Upgrade ke Windows 10 Gratis Bagi Pengguna Windows 7 dan Windows 8

Baru baru ini, atau tepatnya tanggal 29 Juli 2015 kemarin, Microsoft secara resmi telah mengumumkan peluncuran sistem operasi terbaru mereka Windows 10. Windows 10 secara resmi diluncurkan serentak di 190 negara di dunia. Windows 10 tersedia secara gratis bagi pengguna Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 berlisensi original. Sedangkan untuk pengguna Windows Vista, Windows XP, dan Windows lawas lainnya, mereka tidak mendapatkan gratis upgrade ke Windows 10. Pengguna akan dapat menikmati Windows 10 secara gratis selama 1 tahun ke depan. Sedangkan untuk tahun berikutnya akan dikenakan biaya.

Windows 10

Bagi pengguna Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1, terutama yang fitur “Windows Update” nya diaktifkan dan selalu terhubung ke internet, maka sebelum tanggal 29 Juli 2015 tersebut mereka akan mendapatkan notifikasi upgrade ke Windows 10. Notifikasi ini berada di bawah kanan Windows.

Notifikasi Upgrade Windows 10

Notifikasi pertama berupa pengguna disuruh melakukan reservasi dulu untuk memastikan bahwa perangkat mereka mendukung untuk diinstall Windows 10. Rekomendasi spesifikasi minimal perangkat yang dibutuhkan untuk bisa diinstall Windows 10 sendiri adalah sebagai berikut.

  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
  • RAM: 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
  • Hard disk space: 16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS
  • Graphics card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
  • Display: 800×600

Syarat lainnya untuk bisa mendapatkan update Windows 10 ini adalah, untuk pengguna Windows 7 pastikan sistem operasi anda sudah terinstall update terakhir Windows 7 SP1, sedangkan untuk pengguna Windows 8 pastikan sistem anda sudah terinstall versi terakhir Windows 8.1 update.

Bagi yang sampai sekarang belum mendapatkan notifikasi upgrade Windows 10, mungkin Windows anda belum terinstall update terakhir atau mungkin fitur Windows Update anda dinonaktifkan. Untuk bisa mendapatkan Windows 10 ini wajib mengaktifkan fitur Windows Update. Untuk mendapatkan/ mendownload versi terakhir windows silahkan KLIK DI SINI untuk pengguna Windows 7, dan KLIK DI SINI untuk pengguna Windows 8. Jika perangkat sudah mendukung maka proses reservasi berhasil dan tunggu tanggal 29 Juli 2015 untuk mendapatkan notifikasi upgrade ke Windows 10.

Jika memungkinkan, lakukan backup sistem terlebih dahulu sebelum anda melakukan upgrade.

Proses upgrade ke Windows 10 ini sebenarnya dilakukan otomatis di belakang melalui Windows Update jika perangkat anda terhubung ke internet, jadi pastikan anda untuk mengaktifkan Windows Update. Ukuran update nya sendiri bervariasi antara 2GB sampai 3GB. Pengguna versi Windows 32bit biasanya 2GB sedangkan yang versi 64bit besar file update sekitar 3GB. Jadi pastikan kuota internet anda sudah mencukupi untuk proses upgrade Windows 10.

Notifikasi Download Windows 10

Proses upgrade/ download Windows 10 ini bisa anda lihat pada jendela notifikasi Get Windows 10 atau pada jendela Windows Update.

Cek Ketersediaan Update Windows 10

Download Update Windows 10

Setelah download update Windows 10 komplit 100% maka akan muncul jendela Microsoft Software License Term, klik Accept.

Download Windows 10 Sukses

Tunggu proses sebentar kemudian akan muncul lagi jendela Ready to Install. Silahkan pilih Start the upgrade now untuk langsung menuju proses upgrade ke Windows 10.

Memulai Upgrade Windows 10

Persiapan Install Windows 10

Proses upgrade akan dimulai, dan perangkat komputer anda akan melakukan restart. Proses upgrade ke Windows 10 ini layaknya proses clean install Windows pertama kali. Jadi ada proses Copying file, Installing features and drivers, dan Configuring settings. Jadi tunggu saja, perangkat komputer akan melakukan restart beberapa kali untuk menyelesaikan proses upgrade Windows 10.

Setelah proses upgrade Windows 10 selesai, maka tampilan Windows anda akan otomatis berubah menjadi lebih keren. Inilah Windows 10.

Tampilan Baru Windows 10 Pro

Oh ya, untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8 “bajakan”, Microsoft telah mengkonfirmasi akan memberikan upgrade gratis Windows 10 untuk pengguna Windows “bajakan” tapi hanya untuk negara China saja. Untuk negara Indonesia belum ada konfirmasi dari mereka. Tapi bagi anda pengguna Windows “bajakan” tidak ada salahnya untuk mencoba upgrade ke Windows 10, siapa tahu bisa.

Tags: Besar File Update Windows 10 Cara Install Windows 10 Cara Upgrade Windows 10 Gratis Download Windows 10 Gratis Tampilan Windows 10 Upgrade Windows 10 Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Upgrade Windows 8 ke Windows 10 Windows 10 Bajakan

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Upgrade ke Windows 10 Gratis Bagi Pengguna Windows 7 dan Windows 8"

Cara Mudah Download File ISO Windows 10 Dari Situs Resmi Microsoft
Bagi anda yang ingin mencicipi sistem operasi
Mengatasi Masalah Tidak Bisa Install Windows 10 di Laptop/ PC
Bagi anda yang ingin merasakan Windows 10
  1. Cara Mudah Download File ISO Windows 10 Dari Situs Resmi Microsoft6 months agoReply

    […] anda yang ingin mencicipi sistem operasi Windows 10 pada laptop/ PC anda, tentunya anda harus sudah memiliki file ISO Windows 10 yang nantinya […]

  2. Cara Flashing ROM Distributor Xiaomi Redmi 3 ke ROM China/ ROM Global3 weeks agoReply

    […] Untuk pengguna Windows 8 atau Windows 10 64bit, silahkan anda Disable Driver Signature terlebih dahulu, caranya bisa anda intip di link ini […]

1 2

Komentar di "Upgrade ke Windows 10 Gratis Bagi Pengguna Windows 7 dan Windows 8" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan