Review Modem Wifi (MiFi) Bolt Slim 2 Unlock Kartu GSM

Setelah kemarin mencoba menukar kartu SIM Indosat lama untuk ditukar kartu SIM 4G Indosat, dan hasilnya adalah, saya puas dengan kecepatan internet 4G Indosat di kota saya (Balikpapan), maka kemarin saya berburu modem 4G yang tentunya harus mendukung jaringan 4G Indosat. Sebenarnya pakai HP Mi 4i atau Redmi Note 2 bisa sih menggunakan jaringan 4G Indosat. Dengan menggunakan fitur Wifi Hotspot Portable yang saat ini hampir semua ponsel Android terdapat fitur Hotspot Portable. Namun setelah berpikir lama kasihan juga nih HP kalau dihidupkan hotspot nya secara terus menerus. Sedangkan penggunaan internet harian saya sendiri lebih dari 14 jam. Daripada mengorbankan HP yang “lumayan” mahal lebih baik beli modem saja.

Modem Bolt Slim 2 Huawei E5577

Saat akan membeli modem juga tidak sembarang modem 4G dibeli. Saya cek ricek dahulu modem 4G mana yang mendukung jaringan 4G Indosat yaitu di frekuensi 1800 MHz. Dari perburuan di internet, di toko toko online/ toko modem, ada beberapa modem USB yang sudah 4G dan harganya pun terlihat murah 300 ribuan, namun hanya mendukung frekuensi 2100/ 2300 MHz. Frekuensi ini biasanya dipakai oleh provider Bolt dan Smartfren (kalau tidak salah sih). Agak susah juga sih mencari modem USB 4G ini, kalau salah pilih nantinya malah hanya bisa dipakai untuk 3G/ HSDPA.

Karena modem USB tidak ketemu maka perburuan beralih ke Modem Wifi (MiFi). Ada dua pilihan sih kalau MiFi ini, antara MiFi nya Smartfren atau MiFi nya Bolt. Setelah cari informasi sana sini akhirnya saya putuskan pilih MiFi Bolt. Alasannya adalah kalau MiFi Smartfren hanya bisa dipakai untuk kartu Smartfren saja. Saya sudah cari informasinya apakah MiFi Smartfren bisa unlock atau tidak, ternyata dari informasi di internet menunjukkan belum ada tanda tanda kalau MiFi Smartfren bisa unlock.

Sedangkan untuk MiFi Bolt ini sudah banyak dibahas dan diterangkan kalau sudah ada cara unlock modem Bolt. Bahkan modem/ MiFi Bolt keluaran terbaru ada yang memang sudah sengaja di-unlock dari sananya. Salah satunya yaitu MiFi Bolt Slim 2 Huawei E55777. Dan untuk MiFi Bolt Slim 2 ini katanya mendukung frekuensi 1800 MHz, yang berarti sudah mendukung jaringan 4G Indosat.

Petunjuk sudah ada, pilihan mantep untuk mencari MiFi Bolt Slim 2 Huawei E5577 dan saya dipertemukan di Tokopedia. Harga MiFi Bolt Slim 2 ini sekitar 500 ribuan, waktu itu saya mendapatkannya dengan harga 549 ribu, ditambah ongkos kirim ke Balikpapan jadinya 599 ribu, yah paling tidak sedia budget 600 ribuan lah. Harga Bolt Slim 2 ini juga berbeda beda tiap seller, ada yang memberi harga di atas 600 ribuan, jadi pintar pintar anda saja memilih seller mana yang murah dan terpercaya.

Untuk pembelian paket Bolt Slim 2 ini tanpa kartu perdana Bolt (stater pack) ya. Sebenarnya dalam kardusnya ada paket perdana nya, tapi mungkin sudah diambil seller nya kali ya. Tapi walaupun ada tetap tidak bisa digunakan juga starter pack nya, mengingat jaringan Bolt sendiri saat ini hanya ada di wilayah Jabodetabek saja. Isi dalam kardus di antaranya 1 buah Bolt Slim 2 Huawei E5577, charger, kabel USB, baterai, buku manual (petunjuk penggunaan), dan kartu garansi.

Modem Bolt Slim 2 Huawei E5577

Sepesifikasi MiFi Bolt Slim 2 Huawei E5577 adalah sebagai berikut.

  • Slim desain hanya memiliki tebal 13,5mm (96,8mm x 58,0mm x 13,5mm)
  • Standar kartu SIM (Mini SIM Card)
  • Support 4G LTE Cat 5 di frekuensi 1800MHz (XL, Telkomsel, Indosat) dan 2300 MHz (Bolt dan Smartfren)
  • Downlink 150Mbps dan uplink 50Mbps
  • Support HSPA+ downlink 43Mbps
  • Display TFT LCD 1,45 inchi
  • Support MicroSD
  • Support 2 port external antenna
  • Sharing WiFi up to 10 pengguna
  • Kapasitas baterai 1500mAh
  • Output charger 5 volt dan 1 ampere

Setelah mendapatkan Bolt Slim 2 ini langsung pasang kartu Indosat dan memang jaringan 4G Indosat langsung terdeteksi. Namun pertama kali dipasang kartu Indosat belum bisa digunakan untuk internetan jika kartu yang anda gunakan adalah kartu GSM, harus disetting dahulu di pengaturan.

Untuk pengaturan/ setting internet pertama kali MiFi Bolt Slim 2 yang akan digunakan untuk kartu GSM, anda harus menyediakan PC/ komputer dahulu, caranya adalah.

1. Hubungkan MiFi Bolt Slim 2 Huawei E5577 ke komputer menggunakan kabel data

2 Install driver modem dahulu yang sudah disediakan di dalam modem, klik 2x pada autorun

Install Driver MiFi Bolt Slim 2

3. Maka otomatis anda akan terhubung ke alamat 192.168.1.1 melalui browser. Atau kalau tidak otomatis terhubung, anda bisa ketika manual alamat 192.168.1.1 di browser anda.

4. Masuk ke GUI (antarmuka web) Bolt dengan memasukkan password terlebih dahulu. Untuk modem baru, default password nya adalah admin, silahkan setelah masuk menggunakan password admin, anda bisa ganti password lain (wajib ganti password) biar tidak mudah dibobol

Masuk ke GUI Bolt

5. Setelah masuk antarmuka web Bolt, pilih menu Settings

Pengaturan Modem Bolt Untuk Kartu GSM

6. Anda bisa ganti nama SSID (nama hotspot) dan ganti password WiFi (WiFi key) anda, misal seperti gambar di bawah, kemudian klik Finish

Mengganti Nama SSID dan Password WiFi Bolt

7. Di menu sebelah kanan pilih Dial Up >> Profile Management

Membuat Profil Internet Baru Modem Bolt

8. Buat profil internet baru dengan memilih New Profile

Profil Internet Baru Modem Bolt Slim 2

9. Isi profil internet sesuai dengan provider masing masing. Misal untuk Indosat pengaturannya adalah profile name diisi indosat, username diisi indosat, password diisi indosat, dan APN diisi indosat, kemudian klik Save. Lihat gambar di bawah.

Setting Internet Indosat Modem Bolt

10. Maka akan muncul profile internet baru dan jadikan sebagai default profile

Nah, setelah membuat profil internet sesuai dengan provider masing masing, maka MiFi Bolt Slim 2 anda kini sudah bisa dipakai untuk internetan menggunakan kartu GSM. Menurut informasi, MiFi Bolt Slim 2 Huawei E5577 ini sudah mendukung jaringan 4G nya Smartfren, Indosat, Telkomsel, dan XL. Untuk provider yang lain menyusul. Silahkan anda coba sambungkan perangkat lain menggunakan WiFi, dan nikmati berselancar internet super cepat menggunakan modem wifi Bolt Slim 2 Huawei E5577 dengan kartu GSM Indosat, Telkomsel, atau XL.

Untuk pengaturan modem yang lain silahkan anda ubek ubek sendiri, atau Insya Allah akan saya lanjutkan di artikel berikutnya (kalau sempat 😀 ). Dengan ini, saya juga akan mengucapkan selamat tinggal untuk modem lamaku Huawei E303CS6-1 yang sudah menemaniku selama 2 tahun lebih. Sementara engkau kusimpan dahulu 😀 .

NB: Oh ya, biasanya pada Modem Bolt Slim 2 ini akan muncul peringatan tentang update firmware terbaru. Silahkan anda update langsung dari MiFi, dan tunggu sampai proses update selesai. Setelah update firmware, maka Bolt Slim 2 masih tetap unlock dan masih bisa digunakan untuk kartu selain Bolt (kartu GSM). Tenang saja, karena modem Bolt Slim 2 ini memang sudah dari sananya unlock, jadi walau update firmware pun tetap unlock.

Update!!!!

Beberapa modem Bolt Slim 2 sekarang ini ada yang masih lock, ada yang sudah unlock. Usahakan anda cari modem Bolt Slim 2 yang sudah unlock sebab kalau masih lock, hanya bisa dipasang kartu Bolt saja dan susah untuk diunlock. Jadi tanyakan dulu ke penjualnya apakah modem masih lock atau sudah unlock. Kalau ternyata yang anda dapat masih lock, tanyakan ke penjualnya.

Tags: Apakah Bolt Slim 2 Sudah Unlock Bolt Slim 2 Pakai Kartu Indosat Bolt Slim 2 Pakai Kartu Telkomsel Bolt Slim 2 Untuk Kartu GSM Cara Pengaturan Internet Bolt Slim 2 Harga Modem Bolt Slim 2 MiFi Bolt Slim 2 Modem 4G Modem 4G Indosat Modem Bolt Slim 2 Huawei E5577 Modem Bolt Untuk Kartu GSM Review Modem Bolt Slim 2 Setting Internet Modem Bolt Slim 2 Unlock Modem Bolt Slim 2

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Review Modem Wifi (MiFi) Bolt Slim 2 Unlock Kartu GSM"

Rekomendasi Modem 4G/ LTE Murah Bisa Semua Operator
Teknologi internet saat ini, terutama di Indonesia
Dapat Juga Modem GSM Murah Huawei E303CS6-1
Setelah kemarin melakukan perburuan modem GSM murah
Pilihan Harga Modem GSM Murah Bisa 3G/ HSDPA
Artikel kali ini terinspirasi karena saat ini
  1. author

    Malo5 months agoReply

    Numpang tanyak mas…
    Kalo bolt slim 2 yang masi lock
    Trus kita coba unlock kira suport gak 4g menggunakan operator lain…
    Dan suport ke frekuensi 1800MHz

  2. author

    Yudha TP2 months agoReply

    Mas mo nanya, saya punya modem huawei bolt slim2, dan kendala nya saya sering kluar kota, kalo mo tau bolt slim2 nya masih lock gmana yah? Pengen juga ganti kartunya ke indosat, trims

1 2 3 4

Komentar di "Review Modem Wifi (MiFi) Bolt Slim 2 Unlock Kartu GSM" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan