Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD Dibandingkan HDD

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar SSD (Solid State Drive) yang dalam penggunaanya adalah sebagai media penyimpanan pengganti HDD (harddisk konvensional). Yap, sama sama sebagai media penyimpanan, namun menggunakan SSD ini lebih banyak keunggulannya daripada anda memakai HDD, di samping juga pasti ada kekurangannya menggunakan SSD. Nanti akan saya bahas kelebihan dan kekurangan menggunakan SSD pada laptop/ komputer.

Beda SSD Dengan HDD

Di zaman sekarang ini, yang notabene teknologi komputer semakin berkembang pesat, penggunaan SSD bukan merupakan hal yang baru lagi. Memang waktu dulu penggunaan SSD untuk komputer ini hanya sebatas komputer tertentu saja, misal komputer server. Karena kerja server ini termasuk berat maka penggunaan SSD sangat diperlukan agar akses server lebih cepat. Namun untuk saat ini, komputer biasa bahkan laptop sudah banyak yang menggunakan SSD. Bahkan ada beberapa merk laptop yang hardware nya sudah menggunakan SSD, di samping juga ada HDD pula di dalamnya. Biasanya untuk laptop laptop high end yang sudah menawarkan SSD langsung di dalamnya, seperti laptop gaming di atas 10 jutaan.

Oh ya, SSD ini bisa digunakan untuk PC maupun untuk laptop. Ukuran SSD sendiri sebenarnya seukuran HDD laptop (2,5″) jadi jika anda berniat memasang SSD ke laptop tinggal pasang saja. Namun jika anda ingin memasang SSD ke PC biasanya diperlukan adapter 3,5″ untuk bisa dipasang pada PC. Beberapa paket penjualan SSD juga ada yang sudah termasuk adapter 3,5″. Namun ada juga pembelian SSD yang tanpa adapter 3,5″ seperti pada SSD Samsung EVO 850 ini tanpa adapter.

Sebelum melangkah lebih jauh, mungkin dari anda ada yang belum tahu apa itu SSD, dan juga perbedaannya dengan HDD konvensional. SSD itu sebenarnya sama dengan HDD, fungsinya sama sebagai media penyimpanan. Yang membedakan adalah komponen di dalamnya. Jika komponen dalam HDD masih menggunakan media disc (piringan) yang kalau sedang bekerja piringan itu berputar. Pasti anda tahu kan kalau HDD yang sedang bekerja itu pasti dia bergetar atau mungkin ada bunyi? Itu disebabkan karena piringan sedang berputar. Sedangkan untuk SSD sendiri di dalamnya terdiri dari sekumpulan memori yang dipasang pada sebuah board. Anda tahu RAM? Nah isi dalam SSD kurang lebih seperti pada RAM, jadi tidak ada komponen mekanikal disc di dalam SSD.

Nah, setelah tahu sedikit gambaran tentang SSD, sekarang kita bahas keunggulan SSD dibandingkan HDD konvensional. Apa sih kelebihan dan juga kekurangan menggunakan SSD dibandingkan HDD.

Kelebihan/ keunggulan SSD dibandingkan HDD.

1. Performa SSD jauh lebih baik daripada HDD dalam arti kecepatan read and write SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Contohnya pada saat proses transfer file, pencarian file, atau misal saat buka suatu program berat, SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Kemudian waktu booting windows, SSD juga jauh lebih cepat daripada HDD.

2. Menggunakan SSD hampir tidak ada suara. Karena komponen di dalamnya hanya berisi sekumpulan memori. Makanya SSD ini tidak berisik. Beda dengan HDD konvensional yang masih menggunakan piringan.

3. SSD ini jauh lebih ringan dibandingkan HDD. Ini juga dikarenakan komponen di dalamnya yang hanya terdiri dari sekumpulan memori tadi. Berbeda dengan piringan yang lebih berat.

4. Menggunakan SSD lebih menghemat daya listrik. Walau sebenarnya besarnya daya yang digunakan tidak begitu terasa namun yang jelas SSD lebih hemat listrik daripada HDD.

5. SSD lebih tahan terhadap guncangan. Berbeda dengan HDD yang masih mengandalkan disc di dalamnya. Disc itu lebih sensitif terhadap guncangan karena dia berputar dan banyak mekanikal di dalamnya. Berbeda dengan SSD yang tidak ada gerakan/ mekanikal di dalamnya, jadi lebih tahan guncangan.

Kekurangan menggunakan SSD dibandingkan HDD.

1. Yang terlihat nyata dari kekurangan SSD ini adalah harga yang jauh lebih mahal daripada HDD konvensional. Harga SSD untuk saat ini yang berukuran 120GB sendiri dibendrol dengan harga kisaran 600ribuan sampai 800ribuan. Sedangkan dengan budget segitu anda sudah bisa mendapatkan HDD berukuran 1TB.

2. Umur SSD lebih pendek jika dibandingkan HDD, dalam hal penggunaan yang sama, karena siklus read and write SSD ini lebih pendek.

Itulah sedikit perbedaan antara SSD dengan HDD. Kalau dipikir pikir memang SSD ini lebih banyak kelebihannya dibandingkan kekurangannya. Anda yang mungkin punya budget berlebih tidak ada salahnya mencoba menggunakan SSD untuk PC atau laptop anda. Karena saya berani menjamin performa PC atau laptop anda akan meningkat drastis. Karena saya sudah mencoba sendiri untuk laptop saya Acer E5-552G.

Bagi anda pengguna laptop, anda bisa juga mengganti HDD laptop dengan SSD. Caranya sudah pernah saya jelaskan >> http://teknikit.com/2016/02/modif-laptop-acer-aspire-e5-552g-pasang-ssd-hdd-caddy.html. Untuk HDD laptop yang sudah digantikan SSD ini bisa anda jadikan HDD external menggunakan HDD enclosure atau juga bisa anda pasang di slot DVD ROOM laptop menggunakan Second HDD Caddy.

Berikut video kecepatan booting Windows 10 saat masih menggunakan HDD dan setelah menggunakan SSD.

NB: Menggunakan SSD memang akan meningkatkan performa PC/ laptop, tapi bukan untuk performa gaming loh ya. Misal PC atau laptop anda ngelag saat menjalankan game tertentu, jangan anda mengira dengan menggunakan SSD gaming menjadi lancar dan tidak ngelag. Bukan seperti itu. Kalau urusan gaming itu lebih banyak pengaruhnya dari VGA yang dipakai. SSD membantu dalam gaming misal saat membuka game loadnya lebih cepat. Tapi saat di tengah permainan game itu kembali ke VGA yang dipakai.

Tags: Apa Itu SSD Cara Menggunakan SSD Cara Pasang SSD di Laptop Cara Pasang SSD di PC Contoh Laptop Menggunakan SSD Fungsi SSD Harga SSD Harga SSD Paling Murah Kekurangan SSD Dibandingkan HDD Kelebihan SSD Dibandingkan HDD Keunggulan SSD Dibandingkan HDD Performa SSD di Laptop SSD Untuk PC Ukuran SSD

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD Dibandingkan HDD"

Cara Migrasi/ Cloning Sistem Operasi Windows Dari HDD ke SSD
Langkah selanjutnya setelah anda memasang/ install SSD
Modif Laptop Acer Aspire E5-552G: Pasang SSD + HDD Caddy
Seperti yang sudah saya rencanakan pada artikel
Ayo Bongkar Laptop Acer Aspire E5-552G AMD FX-8800P
Setelah satu bulan menggunakan laptop Acer Aspire
Review Lengkap Laptop Gaming Acer Aspire E5-552G AMD FX-8800P
Kalau tidak salah, sekitar bulan Agustus 2015

Komentar di "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD Dibandingkan HDD" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan