Review Lenovo Tab 2 A8-50 Tablet 4G LTE di Bawah 2 Juta

Berhubung tablet saya sebelumnya Acer Iconia A1-811 rusak, touch screen pecah karena terjatuh, maka beberapa hari yang lalu saya berburu tab lagi untuk menggantikan tab yang lama. Ada beberapa tablet keluaran terbaru di 2015 ini namun budget yang ada hanya di bawah 2 juta. Jadi saya mencari beberapa tablet yang harganya di bawah 2 juta. Sebanarnya sebelumnya tertarik dengan Mi Pad, karena jujur saja sih saya tertarik dengan produk Xiaomi. Namun memang penjualan Mi Pad ini sangat terbatas dan mereka sudah tidak menjual lagi Mi Pad. Entah kalau tahun depan. Yang jelas kalau mau cari Mi Pad baru saat ini sudah tidak ada lagi.

Perburuan saya adalah masih mencari tablet dengan sistem operasi Android. Dari sekian banyak review tablet yang terbaik, saya menemukan pilihan untuk produk tablet dari Lenovo, ada dua pilihan sih sebenarnya. Yang pertama adalah Lenovo Tab 2 A7-30 dan yang kedua Lenovo Tab 2 A8-50. Kedua produk tablet tersebut memang tergolong produk baru dari Lenovo yang diluncurkan tahun 2015 ini. Namun setelah memikirkan beberapa pertimbangan, di antaranya adalah pertimbangan ukuran layar dan kapasitas baterai, maka saya memutuskan untuk memilih Lenovo Tab 2 A8-50 untuk menjadi pendamping saya menggantikan tab Acer Iconia yang dulu.

Tampilan Lenovo Tab 2 A8-50

Beberapa keunggulan Lenovo Tab 2 A8-50 dibandingkan Lenovo Tab 2 A7-30 yaitu layar yang lebih lebar 8 inchi, kapasitas baterai lebih besar 4290 mAh, sudah mendukung 4G/ LTE, spesifikasi hardware juga lebih tinggi, dan beberapa keunggulan lain nanti akan saya jelaskan di bawah. Tapi yang paling utama kenapa saya lebih memilih Lenovo Tab 2 A8-50 adalah di layar lebar dan kapasitas baterai. Soalnya tablet sebelumnya (Acer Iconia A1-811) juga memiliki layar 8 inchi dan kapasitas baterai 4000 mAh. Jadi yang saya butuhkan adalah layar yang lebar dan tentunya baterai yang tahan lama, tapi tetap dengan budget di bawah 2 juta. Sedangkan untuk Lenovo Tab 2 A7-30 hanya memiliki bentang layar 7 inchi dan kapasitas baterai 3450 mAh.

Saya mendapatkan Lenovo Tab 2 A8-50 ini melalui Lazada. Harga waktu itu adalah 1,9 jutaan tapi menggunakan kupon jadinya cuma bayar 1,8 jutaan sudah termasuk ongkos kirim. Lumayan murah lah untuk ukuran tablet 8 inchi yang sudah mendukung jaringan 4G/ LTE dengan harga di bawah 2 jutaan. Pengiriman dari Lazada juga cepat, sesuai standar lah, dari Jogja ke Balikpapan dalam waktu 3 hari menggunakan ekspedisi JNE Reguler.

Oke, langsung saja kita menuju ke review Lenovo Tab 2 A8-50 ini. Isi di dalam paket dari pembelian Lenovo Tab 2 A8-50 ini ada 1 unit Lenovo Tab 2 A8-50, kepala charger, kabel USB, manual book, dan kartu garansi. Tidak ada earphone di dalam nya ya. Charger Lenovo Tab 2 A8-50 ini memiliki output 5 volt dan 1,5 ampere. Ya lumayan cepat lah untuk mengisi baterai dengan kapasitas 4290 mAh sampai penuh.

Unboxing Lenovo Tab 2 A8-50

Tampilan Lenovo Tab 2 A8-50 ini sudah menggunakan sistem operasi terbaru Android yaitu Android Lollipop 5.0.2. Namun untuk UI nya sepertinya masih mengadopsi bawaan Android Lollipop. Jika anda memeriksa sistem update maka akan ada update firmware terbaru, silahkan saja update untuk memperbaiki bug yang ada dan mengupdate sistem ke Lollipop 5.1. Ada 3 kali update yang harus dilakukan untuk mengupgrade ke posisi Lollipop 5.1.

Dari sisi prosesor, Lenovo Tab 2 A8-50 untuk versi 4G/ LTE ini menggunakan chipset Mediatek MT8735 dengan CPU Quad Core 1,3 Ghz. Kapasitas RAM nya masih 1GB dengan internal memory 16GB dan masih disediakan slot tambahan untuk Micro SD yang bisa diisi sampai 32GB. Internal memory 16GB saya rasa sudah lebih dari cukup ya. Namun untuk para penggemar game HD kemungkinan akan kurang. Namun itu bisa diatasi dengan menambahkan memory eksternal sampai 32GB.

Dan menariknya Lenovo Tab 2 A8-50 ini adalah, kita bisa memilih default penyimpanan, apakah ingin menggunakan internal memory atau external memory. Juga waktu kita akan menginstall aplikasi/ game maka akan ada pilihan untuk diinstal pada internal memory atau external memory. Tinggal pasang saja Micro SD 32GB trus set default penyimpanan pada external memory, beres sudah kasus internal memory yang terbatas.

Pilih Penyimpanan Lenovo Tab 2 A8-50

Beberapa aplikasi bawaan Lenovo sudah terpasang pada tablet ini seperti SHAREit, SYNCit HD, Aplikasi Google, dan tentunya DOLBY. Ya, salah satu fitur dari tablet ini yang saya suka adalah disertai fitur DOLBY ATMOS di dalamnya, yang anda tahu sendiri bagaimana kualitas suara yang dihasilkan. Ditambah adanya dua speaker di atas bawah tablet, sangat cocok untuk menonton film dengan posisi tablet horizontal, maka suara speaker di kanan kiri tablet akan keluar layaknya nonton film bioskop (lebay). Untuk aplikasi File Manager belum disertakan, jadi anda harus download dahulu File Manager di Google Playstore untuk menjelajah isi tablet anda.

Tablet ini menyediakan 2 slot sim card (Micro SIM Card). Letaknya di sebelah kiri tablet berdampingan dengan slot Micro SD yang dilindungi oleh tutup. Cara memasukkan sim card pada Lenovo Tab 2 A8-50 ini adalah dengan menarik sim card holder nya keluar. Untuk Micro SD tinggal masukkan saja ke dalam ditekan sampai bunyi klik.

Cara Membuka Memasukkan SIM Card Lenovo Tab 2 A8-50

Lenovo Tab 2 A8-50 ini juga sudah mendukung voice call di samping internet data 4G. Jadi anda bisa menggunakan tablet ini untuk menelepon. Di bagian bawah tablet sudah disediakan microphone dan kedua speaker ini akan menjadi suara yang keluar saat teleponan. Mode loudspeaker suara akan keluar dari kedua speaker sedangkan saat menelepon dengan mode biasa suara hanya keluar dari speaker atas. Tapi tidak lucu juga kalau teleponan menggunakan tab ini langsung ditempel di telinga, lebih baik pakai earphone saja biar tidak dikira lucu 😀 .

Tablet ini sudah mendukung kecepatan data 4G/ LTE hingga 150 Mbps. Sangat cocok dipakai browsing atau streaming dengan kecepatan internet 4G. Layar lebar dan suara menggelegar. Selain itu untuk fitur konektivitasnya ada bluetooth, wifi, dan wifi direct.

Beralih ke kamera, untuk masalah kamera sepertinya anda harus menerima apa adanya, soalnya memang kualitas kamera yang dihasilkan Lenovo Tab 2 A8-50 kurang memuaskan atau bahkan sangat tidak memuaskan. Sepertinya wajar sih ya, mengingat tablet mana sih yang lebih menonjolkan fitur kamera dibandingkan fitur lainnya. Secara buat foto foto saja, ini tablet ukurannya terlalu besar dan sangat tidak nyaman untuk digunakan untuk berfoto ria, lucu lah (Bahasa Jawa nya Wagu). Lebih baik pilih smartphone daripada tablet jika ingin digunakan sebagai kamera.

Walaupun kamera yang dibenamkan sudah 5 MP di belakang dan kamera selfie 2 MP, namun kualitas yang dihasilkan sangat kurang memuaskan. Ditambah tablet ini kan memiliki bentang layar 8 inchi, tapi cuma memiliki resolusi 800 x 1280 pixels dengan kedalaman pixel ~184. Tentunya gambar yang dihasilkan akan terasa kasar. Dan memang kalau dilihat lihat tampilan UI Lenovo Tab 2 A8-50 ini memang kasar dikarenakan pixel yang rendah tadi. So, jika dipakai buat kamera maka akan kurang memuaskan. Agar anda lebih tahu bagaimana hasil jepretan kamera Lenovo Tab 2 A8-50 berikut adalah hasilnya.

Untuk performa game memang saat ini belum saya coba untuk menjalankan game game berat (game HD). Namun untuk game game kecil sih pastinya lancar. Namun berdasarkan hasil tes Antutu Benchmark, tablet satu ini memiliki skor Antutu 27 ribuan (27617). Mungkin bisa dikira kira bagaimana kemampuan gaming tablet ini dengan skor Antutu Benchmark seperti itu.

Skor Antutu Benchmark Lenovo Tab 2 A8-50

Dan yang terakhir adalah dari segi baterai. Kapasitas baterai Lenovo Tab 2 A8-50 ini cukup besar 4290 mAh. Ya maksudnya mungkin memang standar kapasitas baterai tablet berukuran layar 8 inchi memang di atas 4000 mAh kali ya. Diklaim untuk keadaan standby bisa bertahan hingga 696 jam dan jika digunakan multimedia terus menerus tanpa henti bisa bertahan hingga 8 jam.

Itulah mungkin sedikit review dari saya tentang Lenovo Tab 2 A8-50. Tablet dari Lenovo yang sudah mendukung jaringan 4G/ LTE dan sudah mendukung voice call seharga kurang dari 2 juta. Dari sini kita bisa menarik kesimpulan akan kelebihan dan kekurangan Lenovo Tab 2 A8-50. Anda bisa menilai sendiri kelebihan dan kekurangan Lenovo Tab 2 A8-50 berdasarkan penjelasan saya di atas. Semoga bisa memberi gambaran pada anda yang saat ini sedang berburu tablet di bawah 2 jutaan.

Tags: Cara Memasukkan SIM Card Lenovo Tab 2 A8-50 Compare Lenovo Tab 2 A8-50 dan Lenovo Tab 2 A7-30 Harga Lenovo Tab 2 A8-50 Kekurangan Lenovo Tab 2 A8-50 Kelebihan Lenovo Tab 2 A8-50 Kualitas Kamera Lenovo Tab 2 A8-50 Review Lenovo Tab 2 A8-50 Skor Antutu Benchmark Lenovo Tab 2 A8-50 Spesifikasi Lenovo Tab 2 A8-50 Tablet Lenovo 4G LTE Tablet Lenovo Terbaru Tablet Terbaik di Bawah 2 Juta Tablet Yang Bisa Voice Call Telepon

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Review Lenovo Tab 2 A8-50 Tablet 4G LTE di Bawah 2 Juta"

Cara Flashing Ulang Lenovo Vibe X2 Menggunakan SP Flashtool
Semua ponsel Android yang mengalami bootloop atau
Download Official ROM Lenovo Vibe X2-AP
Setelah menunggu beberapa bulan terakhir, akhirnya official
Cara Mengatasi Bootloop Lenovo Vibe X2 Setelah Update
Beberapa pengguna Lenovo Vibe X2 khususnya pengguna
Install Custom Recovery TWRP Lenovo Vibe X2 Android Lollipop
Salah satu kekurangan dan permasalahan utama setelah
  1. author

    Dafrenk5 months agoReply

    maaf gan numpang lewat yah ,, barangkali anda membutuhkan alat-alat service smartphone ,,silahkan kunjungi website kami di : asiatechmarketid.com

  2. author

    Bram5 months agoReply

    mau nanya apakah tablet ini mendukung “Light sensor” untuk automatic brightness? terima kasih untuk review nya

  3. author

    M. Prayudi3 months agoReply

    Mau nanya gan ya. Ramb1 giga gitu gak ada lag klo multitasking?
    Trus klo ditotal tinggal berapa ya RAM yg tersisa jika sdh dihidupkan tabnya?

Komentar di "Review Lenovo Tab 2 A8-50 Tablet 4G LTE di Bawah 2 Juta" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan