Cara Masuk BIOS Pada Windows 10 Jika Tombol F1, F2 Sampai F12 Tidak Berfungsi

Barusan ada kejadian laptop saya tidak bisa masuk BIOS. Biasanya untuk masuk pada BIOS saat pertama booting (laptop dihidupkan) pada saat muncul logo Acer, segera tekan tombol F2 pada keyboard, maka otomatis laptop akan langsung masuk ke BIOS. Oh ya, laptop yang saya pakai adalah Acer Aspire E5-552G, yang merupakan laptop dengan teknologi prosesor AMD terbaru saat ini, dan saat ini sudah terinstall Windows 10 64bit. Dan memang untuk bisa masuk ke BIOS Acer Aspire E5-552G ini caranya adalah dengan menekan tombol F2 pada saat booting.

Kejadian tidak bisa masuk BIOS ini terjadi setelah saya mengubah pengaturan Boot Mode pada BIOS menjadi Legacy, yang semula adalah UEFI. Cukup panik juga karena tidak bisa masuk BIOS. Sudah coba menekan tombol dari F1 sampai F12 saat booting namun tetap saja tidak bisa masuk BIOS.

Setelah mencari tahu lewat teman, ternyata untuk bisa masuk BIOS pada laptop dengan OS Windows 10 ini bisa dilakukan dari Windows itu sendiri. Artinya ada menu tersendiri di dalam Windows 10 yang digunakan untuk masuk ke BIOS. Semua laptop dan komputer yang menggunakan Windows 10 juga bisa masuk BIOS tidak hanya untuk laptop Acer Aspire E5-552G saja.

Langsung saja berikut adalah cara masuk BIOS Windows 10, yang kebetulan saya contohkan adalah laptop Acer Aspire E5-552G.

1. Klik Start Menu >> Settings

Masuk BIOS Windows 10

2. Pada jendela Settings pilih Update & security

Cara Masuk BIOS Windows 10

3. Pilih Recovery >> Restart now

Cara Masuk BIOS Acer Aspire E5-552g

4. Maka laptop akan melakukan restart. Pada tampilan berikutnya pilih Troubleshoot

Masuk BIOS Acer Aspire E5-552G

5. Pilih Advanced options

Cara Masuk ke BIOS Pada Windows 10

6. Kemudia pilih UEFI Firmware Settings >> Restart, seperti gambar di bawah

Change UEFI Firmware Settings

Masuk ke BIOS Acer E5-552G

7. Dan setelah ini, maka, taraaaaa, anda bisa masuk lagi ke BIOS Acer E5-552G Windows 10. Silahkan anda ubah lagi pengaturan Boot Mode menjadi UEFI agar tombol F2 bisa berfungsi lagi untuk digunakan masuk BIOS Windows 10 pada Acer Aspire E5-552G.

Tampilan BIOS Acer Aspire E5-552G

Sebenarnya saya sendiri juga kurang paham apa arti Boot Mode UEFI atau Legacy. Beberapa model laptop mungkin pengaturan BIOS nya tidak sama dengan laptop Acer E5-552G ini. Misal saja pada laptop Lenovo G400, pengaturan Boot Mode malah harus dipilih Legacy Support, bukan UEFI. Sebab jika Boot Mode dipilih UEFI maka yang terjadi adalah menu boot order priority malah hilang, jadi anda malah tidak bisa memilih first boot.

Pengaturan BIOS Boot Mode Pada Laptop Lenovo

Jadi beberapa model laptop, pengaturan Boot Mode harus dipilih Legacy Support, kemudian untuk Boot Priority dipilih UEFI First, seperti pada gambar di atas. Pengalaman ketika saya mengganti pengaturan Boot Priority menjadi Legacy, laptop tidak bisa masuk ke Windows 10, jadi cuma mutar mutar saja waktu dihidupin. Namun untuk kasus ini bisa sih masuk ke BIOS tanpa menggunakan cara di atas. Nah, setelah saya ubah lagi pengaturan Boot Priority menjadi UEFI First baru bisa masuk ke Windows 10 secara normal lagi. Jadi pengalaman deh, jangan asal mengubah pengaturan Boot Mode pada BIOS, bisa berakibat panik sendiri, walau sebenarnya tidak fatal 😀 .

Update Tambahan!!

Pada beberapa pengguna, terutama untuk pengguna Acer E5-552 atau mungkin pengguna laptop merk lain, ketika anda install Windows pada mode Legacy, ada beberapa pengguna yang mengeluhkan tidak bisa masuk BIOS. Dan juga cara masuk BIOS di atas tidak bisa dipraktekkan karena menu UEFI Firmware Settings tidak ada. Untuk bisa masuk BIOS pada Legacy mode, anda bisa juga mengaupdate firmware BIOS anda. Update BIOS ini memang banyak yang mengatakan riskan karena kalau salah salah maka laptop bisa rusak. Tapi dari beberapa kali percobaan saya mengupdate BIOS/ Firmware (lebih dari 4x update) nyatanya lancar lancar saja. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk update BIOS.

Bagi pengguna laptop Acer, anda bisa mengunduh firmware BIOS di sini http://www.acer.com/ac/en/US/content/drivers . Tentukan tipe produk Acer kemudian download driver BIOS. Untuk merk lain selain Acer silahkan anda cari sendiri di Google untuk driver BIOS masing masing.

Ketika mengupdate BIOS, laptop harus dalam kondisi terhubung charger. Jika update BIOS berhasil maka BIOS anda akan kembali ke setingan semula yaitu pada UEFI mode. Hal ini mengakibatkan anda tidak bisa masuk ke Windows (No bootable OS) karena sebelumnya anda install Windows pada Legacy mode. Untuk bisa masuk ke Windows lagi silahkan anda ganti mode BIOS menjadi Legacy mode, save settings and exit. Setelah ini anda bisa masuk ke Windows ataupun masuk ke BIOS pada Legacy mode.

Tags: Acer E5-55G Tidak Bisa Masuk BIOS Arti Boot Mode Legacy UEFI Cara Masuk BIOS Acer Aspire E5-552G Cara Masuk BIOS Acer E5-552G Cara Masuk BIOS Windows 10 Cara Mudah Masuk ke BIOS Pada Windows 10 Masuk BIOS Windows 10 64bit Pengaturan Boot Mode Legacy UEFI Tidak Bisa Masuk BIOS Windows 10 Tombol F2 Tidak Bisa Masuk BIOS Acer E5-552G

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Cara Masuk BIOS Pada Windows 10 Jika Tombol F1, F2 Sampai F12 Tidak Berfungsi"

Cara Mudah Download File ISO Windows 10 Dari Situs Resmi Microsoft
Bagi anda yang ingin mencicipi sistem operasi
Mengatasi Masalah Tidak Bisa Install Windows 10 di Laptop/ PC
Bagi anda yang ingin merasakan Windows 10
  1. author

    yan4 months agoReply

    akhirnya nemu blog ini.. gan ini kan saya juga sempat mencoba ganti UEFI ke legacy nah disini saya muter2 trus nih.. cara update biosnya itu gimana?? kan ini gk bisa kemana2
    makasih gan sebelumnya. oh ya saya rada panik nih haha

  2. author

    ualkgutul2 days agoReply

    oke makasih gan..
    sangat bermamfaat..

1 2

Komentar di "Cara Masuk BIOS Pada Windows 10 Jika Tombol F1, F2 Sampai F12 Tidak Berfungsi" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan