10, tentunya anda harus sudah punya dahulu file ISO Windows 10. File ISO Windows 10 ini sebenarnya sudah disediakan oleh Microsoft untuk didownload. Dan saya sarankan anda untuk mendownload file ISO Windows 10 langsung dari situs Microsoft karena untuk meminimalisir adanya file file tertentu yang disisipkan ke dalam file ISO atau untuk menghindari file corrupt kalau anda download dari situs di luar Microsoft. Sedangkan file ISO Windows 10 yang didownload dari situs Microsoft sudah pasti terjamin keamanannya.

Setelah anda punya file ISO Windows 10, tentunya anda harus burning file tersebut ke DVD. Namun install Windows 10 atau Windows lain melalui CD/ DVD mungkin untuk saat ini sudah banyak ditinggalkan. Banyak yang lebih memilih untuk membuat bootable USB Flashdrive untuk install Windows karena lebih mudah dan praktis. Bahkan anda bisa membuat banyak bootable sistem operasi dalam satu flashdisk.

Jadi kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat bootable USB flashdisk Windows 10 dengan menggunakan bantuan software yaitu Rufus. Rufus ini sudah sangat populer digunakan untuk membuat bootable flashdrive baik itu untuk Linux maupun Windows. Penggunaannya sangat mudah dan software ini selalu update untuk mengikuti perkembangan sistem operasi saat ini.

Namun untuk bisa menggunakan Rufus sebagai tool membuat bootable USB flashdisk, anda harus mengerti poin poin tertentu saat proses agar flashdisk anda bisa terbaca komputer saat install ulang sistem operasi. Sebab jika anda salah langkah saat membuat bootable flashdisk, maka flashdisk anda tidak akan terbaca sebagai installer Windows. Berikut adalah langkah langkah membuat bootable USB flashdisk Windows 10 dengan benar.

1. Siapkan dulu file ISO Windows 10 dan juga flashdisk berukuran minimal 4GB untuk Windows 10 32bit atau flashdisk 8GB untuk Windows 10 64bit. Jika anda belum memiliki ISO Windows 10 bisa anda download lewat link >> http://teknikit.com/2016/05/cara-mudah-download-file-iso-windows-10-dari-microsoft.html

2. Download dahulu software Rufus di sini >> https://rufus.akeo.ie/. Pilih yang Rufus portable, jadi anda bisa menjalankannya tanpa install di komputer. Anda bisa menjalankannya di komputer manapun termasuk di warnet juga bisa.

3. Jalankan Rufus, tampilan utama Rufus adalah seperti berikut

Software Rufus Untuk Membuat Bootable Flashdisk

4. Klik pada logo disk seperti gambar di bawah kemudian pilih file ISO Windows 10

Memilih File ISO Windows 10 Untuk Bootable

5. Setelah file ISO Windows 10 termuat, kini kita tentukan Partition scheme and target system type. Ini yang penting karena kalau salah pilih maka flashdisk anda tidak akan terbaca di komputer saat akan install Windows.

Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

6. Begini tipsnya. Anda harus tahu tipe boot mode apa yang akan anda pakai untuk install Windows 10 nantinya. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca sedikit penjelasan pada artikel sebelumnya >> http://teknikit.com/2016/05/mengatasi-masalah-tidak-bisa-install-windows-10.html. Pada gambar di atas ada 3 pilihan Partition scheme, anda fokus pada pilihan pertama dan ketiga saja. Jika anda mau install Windows 10 pada UEFI mode dan GPT partition, maka pilih GPT partition scheme for UEFI. Namun jika anda mau install Windows 10 pada Legacy mode dan MBR partition, maka anda pilih MBR partition scheme for BIOS or UEFI-CSM.

7. Setelah ini anda beri nama flashdisk sesuai keinginan, misal Windows 10 English 64bit. Dan terakhir pilih Standard Windows Installation.

8. Klik Start untuk memulai proses membuat bootable USB flashdisk Windows 10. Tunggu hingga proses selesai.

Proses Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10

9. Jika proses pembuatan bootable flasdisk Windows 10 menggunakan Rufus sudah selesai, berarti anda bisa tutup Rufus dan gunakan flashdisk anda untuk install Windows 10 pada laptop/ PC anda.

Tags: Bootable Flashdisk Tidak Terbaca Komputer Bootable Flashdisk Tidak Terdekteksi Komputer Bootable Flashdrive Windows 10 Cara Menggunakan Rufus Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Gagal Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Membuat Bootable Windows 10 Rufus Untuk Membuat Bootable Windows Software Untuk Membuat Bootable Flashdisk Ukuran Flashdisk Untuk Membuat Bootable Windows 10

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus"

Cara Mudah Download File ISO Windows 10 Dari Situs Resmi Microsoft
Bagi anda yang ingin mencicipi sistem operasi
Mengatasi Masalah Tidak Bisa Install Windows 10 di Laptop/ PC
Bagi anda yang ingin merasakan Windows 10

Komentar di "Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan